Penanaman Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Anak Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa

Penulis

  • Yukhsan Wakhyudi Universitas Peradaban Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1426

Abstrak

Abstrak: Cerita anak merupakan salah satu karya sastra dengan sasaran pembaca anak-anak. Melalui sastra, anak mendapatkan pendidikan yang menyenangkan, sehingga tanpa disadari, cerita dapat menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan moral. Selain itu, karya sastra diharapkan memberikan unsur keteladanan dan pendidikan moral bagi anak-anak. Sastra anak khususnya yang berupa fiksi menampilkan model kehidupan dengan mengangkat tokoh-tokoh cerita sebagai pelaku kehidupan. Salah satu nilai yang diangkat oleh pengarang melalui karya yang dihasilkan adalah nilai pendidikan moral. Nilai moral dalam karya sastra bertujuan untuk mendidik manusia agar mengenal nilai-nilai estetika dan budi pekerti. Nilai pendidikan moral berkaitan dengan ajaran baik buruk yang berlaku di masyarakat baik mengenai perbuatan, sikap atau kewajiban seseorang. Tujuan dari pendidikan moral yang terdapat dalam cerita anak secara umum adalah untuk menanamkan karakter anak ke arah yang lebih baik. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita anak meliputi moral yang berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, Tuhan, dan lingkungan alam. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai ajaran maupun pedoman manusia dalam menjalani hidupnya. Kata Kunci: nilai-nilai moral, cerita anak, pendidikan karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2015-06-15

Cara Mengutip

Wakhyudi, Y. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Anak Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(1), 99–113. https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1426

Terbitan

Bagian

Articles