NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK USIA DINI DALAM LAGU ISLAMI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4094Kata Kunci:
Pendidikan Islam, lagu Islami, anak usia diniAbstrak
Pembelajaran anak usia dini di lembaga TK atau PAUD pastinya tak lekang dari yang namanya bermain dan bernyanyi. Lagu menjadi salah satu media yang sering digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru. Ada begitu banyak jenis genre lagu yang ada di Indonesia, dan salah satu genre lagu yang biasa digunakan sebagi media belajar di TK atau PAUD adalah lagu dengan genre religi, dengan tujuan sebagai media penanaman karakter religius bagi anak, sebagai media pengembangan nilai agama moral bagi anak dan lain sebagainya. Penelitiann yang dilakukan oleh peneliti digolongkan sebagai penelitian librarary research dengan mengumpulkan data primer dan sekunder terkait dengan lagu-lagu Islami anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, guna menginterpretasikan dan menjelaskan objek penelitian, yaitu analisis nilai-nilai religi dalam lagu Islami anak usia dini. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil beberapa lagu Islami anak usia dini sebagai sampel, yang kemudian akan dianalisis nilai-nilai religi apa yang ada dalam lagu tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan,Unduhan
Referensi
Arifin. 2006. Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis danPraktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, EdisiRevisi. (Jakarta: PT BumiAksara)
Beni Ahmad Saebani dkk. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. (Bandung: Pustaka Setia)
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetep Rohendi Rohidi (Jakarta: UI Press).
Moleong , Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya)
Musthofa Rahman. 2001. Pendidikan Islam dalam Perspektif Alquran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Mustika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).