Relasi Kelompok Puritan dan Nominal atas Tradisi Grebeg Onje di Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga

Authors

  • Intan Nur Azizah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Siwi Dwi Handayani

Keywords:

grebeg onje, bahasa indonesia, kelompok nominal, kelompok puritan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menceritakan pola relasi kelompok puritan dan nominal pada tradisi Grebeg Onje di Desa Onje Kabupaten Purbalingga, dan menganalisis hubungan kelompok Islam Nominal dan Puritan dalam Memelihara Grebeg. Tradisi Onje di Desa Onje, Kabupaten Purbalingga dalam pandangan Clifford. Geertz. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 3 (tiga) metode, yaitu observasi,  wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan melalui 3 (tiga) tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hubungan antara kelompok puritan dan nominal pada tradisi Grebeg Onje di Desa Onje bersifat disosiatif. Hubungan yang cenderung disosiatif antara kelompok puritan dan nominal tidak berkembang menjadi konflik fisik. Hubungan antar kelompok merupakan hubungan yang bersifat interaksionisme simbolik, dimana masyarakat yang terbentuk saat ini merupakan hasil dari proses sosialisasi dan budaya yang berkembang di wilayah tersebut.  

References

Clifford Geertz. Local Knowledge, Further Essay in Interpretive. Anthropology. 3th edition. Perseus Books, L.L.C. 2000.
Diktat Grebeg Onje 2017 tanggal 17-19 Mei 2017 Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.
Durkheim, E. (1965). The Elementary Forms of Religious Life. New York: The Free Press. 1965.
Farhan, I. (2016). Aliran Puritan dan Moderat dalam Islam, Misykah, Vol. 1(1), 104-105.
Farida, U. (2015). Islam Pribumi dan Islam Puritan: Ikhtiar Menemukan Wajah Islam Indonesia Berdasar Proses Dialektika Pemeluknya dengan Tradisi Lokal, FIKRAH: Jurnal Ilmu Akidah dan Studii Keagamaan, Vol. 3(1), 146-149.
Hendropuspito. (1984). Sosiologi Agama. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Ismail, N. (2012). Relasi Kuasa dalam Pengubahan Budaya Komunitas Negara, Muslim, Wong Sikep. Bandung: CV. Karya Putra Darwati.
Moleong, L.J. (1989). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. 1989.
Qolbi Khoiri dalam Webinar Pendidikan Islam Multikultural, pada tanggal 23 Agustus 2021.
Taylor, S.J. & Bogdan, R. (1984). Introduction to Qualitative Research Methods, The Search Meanings, Second Edition. Toronto: John Miley and Sons.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Azizah, I. N., & Handayani, S. D. (2022). Relasi Kelompok Puritan dan Nominal atas Tradisi Grebeg Onje di Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian Agama, 23(1), 1–24. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/6594

Issue

Section

Articles