Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Munif Chatib
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1434Abstrak
Abstrak: Penelitian ditujukan untuk menemukan konsep pendidikan anak dalam perspektif Munif Chatib. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah dalam penyelenggaraan konsep pendidikan anak. Pertama, kegiatan input (masukan),yaitu kegiatan ini ditandai dengan proses penerimaan siswa baru dalam suatu sekolah. Sekolah tersebut fokus pada kualitas pembelajaran, bukan pada kualitas input siswanya. Kualitas proses pembelajaran bergantung pada kualitas para guru yang bekerja pada sekolah tersebut. Para guru yang mampu menjamin semua siswa akan dibimbing ke arah perubahan yang lebih baik, bagaimanapun kualitas akademik dan moral yang mereka miliki. Dalam pengertian lain, sekolah tersebut menghargai segala potensi yang melekat pada diri siswanya. Kedua, kegiatan proses, yaitu mengolah siswa yang beraneka ragam gaya belajar dalam proses transfer informasi atau proses pembelajaran yang bertujuan untuk ketuntasan indikator hasil belajar. Pada bagian proses ini, ada empat tahapan yang harus dilaksanakan oleh sekolah, yaitu: [1] Brain; [2] Strategi mengajar; [3] Produk; dan [4] Benefit. Ketiga, output (hasil) pembelajaran didasarkan pada penilaian autentik, yaitu penilaian yang memotret tiga ranah kemampuan: afektif, psikomotorik, dan kognitif siswa, tidak hanya sebatas mengandalkan aspek kognitif saja. Kata Kunci: Pendidikan, Anak, Munif Chatib.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).