Self Development sebagai Media Pembentukan Karakter Religius pada Anak Asuh

المؤلفون

  • Laila Azza Hanifah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Widia Dwi Pramesti UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muridan Muridan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/j.assertive.v3i2.12643

الكلمات المفتاحية:

Self Development، Religious، Character، Foster Children

الملخص

ABSTRACT Foster children living in orphanages, with various backgrounds, can have several personal and spiritual problems, where these aspects are very necessary in living their lives. This research aims to understand and identify self-development to shape religious character in foster children. The approach used is a qualitative approach where research is carried out directly at the location of the research object. Data was collected through direct observation and interviews with 4 foster children and 1 adoptive father in an orphanage. The results of the research show that there are several activities carried out to foster self-development, which indirectly also function as a medium for forming the religious character of foster children. The strategies implemented include getting used to religious activities such as getting used to carrying out morning and evening dhikr, carrying out TPQ, and also getting used to worship. This activity certainly went well and certainly had a positive impact on the foster children at the Putra Muhammadiyah Purwokerto Orphanage.   Anak asuh yang tinggal di Panti Asuhan dengan berbagai latar belakangnya, bisa memiliki beberapa masalah terkait pribadi maupun rohani, dimana aspek tersebut diperlukan dalam menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengidentifikasi self development untuk membentuk karakter religius pada anak asuh. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dimana penelitian dilakukan secara langsung ke tempat objek penelitian. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara secara langsung kepada 4 orang anak asuh serta 1 orang bapak asuh di Panti Asuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkan self development yang secara tidak langsung juga sebagai media untuk pembentukan karakter religius anak asuh. Strategi yang sudah dilakukan antara lain, pembiasaan kegiatan keagamaan seperti pembiasaan melaksanakan dzikir pagi dan sore, pelaksanaan TPQ dan juga pembiasaan melakukan kultum. Kegiatan tersebut tentunya sudah berjalan dengan baik dan tentunya membawa dampak positif bagi para anak asuh di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Purwokerto.

التنزيلات

بيانات التنزيل غير متوفرة بعد.

المراجع

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132–146. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/363

Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(1), 1–23. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243

Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter (1st ed.). Penerbit Qiara Media.

Asmadi, E. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Anak Sebagai Saksi dalam Pemeriksaan Perkara Pidana. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.55357/is.v1i2.30

Aswani, A., Tumanggor, O. B., & Hasibuan, A. S. (2021). Peningkatan Kesadaran Terhadap Protokol Kesehatan Pada Anak-Anak Panti Asuhan Aisyiah Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Abdi Ilmu, 1(14), 1–7. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/1917

BPS. (2022). Jumlah Anak yang Diasuh di Panti Asuhan Menurut Pengelola dan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2021. Badan Pusat Statistik Provonsi Jawa Tengah.

Darmawati, I., & Indriawati, R. (2020). Peningkatan kemandirian anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Binasiwi, Bantul. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.39.112

Gunawan, Y., & Syamsudin, S. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan Muhammadiyah Tuksono Kulonprogo. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.59944/jipsi.v2i1.110

Hartanti, D. M. (2022). Peran Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial dalam Pembentukan Karakteristik Kemandirian Anak Asuh Di Masa Pandemi Covid-19 Di Panti Asuhan Anak Gembira Medan Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 3(1), 16–24. https://doi.org/10.47942/jpttg.v3i1.885

Hascan, M. A. (2021). Konsep serta Solusi Pengembangan Diri Dalam Islam. MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 22–34. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/721

Hasina, Y. F., & Sari, P. (2023). Bimbingan Rohani sebagai reduksi Stres pada Narapidana. Assertive: Islamic Counseling Journal, 2(2), 33–45. https://doi.org/10.24090/j.assertive.v2i2.9970

