Model Belajar Siswa Aktif Dengan Pendekatan Alsak (Al Qur’an, Sains Dan Karakter) Pada Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2040

Penulis

  • Winarto Winarto Universitas Peradaban Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1421

Abstrak

Abstrak : Fenomena bonus demografi yang terjadi di Indonesia, sudah seharusnya tidak dibiarkan terjadi begitu saja tanpa ada upaya mempersiapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik. Bonus demografi perlu perhatian, khususnya dari pemerintah untuk melakukan program-program yang memberdayakan SDM. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan melaksanakan program pendidikan yang berkualitas. Rencana strategis pemerintah dengan mengamanatkan pendidikan karakter pada semua jenjang pendidikan adalah tindakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM. Banyaknya tindak kriminal yang pelakunya pelajar, mengindikasikan pentingnya pendidikan karakter diterapkan di sekolah. Banyak ahli pendidikan karakter menganjurkan pendidikan karakter hendaknya dilakukan sejak usia dini. Oleh karena itu, pembelajaran di PAUD memerlukan rujukan tentang model belajar yang berorientasi pada pendidikan karakter. Model belajar siswa aktif dengan pendekatan ALSAK (Al Qur’an, sains, dan karakter) merupakan gagasan model belajar yang berorientasi pada pendidikan karakter. Model ini yang berhubungan dengan pengetahuan sains, dan karakter. Berdasarkan kajian teori, model belajar ini mendukung implementasi pendidikan karakter di PAUD. Keberhasilan model  belajar siswa aktif dengan pendekatan ALSAK belum dilakukan pengujian secara empiris sehingga belum diperoleh informasi tentang keefektifan model pembelajaran ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengujian penelitian agar diperoleh informasi yang lengkap tentang peningkatan karakter siswa PAUD dengan menerapkan model ini. Kata Kunci : bonus demografi, PAUD, model belajar siswa aktif, pendekatan ALSAK

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2015-06-15

Cara Mengutip

Winarto, W. (2015). Model Belajar Siswa Aktif Dengan Pendekatan Alsak (Al Qur’an, Sains Dan Karakter) Pada Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2040. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(1), 28–42. https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1421

Terbitan

Bagian

Articles