Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Munif Chatib

Penulis

  • Rofik Andi Hidayah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1434

Abstrak

Abstrak: Penelitian ditujukan untuk menemukan konsep pendidikan anak dalam perspektif Munif Chatib. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah dalam penyelenggaraan konsep pendidikan anak. Pertama, kegiatan input (masukan),yaitu kegiatan ini ditandai dengan proses penerimaan siswa baru dalam suatu sekolah. Sekolah tersebut fokus pada kualitas pembelajaran, bukan pada kualitas input siswanya. Kualitas proses pembelajaran bergantung pada kualitas para guru yang bekerja pada sekolah tersebut. Para guru yang mampu menjamin semua siswa akan dibimbing ke arah perubahan yang lebih baik, bagaimanapun kualitas akademik dan moral yang mereka miliki. Dalam pengertian lain, sekolah tersebut menghargai segala potensi yang melekat pada diri siswanya. Kedua, kegiatan proses, yaitu mengolah siswa yang beraneka ragam gaya belajar dalam proses transfer informasi atau proses pembelajaran yang bertujuan untuk ketuntasan indikator hasil belajar. Pada bagian proses ini, ada empat tahapan yang harus dilaksanakan oleh sekolah, yaitu: [1] Brain; [2] Strategi mengajar; [3] Produk; dan [4] Benefit. Ketiga, output (hasil) pembelajaran didasarkan pada penilaian autentik, yaitu penilaian yang memotret tiga ranah kemampuan: afektif, psikomotorik, dan kognitif siswa, tidak hanya sebatas mengandalkan aspek kognitif saja.  Kata Kunci: Pendidikan, Anak, Munif Chatib.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2015-06-15

Cara Mengutip

Hidayah, R. A. (2015). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Munif Chatib. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 217–230. https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1434

Terbitan

Bagian

Articles