Herliana, K. (2024). Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Kepribadian Peserta Didik di Panti Asuhan Alqi Ceria Kota Bogor. Fikrah: Journal of Islamic Education, 7(2), 221–231. https://doi.org/10.32507/fikrah.v7i2.2735

Husnadian, A., Rispawati, B., & Sumardi, L. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Asuh di Panti Asuhan Ampera Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 208–217. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4478

Ilmi, I., & Nukhbatillah, I. A. (2023). Manajemen Pengembangan Diri dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di STITNU Al-Farabi Pangandara. Pastabiq : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 66–77. https://doi.org/0.56223/pastabiq.v2i2.170

Irianto, S. Y., Agus, I., Febriani, O. M., & Yuliawati, D. (2021). Pelatihan Keterampilan Komputer Bagi Anak-Anak Panti Asuhan Rumah Yatim Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 40–45. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2929

Karyadiputra, E., Mahalisa, G., Sidik, A., & Wathani, M. R. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis Ti Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’Afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 4(2), 186–190. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v4i2.1956

Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Anak: Literature Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 853–862. https://doi.org/https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/208

Khoerurrozi, A. (2023). Bimbingan Spiritual untuk Mengembangkan Makna Hidup Anak Yatim di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Purwokerto Kabupaten Banyumas [UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto]. https://repository.uinsaizu.ac.id/22185/

Kumalasari, R. (2022). Metode Pembinaan Karakter Islami Anak Asuh di UPTD LKSA Panti Asuhan Suci Hati Meulaboh, Aceh Barat. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v3i1.3856

Mustajib, M., & Mubarok, H. (2021). Manajemen Mutu Pengasuh Panti Asuhan Rukun Santoso, Kencong Kediri. Jurnal Ilmiah Iqra’, 15(1), 76–92. https://doi.org/10.30984/jii.v15i1.1440

Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius pada Kegiatan Makan Anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 6(2), 165–174. https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.589

Peraturan Menteri Sosial Nomor 30 Tahun 2011 tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak Untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, 1 (2011). https://peraturan.bpk.go.id/Details/130531/permensos-no-30-tahun-2011

Rahmah, A., Rouns, E., & Luck, A. (2022). The effect of self-development program for improving independence in defective students in SLB N 1 Lima Kaum Batusangkar. World Psychology, 1(2), 46–53. https://doi.org/10.55849/wp.v1i2.96

Rahmawati, H. K. (2018). Kegiatan pengembangan diri dalam menggali potensi anak tunanetra di Panti Tunanetra Aisyiyah Ponorogo. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 98–116. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.4463

Ronica, W., Nurhasanah, N., & Abd, D. (2019). Gambaran penerimaan diri anak panti asuhan dan faktor yang mempengaruhinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1), 65 – 70. https://doi.org/https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/7009

Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. (2020). Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28285

Susilawati, S., Aprilianti, D., & Asbari, M. (2022). The Role of Islamic Religious Education in Forming the Religious Character of Students. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.4444/jisma.v1i1.1

Syah, Z., & Sesmiarni, Z. (2022). Model Pembinaan Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Konsep Diri Dan Kemandirian Anak Asuh Di Panti Asuhan Fastabiqul Khairat Koto Baru Dhamasraya. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 62–69. https://doi.org/10.55583/jkip.v3i1.312

Yanuardianto, E. (2022). Proses Pembentukan Nilai Karakter Anak di Yayasan Panti Asuhan Dinas Sosial Kabupaten Situbondo. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 154–168. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.154-168

التنزيلات

منشور

2024-11-30

كيفية الاقتباس

Hanifah, L. A., Pramesti, W. D., & Muridan, M. (2024). Self Development sebagai Media Pembentukan Karakter Religius pada Anak Asuh. Assertive: Islamic Counseling Journal, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.24090/j.assertive.v3i2.12643

المؤلفات المشابهة

1 2 > >> 

يمكنك أيضاً إبدأ بحثاً متقدماً عن المشابهات لهذا المؤلَّف.