Penanaman Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Anak Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1426Abstrak
Abstrak: Cerita anak merupakan salah satu karya sastra dengan sasaran pembaca anak-anak. Melalui sastra, anak mendapatkan pendidikan yang menyenangkan, sehingga tanpa disadari, cerita dapat menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan moral. Selain itu, karya sastra diharapkan memberikan unsur keteladanan dan pendidikan moral bagi anak-anak. Sastra anak khususnya yang berupa fiksi menampilkan model kehidupan dengan mengangkat tokoh-tokoh cerita sebagai pelaku kehidupan. Salah satu nilai yang diangkat oleh pengarang melalui karya yang dihasilkan adalah nilai pendidikan moral. Nilai moral dalam karya sastra bertujuan untuk mendidik manusia agar mengenal nilai-nilai estetika dan budi pekerti. Nilai pendidikan moral berkaitan dengan ajaran baik buruk yang berlaku di masyarakat baik mengenai perbuatan, sikap atau kewajiban seseorang. Tujuan dari pendidikan moral yang terdapat dalam cerita anak secara umum adalah untuk menanamkan karakter anak ke arah yang lebih baik. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita anak meliputi moral yang berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, Tuhan, dan lingkungan alam. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai ajaran maupun pedoman manusia dalam menjalani hidupnya. Kata Kunci: nilai-nilai moral, cerita anak, pendidikan karakter.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).