The Swing Theory of Islam: A Study of Ernest Gellner Epistemology

Penulis

  • Supriyanto Supriyanto UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v11i1.6475

Kata Kunci:

Gellner, Realitas, Sosial, Islam

Abstrak

dapat dikatakan sebagai seseorang yang sangat pantas untuk mendapat ‘penghargaan’. Gellner sebagai seorang sosiolog berhasil membaca realitas sosial Islam dengan melahirkan teori ayunan bandul dalam Islam—A Pendulum Swing Theory of Islam. Artikel ini mencoba untuk memaparkan teori Ernest Gellner tersebut. Dari kajian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Teorinya lahir dari ketertarikannya kepada Islam, baginya Islam memiliki struktur dan karakter yang unik dibanding agama di luarnya, 2) Kemampuan Islam dalam merespon perubahan tanpa kehilangan ‘jati dirinya’ menjadikan respon sosial umat Islam dalam tataran yang ‘mapan.’ Poin kedua ini, bagi Gellner adalah kunci mengapa pergerakan realitas sosial umat Islam cenderung ‘flux and reflux of religion’ seperti halnya ayunan Bandul

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asal Mula Berhala Masuk ke Makkah | NU Online. (n.d.). Retrieved July 16, 2022, from https://islam.nu.or.id/sirah-nabawiyah/asal-mula-berhala-masuk-ke-makkah-RnAKe
Cetak biru. (2019). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Cetak_biru&oldid=14754251
Fajar, A. S. M. (2019). Perspektif Ibnu Khaldun Tentang Perubahan Sosial. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10460
Gellner, E. (1995a). Muslim Society. Cambridge University Press.
Gellner, E. (1995b). Teori Ayunan Bandul tentang Islam. In Agama: Dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologi. Raja Grafindo Persada.
Ghazali, A. M. (2012). Bumi Manusia dalam Al-Qur’an. Jurnal Ulumul Qur’an, 21(1).
Hall, J. A. (2011). Ernest Gellner: An Intellectual Biography. New York: Verso.
Kartini. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Mandar Maju.
Kasdi, A. (2014). Pemikiran Ibnu Khaldun dalam Perspektif Sosiologi dan Filsafat Sejarah. Fikrah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/fikrah.v2i2.564
Mukhlishin, A., & Suhendri, A. (2017). Aplikasi Teori Sosiologi dalam Pengembangan Masyarakat islam. Inject (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 211–234. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.211-234
Pantheon, Roma. (2021). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pantheon,_Roma&oldid=18210800
PUSAD Paramadina | Ibn Khaldun dan Ilmu-ilmu Sosial: Tentang `Ashabiyah, Negara, ‘Sakralisasi’ Ilmu. (n.d.). Retrieved July 15, 2022, from https://www.paramadina-pusad.or.id/ibn-khaldun-dan-ilmu-ilmu-sosial-tentang-ashabiyah-negara-sakralisasi-ilmu/
Riyadi, A. K. (2018). Kajian atas Wacana Tasawuf dan Keutuhan Sosial Ernest Gellner. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 8(2), 265–301. https://doi.org/10.15642/teosofi.2018.8.2.366-402
Setiadi, O. (2017). Islam dan Pergerakan Civil Society Kebudayaan Transnasional Hizmet Di Indonesia. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 127–158. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6458
Soehadha, M. (2018). Distingsi Keilmuan Sosiologi Agama (Sejarah Perkembangan, Epistemologi, dan Kontribusi Praksis). Jurnal Sosiologi Agama, 12(1), 31–46. https://doi.org/10.14421/jsa.2018.121-02
Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Fadhil Rizki, A. (2021). Kontribusi Filsafat Ilmu dalam Penelitian Ilmiah dan Kehidupan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 229. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.37304
Suprapta, B. (2016). Prasejarah Indonesia dalam Konteks Perkembangan Prasejarah Asia Tenggara: Kajian Arkeologi Pos-Prosesual Perspektif Strukturalisme Lévi-Strauss. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(2), 131–143. https://doi.org/10.17977/sb.v10i2.7673
Susanto, E. (2014). Radikalisasi Kehidupan Keberagamaan Perspektif Sosiologi Pengetahuan di Kabupaten Pamekasan. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 11(1), 207–232. https://doi.org/10.19105/nuansa.v11i1.187

Diterbitkan

2022-07-16

Cara Mengutip

Supriyanto, S. (2022). The Swing Theory of Islam: A Study of Ernest Gellner Epistemology. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 11(1), 31–41. https://doi.org/10.24090/jimrf.v11i1.6475

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.