Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar
Pembelajaran Terintegrasi Sains Dan Agama Islam Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1177Abstrak
Bumi saat ini tengah berada pada kondisi yang cukup parah. Kerusakan lingkungan yang dipicu terutama oleh aktivitas manusia telah menimbulkan dampak yang mengancam keberlangsungan kehidupan di bumi. Perubahan iklim mengubah keseimbangan ekologis yang berakibat pada bencana alam, kelangkaan air bersih, dan mutu lingkungan hidup yang terus menurun. Upaya perbaikan lingkungan harus menjadi prioritas dan dilakukan oleh sebanyak-banyaknya manusia. Faktanya, kesadaran lingkungan masyarakat di Indonesia masih sangat rendah. Salah satu indikator sederhana, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua di dunia. Bila tak ditangani, kerusakan lingkungan ini akan dirasakan oleh semua pihak. Upaya peningkatan kesadaran masyarakat perlu dimulai, salah satunya melalui bangku Sekolah Dasar. Sejalan dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), sekolah dapat menjadikan karakter peduli lingkungan sebagai karakter target agar peserta didik menjadi generasi yang menjaga dan melestarikan lingkungan. Menumbuhkan karakter harus dimulai dengan memberikan pemahaman dan wawasan lingkungan yang baik pada anak serta rasa tanggung jawab terhadap diri, masyarakat, dan Tuhannya. Pembelajaran sains dan pendidikan agama Islam adalah pintu masuk paling prospektif yang dapat ditempuh oleh guru untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).