REKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN IPTEK MELALUI PROGRAM BILINGUAL

Authors

  • Rifqi Abdul Rosyad

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.971

Keywords:

Rekontruksi, Pemikiran, Pendidikan Pesantren, Bilingual.

Abstract

Rekonstruksi pemikiran pendidikan pesantren menjadi perlu untuk dilakukan guna mempersiapkan sumber daya manusia yang modern dan religius untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pondok pesantren Al-Ikhsan Beji I Kedungbanteng Banyumas merupakan pondok yang sudah melakukan rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dengan mengkombinasikan program bahasa dan program pesantren tanpa mengurangi nilai tradisi pesantren. Penelitian ini digunakan guna mengetahui rekonstruksi paradigma pemikiran pendidikan pesantren dalam menghadapi perkembangan IPTEK melalui program bahasa Arab dan bahasa Inggris serta implementasinya di pondok pesantren Al-Ikhsan Beji I Kedungbanteng Banyumas. Jenis penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), subjek penelitiannya adalah pengasuh pondok pesantren, Ustadz dan Ustadzah serta santri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif paradigma proses penyelenggaraan pendidikan yang dipakai oleh pengasuh ponpes Pondok Pesantren AlIkhsan Beji Kedungbanteng Banyumas ini adalah paradigma proses vs.poduk karena paadigma roses vs. produk endidikan merupakan sebuah paradigma yang akan mewarnai sosialisasi manusia itu sehingga terjadi profil budaya sesuai dengan yang kita harapkan. Paradigma proses ini dalam pendidikan yang ditekankan bukan pada produk, tapi lebih pada proses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifin, HM. 1997. “Pendidikan Islam Abad XXI (Tinjauan dari Perspektif Ilmu dan Filsafat)” dalam Muslih Usa dan Aden Wijdan SZ (penyunting), Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial). Yogyakarta: Aditya Media.

Azwar, Saifuddin. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brotosiswoyo, Suprapto. 2000. Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Globalisasi, dalam Menggagas Paradigma baru Pendidikan : Demokratisasi, Otonomi, Civil Societi, globalisasi, Sindunata (ed.).Yogyakarta : Kanisius.

Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif; Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siradj, Sa’id Aqiel. 1999. Pesantren Masa Depan : Wacana Pemberdayaan dan Tramsformasi Pesantren. Bandung : Pustaka Hidayah.

Surajiyo. 2007. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia; Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwendi, 1999. “Rekonstruksi Sistem Pendidikan Pesantren: Beberapa Catatan”, dalam Marzuki Wahid, Suwendi dan Saefuddin Zuhri (peny.), Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah.

Haedari, Amin. 2004. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press.

Halim, A. Dkk. 2005. Manajemen Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Idi, Abdullah, Toto Suharto. 2006. Revitalisasi Pendidikan Islam.(Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kartono, Kartini. 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Bandar Maju.

Masyhud, M. Sulthon. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta : Diva Pustaka.

Mesraini. 2002. Pesantren di Tengah Dinamika Global: Upaya Membenahi Sistem Internal Pesantren. (Majalah Pesantren Edisi V Th 1)

Moleong, Lexi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Colombus, Ohio, USA: Remaja Rosda Karya.

Mulkan, Abdul Munir dkk. 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren: Religiusitas Iptek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nafi’, M. Dian dkk. 2007. Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta:Insite For Training and Development.

Pendidikan Ketrampilan di Pesantren: Eksperimen Nurul Jadid Dalam Mengantipasi Masa Depan, (Jurnal Komunikasi Dunia Perguruan Madrasah Vol. 6, No. 2, 2005), hlm. 45.

Qomar, Mujamil. 2002. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Rais, Amin. 1992. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan.

Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Islam Alternatif. Bandung: Mizan.

Saefuddin. A.M. 1991. Desekularisasi Pemikiran: Landasan Islamisasi. Bandung: Mizan.

Published

2017-03-29

How to Cite

Rosyad, R. A. (2017). REKONSTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN IPTEK MELALUI PROGRAM BILINGUAL. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(1). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.971

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.