Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Memahami Realitas Sosial Sebagai Upaya Counter Radicalism (Analisis Isi Atas Buku Langkah Kecil Menyamai Toleransi)

Authors

  • S. Dinar Annisa Abdullah IAIN Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4699

Keywords:

Youth, Radicalism, Diversity School, Tolerance.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan gagasan moderasi beragama oleh peserta Sekolah Keberagaman Kalimantan Timur dalam memahami realitas sosial sebagai upaya counter radicalism. Dengan menggunakan content analysis, penelitian ini mendeskripsikan konten (isi) buku “Langkah Kecil Menyemai Toleransi†dengan melihat sejauh mana moderasi beragama di adopsi oleh peserta Sekolah Keberagaman. Hasil kajian menunjukkan bahwa (1) peserta Sekolah Keberagaman telah membuka diri dan mencoba melihat serta memahami realitas sosial yang ada dilingkungan sekitar; (2) Mengadopsi cara hidup modern, seperti sains dan teknologi; (3) Berpikir rasional dan mengedepankan akal pengetahuan daripada emosi; (4) Memahami agama tidak hanya secara tekstual namun juga dengan kontekstual dan komprehensif; dan (5) Melalui Sekolah Keberagaman, harapan mereka maupun kita semua adalah Indonesia dapat menjadi contoh untuk negara lain dalam hal toleransi, harmoni, dan kerjasama antar-agama maupun antar-etnis. Kelima hal tersebut sejalan dengan konsep moderasi beragama, artinya bahwa peserta telah mengaktualisasikan konsep moderasi beragama dalam hidupnya. Melalui tagline ‘cerita toleransi’, Sekolah Keberagaman mengajak kalangan pemuda untuk secara aktif mengkampanyekan pentingnya toleransi, perilaku positif, dan dalam kehidupan sosial baik di dunia nyata maupun di dunia maya sebagai upaya counter radicalism.

References

Buku
Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali, 2015.
Idris, Irfan. Membumikan Deradikalisasi: Sof Approach Model Pembinaan Terorisme dari Hulu ke Hilir Secara Berkesinambungan. Jakarta: Daulat Perss, 2017.
Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.
Syam, Fahmi Faujar, dkk, ed., Diajeng Laily: Langkah Kecil Menyemai Toleransi. Samarinda: IAIN Samarinda Press, 2019.
Tahir, Suaib, dkk. Ensiklopedia Pencegahan Terorisme. Cet. III. Jakarta: Badan Nasional Penangggulangan Terorisme, 2018.

Jurnal Ilmiah
Ardiansyah. “Islam Wasatiyah Dalam Perspektif Hadis: Dari Konsep Menuju Aplikasi.” Jurnal Mutawâtir Vol. 6 No. 2, Desember 2016.
Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, April 2018.
Jasminto. “Urgensi Teori Andragogi Dalam Memperkuat Visi Moderat Islam Di Indonesia.” Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars (AnCoMS) Kopertais Wilayah IV Surabaya, April 2018.
Poentarie, Emmy. “Komparasi Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan Dan Netralitas Dalam Pemberitaan (Studi Konten Analisis Terkait Pemberitaan Pemilu Presiden 2014 Di Harian Kompas Dan Koran Sindo.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 2015.

Referensi Online
We Are Social. “Digital 2020.” We Are Social, 2020. https://wearesocial.com/digital-2020.

Published

2021-08-16

How to Cite

Abdullah, S. D. A. (2021). Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Memahami Realitas Sosial Sebagai Upaya Counter Radicalism (Analisis Isi Atas Buku Langkah Kecil Menyamai Toleransi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 141–148. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4699
Bookmark and Share