NILAI-NILAI INTEGRITAS ANAK DALAM KITAB AKHLAK LIL BANIN KARYA SYEKH UMAR BARADJA

Authors

  • Nur Hafidz UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitria Nurul Azizah IAIN Purwokerto
  • Lailla Nurul Q. IAIN Purwokerto

Keywords:

: Nilai Integritas, Anak, Akhlak Lil Banin

Abstract

Nilai Integritas selalu erat berkaitan dengan perbuatan yang dilakukan seseorang. Semakin perkembangannya zaman sikap nilai-nilai integritas dalam masyarakat juga semakin menurun. Hal ini disebabkan lingkungan dan habituasi. Maka ada penaman nilai integritas pada seseorang yang ditanamkan sejak usia dini. Sebab, sejak anak-anak merupakan usia golden age yang tumbuh kembangnya harus di optimalkan. Salah satu langkah sederhana dapat dilakukan oleh orang tua untuk menanamkan dan mengajarkan nilai integritas adalah melalui habituasi menceritakan dan mengimitasi dari buku yang mengandung nilai integritas. Penelitian ini adalah liberary research yang sumber data-datang dari kitab akhlak lil banin karya syech umar baradja jus 1. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Dalam obejeknya ada nilai-nilai integritas anak-anak dalam kitab akhlak lil banin jus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai integritas pada anak dalam kitab akhlak lil banin jus 1 karya Syekh Umar Baradja diantaranya yaitu, nilai religius, cinta kebersihan, dan peduli sosial.

References

Aerin, Wafa. "Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Hadits Nabi SAW.." Jurnal Pendidikan Anak 21, no 2 (2020).
Al-Ghulayaini, Musthafa. 2009. Izhatun Nasyi’in. Terjemah jilid 2 oleh Siroj. Zainuri, Hadi Nur. Jakarta: PT. Albana.
Cahya, Fajar Septian, Saiful Bahri, and Hayaturrohman Hayaturrohman. “Nilai-Nilai Karakter Dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Karya Syekh Umar Baradja.” Jurnal Online Studi Al-Qur’an 12, no. 1 (2016).
Faisal, Sanipah. 2010. Format-format Penelitian Sosial (Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada).
Fatchul Mu’in. 2013. Pendidikan Integritas: Konstruksi Teoretik dan Praktik, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Integritas (Bandung: Alfabeta).
Ihsannudin. 2017. Jokowi Teken Inpres Gerakan Nasional Revolusi Mental, (Jakarta: Kompas).
Kurniawati, Fitri Erning. “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Penelitian 9, no. 2 (2015).
KBBI V melalui aplikasi luring resmi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Konsep Dasar penuatan Pendidikan Integritas, Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kutha Ratna, Nyoman.2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada umumnya. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Kutha Ratna, Nyoman. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Poststrukturalisme Perspektif Wacana Naratif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Integritas (Yogyakarta: Kreasi Wacana).
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetep Rohendi Rohidi (Jakarta: UI Press).
Nasution. 2014. Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara).

Downloads

Published

2020-12-19

How to Cite

Hafidz, N., Azizah, F. N., & Q., L. N. (2020). NILAI-NILAI INTEGRITAS ANAK DALAM KITAB AKHLAK LIL BANIN KARYA SYEKH UMAR BARADJA. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 302–316. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/4337

Issue

Section

Articles