Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar

Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar

Penulis

  • Mar'attus Sholihah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Majenang

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1177

Abstrak

Bumi saat ini tengah berada pada kondisi yang cukup parah. Kerusakan lingkungan yang dipicu terutama oleh aktivitas manusia telah menimbulkan dampak yang mengancam keberlangsungan kehidupan di bumi. Perubahan iklim mengubah keseimbangan ekologis yang berakibat pada bencana alam, kelangkaan air bersih, dan mutu lingkungan hidup yang terus menurun. Upaya perbaikan lingkungan harus menjadi prioritas dan dilakukan oleh sebanyak-banyaknya manusia. Faktanya, kesadaran lingkungan masyarakat di Indonesia masih sangat rendah. Salah satu indikator sederhana, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua di dunia. Bila tak ditangani, kerusakan lingkungan ini akan dirasakan oleh semua pihak. Upaya peningkatan kesadaran masyarakat perlu dimulai, salah satunya melalui bangku Sekolah Dasar. Sejalan dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), sekolah dapat menjadikan karakter peduli lingkungan sebagai karakter target agar peserta didik menjadi generasi yang menjaga dan melestarikan lingkungan. Menumbuhkan karakter harus dimulai dengan memberikan pemahaman dan wawasan lingkungan yang baik pada anak serta rasa tanggung jawab terhadap diri, masyarakat, dan Tuhannya. Pembelajaran sains dan pendidikan agama Islam adalah pintu masuk paling prospektif yang dapat ditempuh oleh guru untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Sholihah, M. (2021). Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar: Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(1), 126–144. https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1177

Terbitan

Bagian

Articles