Pemetaan Kompetensi Pedagogik Pendidik Kelompok Bermain Di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun 2014
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1422Abstrak
Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memetakan kompetensi pedagogik pendidik Kelompok Bermain (KB) di Kecamatan Bumiayu tahun 2014. Hasil pemetaan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan untuk menentukan bagaimana mutu pendidik PAUD di Kecamatan Bumiayu yang dapat dijadikan sebagai media pengendali mutu layanan PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumenter. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus distribusi frekuensi relative atau persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kemampuan pedagogik pendidik KB di Kecamatan Bumiayu dapat dipetakan sebagai berikut: (1) Hasil pengolahan angket menunjukkan bahwa sebanyak 44% pendidik KB di Kecamatan Bumiayu menyatakan setuju jika mereka memiliki kompetensi pedagogik. Persentase kemampuan pedagogik tersebut masuk dalam kategori cukup baik. (2) Hasil pengolahan angket telah menunjukkan bahwa 45% pendidik KB di Kecamatan Bumiayu menyatakan setuju jika mereka memiliki kemampuan dalam merencanakan kegiatan program pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan terhadap anak. Persentase kemampuan tersebut masuk dalam kategori cukup baik. (3) Hasil pengolahan angket telah menunjukkan bahwa 43% pendidik KB di Kecamatan Bumiayu menyatakan setuju jika mereka mampu melaksanakan proses pendidikan, pengasuhan dan perlindungan. Persentase kemampuan tersebut masuk dalam kategori cukup baik. (4) Hasil pengolahan angket telah menunjukkan bahwa 46% pendidik KB di Kecamatan Bumiayu menyatakan setuju jika mereka mampu melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan. Persentase kemampuan tersebut masuk dalam kategori cukup baik. Kata Kunci: pedagogik, pendidik, kelompok bermain.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).