Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Puasa Dala'il Qur'an

Authors

  • Naila Intania IAIN Kudus
  • Yudi Setiadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.5161

Keywords:

Pendidikan Karakter, Puasa Dala'il Qur'an, Nilai Pendidikan Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan dalam puasa Dalail Qur’an. Puasa Dalail Qur’an sendiri merupakan puasa yang dilakukan selama satu tahun penuh, ditambah dengan kewajiban untuk membaca al-Qur’an setiap harinya satu juz. Meski begitu, ada beberapa hari yang tidak diperbolehkan berpuasa, antara lain pada hari-hari terlarang puasa dalam ajaran agama Islam seperti hari raya, dan ketika masa haid bagi perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dalam tulisan ini bersumber dari hasil wawancara, dan juga literatur yang relevan dengan tulisan. Terdapat tiga narasumber dalam tulisan ini yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Hasil wawancara, dan juga literatur yang relevan tersebut kemudian dianalisis menggunakan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter (PPK) yang dicanangkan oleh Kemendikbud dalam buku “Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter.†Tulisan ini menemukan bahwa, dalam praktik puasa Dalail Qur’an terdapat empat nilai utama PPK yakni nilai religius, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penelitian ini menegaskan beberapa hasil temuan yang mengatakan bahwa penguatan pendidikan karakter bukan hanya bisa dilaksanakan di sekolah formal, namun bisa juga dari sarana alternatif lainnya.

Author Biography

Naila Intania, IAIN Kudus

Islamic Education Department

References

Adnan. “Riyadlah Mujahadah Perspektif Kaum Sufi.” Syifa al-Qulub 1, 2 (2017).
Andriyani, Risqi. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan dan Relevansinya bagi Pendidikan Karakter Remaja.” Skripsi, IAIN Ponorogo, 2021.
Asyari, Muchamad Munawir, dkk., “Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Apitan Masyarakat Singocandi Kudus.” Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, 1 (2021).
Basri. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen di Harian Fajar.” Societies: Journal of Social Sciences and Humanities 1, 2 (2021).
El-Hamdy, Ubaidurrahman. Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin Kamis. Jakarta: Wahyu Media, 2010.
Hendarman., dkk. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
Isco, Nuno. “Biografi Singkat KH. Ahmad Basyir; Mujiz Dala’il al-Khairat.” Santri Now, diakses pada 13 Juli 2021, https://santrinow.com/2019/10/biografi-singkat-kh-ahmad-basyir-mujiz-dalail-al-khairat.html.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peta Jalan Penguatan Pendidikan Karakter. T.tp: T.p, T.Th.
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas, 2010.
Kharis, Muhammad Abdul. “Puasa Dalail Qur’an dalam Perspektif Hadis (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putra Darul Falah Jekulo Kudus).” Skripsi, UIN Walisongo Semarang, 2017.
Maulida, Akmilatul Haq Al. “Resepsi Puasa Dalail Al Qur’an dalam Pendidikan Akhlak Studi Living Qur`an di Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur`an (BUQ) Gading, Duren, Tengaran, Kabupaten Semarang.” Skripsi, IAIN SALATIGA, 2020.
Muchtar, Achmad Dahlan, dan Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud).” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, 2 (2019).
Mukhsin, Raudhah, Palmarudi Mappigau, Andi Nixia Tenriawaru. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan di Kota Makassar.” Jurnal Analisis 6, 2 (2017).
Muna, Nailul. “Pengaruh Intensitas Puasa Senin Kamis Terhadap Akhlak Sabar Santri Darul Falah Be-Songo Semarang.” Skripsi, UIN Walisongo Semarang, 2017.
Mustaghfiroh. “Pengaruh Intensitas Puasa Senin Kamis terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang.” Skripsi, IAIN Walisongo Semarang, 2013.
Napratilora, Martina, dkk. “Peran Guru sebagai Teladan dalam ImplementasiNilaiPendidikan Karakter.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 6, 1 (2021).
Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Rajawali Press, 2003.
Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books, 2014.
Oktari, Dian Popi, Aceng Kosasih. “Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren.” JPIS 28, 1 (2019).
Omeri, Nopan. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan.” Manajer Pendidikan 9, 3 (2015).
Pengelola Web Kemdikbud. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diakses pada 14 Juli 2021, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.
Pratama, Enggar Dista. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMK Negeri 2 Pengasih.” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.
Pratiwi, Dian, dan Atiqa Sabardila. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Maysuri Karya Nadjib Kartapati Z.” Asas: Jurnal Sastra 10, 2 (2021).
Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: T.p, 2017.
Rifa’i, Moh., dkk. Terjemah Khulashah Kifayatul Akhyar. Semarang: Toha Putra, 1978
Saputri, Lintang Cahyu, dan Yoyoh Nur Laeliyah. “Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari.” Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2, 2 (2020).
Saripaini. “Refleksi Aksiologi atas Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tradisi Keleleng di Desa Punggur Kecil.” Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam 1, 1 (2021).
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung, 2008.
Suryanti, Eny Wahyu, Febi Dwi Widayanti, “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius.” dalam Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018). Malang: Universitas Widyagama Malang, 2018.
Sutiyani, Francisca. “Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, 2 (2021).
Syarifuddin, M. dkk. “Konsep Pendidikan Karakter dalam al-Qur’an Surah al-Fatihah dan Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013.” JETE 2, 1 (2021).
Tim Pakar Yayasan Jati Diri Bangsa, Pendidikan Karakter di Sekolah: Dari Gagasan ke Tindakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2011.
Utomo, Eko Prasetyo. “Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik.” JTP2IPS 3, 2 (2018).
Waro, Fiki Badi’atul. “Pendidikan Karakter Berwawasan Gender (Pespektif K.H. Ahmad Basyir Jekulo Kudus).” Skripsi, STAIN Kudus, 2016.

Published

2021-09-26

How to Cite

Intania, N., & Setiadi, Y. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Puasa Dala’il Qur’an. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 188–203. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.5161
Bookmark and Share