Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Memahami Realitas Sosial Sebagai Upaya Counter Radicalism (Analisis Isi Atas Buku Langkah Kecil Menyamai Toleransi)
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4699Keywords:
Youth, Radicalism, Diversity School, Tolerance.Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan gagasan moderasi beragama oleh peserta Sekolah Keberagaman Kalimantan Timur dalam memahami realitas sosial sebagai upaya counter radicalism. Dengan menggunakan content analysis, penelitian ini mendeskripsikan konten (isi) buku “Langkah Kecil Menyemai Toleransi†dengan melihat sejauh mana moderasi beragama di adopsi oleh peserta Sekolah Keberagaman. Hasil kajian menunjukkan bahwa (1) peserta Sekolah Keberagaman telah membuka diri dan mencoba melihat serta memahami realitas sosial yang ada dilingkungan sekitar; (2) Mengadopsi cara hidup modern, seperti sains dan teknologi; (3) Berpikir rasional dan mengedepankan akal pengetahuan daripada emosi; (4) Memahami agama tidak hanya secara tekstual namun juga dengan kontekstual dan komprehensif; dan (5) Melalui Sekolah Keberagaman, harapan mereka maupun kita semua adalah Indonesia dapat menjadi contoh untuk negara lain dalam hal toleransi, harmoni, dan kerjasama antar-agama maupun antar-etnis. Kelima hal tersebut sejalan dengan konsep moderasi beragama, artinya bahwa peserta telah mengaktualisasikan konsep moderasi beragama dalam hidupnya. Melalui tagline ‘cerita toleransi’, Sekolah Keberagaman mengajak kalangan pemuda untuk secara aktif mengkampanyekan pentingnya toleransi, perilaku positif, dan dalam kehidupan sosial baik di dunia nyata maupun di dunia maya sebagai upaya counter radicalism.References
Buku
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali, 2015.
Idris, Irfan. Membumikan Deradikalisasi: Sof Approach Model Pembinaan Terorisme dari Hulu ke Hilir Secara Berkesinambungan. Jakarta: Daulat Perss, 2017.
Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Syam, Fahmi Faujar, dkk, ed., Diajeng Laily: Langkah Kecil Menyemai Toleransi. Samarinda: IAIN Samarinda Press, 2019.
Tahir, Suaib, dkk. Ensiklopedia Pencegahan Terorisme. Cet. III. Jakarta: Badan Nasional Penangggulangan Terorisme, 2018.
Jurnal Ilmiah
Ardiansyah. “Islam Wasatiyah Dalam Perspektif Hadis: Dari Konsep Menuju Aplikasi.†Jurnal Mutawâtir Vol. 6 No. 2, Desember 2016.
Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.†Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, April 2018.
Jasminto. “Urgensi Teori Andragogi Dalam Memperkuat Visi Moderat Islam Di Indonesia.†Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, April 2018.
Poentarie, Emmy. “Komparasi Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan Dan Netralitas Dalam Pemberitaan (Studi Konten Analisis Terkait Pemberitaan Pemilu Presiden 2014 Di Harian Kompas Dan Koran Sindo.†Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 2015.
Referensi Online
We Are Social. “Digital 2020.†We Are Social, 2020. https://wearesocial.com/digital-2020.
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali, 2015.
Idris, Irfan. Membumikan Deradikalisasi: Sof Approach Model Pembinaan Terorisme dari Hulu ke Hilir Secara Berkesinambungan. Jakarta: Daulat Perss, 2017.
Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Syam, Fahmi Faujar, dkk, ed., Diajeng Laily: Langkah Kecil Menyemai Toleransi. Samarinda: IAIN Samarinda Press, 2019.
Tahir, Suaib, dkk. Ensiklopedia Pencegahan Terorisme. Cet. III. Jakarta: Badan Nasional Penangggulangan Terorisme, 2018.
Jurnal Ilmiah
Ardiansyah. “Islam Wasatiyah Dalam Perspektif Hadis: Dari Konsep Menuju Aplikasi.†Jurnal Mutawâtir Vol. 6 No. 2, Desember 2016.
Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.†Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, April 2018.
Jasminto. “Urgensi Teori Andragogi Dalam Memperkuat Visi Moderat Islam Di Indonesia.†Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, April 2018.
Poentarie, Emmy. “Komparasi Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan Dan Netralitas Dalam Pemberitaan (Studi Konten Analisis Terkait Pemberitaan Pemilu Presiden 2014 Di Harian Kompas Dan Koran Sindo.†Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 2015.
Referensi Online
We Are Social. “Digital 2020.†We Are Social, 2020. https://wearesocial.com/digital-2020.
Downloads
Published
2021-08-16
How to Cite
Abdullah, S. D. A. (2021). Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Memahami Realitas Sosial Sebagai Upaya Counter Radicalism (Analisis Isi Atas Buku Langkah Kecil Menyamai Toleransi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 141–148. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4699
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).