20 Nilai Kehidupan Sebagai Alat Pembentuk Karakter Peserta Didik Melalui Dongeng Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran

Penulis

  • Margaretha Sri Sukarti Universitas Terbuka UPBJJ Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1450

Abstrak

Abstrak: Karakter ternyata sangat membutuhkan perhatian secara intensif dalam pembentukannya. Guru dapat membentuk karakter peserta didiknya melalui media cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai kehidupan dalam pembelajaran. Cerita rakyat tersebut dapat disampaikan dengan menggunakan metode mendongeng. Sebagai media dalam pendidikan karakter, cerita rakyat dapat memberikan berbagai nilai kehidupan sebagai alat pembentuk karakter peserta didik. Cerita rakyat dapat disampaikan oleh guru ketika ada jeda dalam pembelajaran dan sebagai ice breackin untuk pencerah kejenuhan selama belajar. Peserta didik akan merasa terhibur dan diharapkan hasil belajar dapat tercapai lebih efektif, optimal, dan ada keseimbangan kerja antara otak kiri dan otak kanannya. Kata Kunci : cerita rakyat, dongeng, nilai, kehidupan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-01-15

Cara Mengutip

Sukarti, M. S. (2013). 20 Nilai Kehidupan Sebagai Alat Pembentuk Karakter Peserta Didik Melalui Dongeng Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(1). https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1450

Terbitan

Bagian

Articles