Model Pengembangan Media dalam Bimbingan Karier pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Society 5.0 (Ulasan Penelitian di Indonesia pada Tahun 2019 – 2022)

Authors

  • Novida Nurhayati Magister Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur
  • Budi Purwoko Magister Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.24090/j.assertive.v2i2.7544

Keywords:

Media Development Models, Career Guidance and Counseling, Students, High School, Society 5.0 Era

Abstract

Career media development can help high school (SMA) students understand the various career options available, including information about educational requirements, job prospects, and job demands in various fields. This allows students to make more informed decisions about the career path they wish to pursue. This research aims to explain the development model (R&D) of career guidance media for high school students in the 5.0 era. This research provides students with better knowledge and helps them plan their careers. This research uses the library research method by providing references to track research results from time to time (Review of Research in Indonesia in 2019 – 2022). The results of this research show that the high school career counseling media model provides an assessment for future researchers so that they can create more creative and successful career counseling service media models in the future. In the 5.0 era, students must always uphold their abilities, talents, and intelligence. Developing career media for high school students is important to help students explore career options, build readiness, overcome uncertainty, and prepare themselves for their future. With the right access to relevant resources and information, high school students can make better decisions about the career path they want to pursue and develop concrete steps to achieve their career goals. Pengembangan media karir dapat membantu Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) memahami berbagai pilihan karir yang tersedia, termasuk informasi tentang persyaratan pendidikan, prospek pekerjaan, dan tuntutan pekerjaan di berbagai bidang. Hal ini memungkinkan siswa untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang jalan karir yang ingin ditempuh siswa. Penelitian ini untuk menjelaskan model perkembangan (R&D) media bimbingan karir siswa SMA di era 5.0. Penelitian ini untuk memberikan siswa pengetahuan yang lebih baik dan membantu dalam merencanakan karir masa depannya. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan memberikan referensi untuk melacak hasil penelitian dari waktu ke waktu (Ulasan Penelitian Di Indonesia Pada Tahun 2019 – 2022). Hasil penelitian ini bahwa model media konseling karir SMA dan memberikan penilaian bagi peneliti selanjutnya agar dapat menciptakan model media layanan konseling karir yang lebih kreatif dan sukses di masa depan. Di era 5.0, peserta didik harus senantiasa menjunjung tinggi kemampuan, bakat, dan kecerdasannya. Pengembangan media karir bagi siswa SMA penting untuk membantu siswa menjelajahi pilihan karir, membangun kesiapan, mengatasi ketidakpastian, dan mempersiapkan diri untuk masa depannya. Dengan akses yang tepat ke sumber daya dan informasi yang relevan, siswa SMA dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang jalan karir yang ingin ditempuh dan mengembangkan langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan karirnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyani, M, Nadia. Wiyono, D, Bambang. (2019). Pengembangan Media Booklet Perencanaan Karier Untuk Siswa SMAN 1 Sumberrejo. Ejournal Unesa.

Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.

Astuti, W, Wahyu. Dwikurnaningsih, Yari. (2021). Pengembangan model manajemen bimbingan karir menggunakan aplikasi Edmodo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 9(1):64-74. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36761

Astuti. Waluya,B,S. Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Aziz, A. (2019). Pengembangan Media Spinning sebagai Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Peserta DiDIk Kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Darmawan, A, Yohanes. Kurnaningsih, Yari. (2021). Pengembangan model manajemen layanan informasi karir berbasis ICT bagi peserta didik SMA. Journal of Counceling and Education (IICET Journal). 9(3):241-251. DOI: https://doi.org/10.29210/143000

Gunawijaya, Tirta, W, I. (2021). E-learning Menjadi Platform Pembelajaran Era Society 5.0. Pramana Jurnal Hasil Penelitian. 1(1):89-97.

Hantoro, W, Rahadian. Hartini, Sri. Prabowo, B, Agung. Siswanti, Rini. (2022). Media Permainan Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMK. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4(1):21-31. DOI: https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2539

Hayashi, H. S. (2017). International Standardization For Smarter Society In The Field Of Measurement, Control And Automation. 56th Annual Conference Of The Society Of Instrument And Control Eng. DOI: https://doi.org/10.23919/SICE.2017.8105723

Hendrianti, D, Syifa. Hidayat, Sholeh. Suherman. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. 6(2):178-184. DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089

Irfan. Jarkawi. Handayani, S, Eka. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi. 3(2): 79-87. DOI: https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.827

Islamiati, S, Tri. Sofah, Rahmi. Harlina. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Layanan Klasikal Bidang Karir Pada Materi Orientasi Masa Depan Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling. 6(1):30-39. DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.8506

Istirahayu, I. Mayasari, D. Fitriyadi, S. Damayanti, Z. (2018). Bimbingan karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan. 2 (2): 139-144. DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i2.372

Jannah, R. Habsy, A, B. Arifah, S. Ridjal, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Ketrampilan Perencanaan Karir Peserta Didik SMK. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia. 2(1).

Kurniasih, Cucu. Bhakti, P, Caraka. (2021). Modul Digital Career Planning Sebagai Alternatif Media Perencanaan Karier Siswa SMA Kelas X. PROSIDING Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami”

Mukaromah, W. Sudadio. Sholih. (2021). Pengembangan Media Video Interaktif Pada Layanan Informasi Karir Siswa SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 6(2) :45-56.

Nuraini, I, Sabrina. (2022). Skripsi tentang Pengembangan Video Rumah Karier Holland Dalam Layanan Kematangan pemilihan Karier Pada Siswa Lamongan. Surabaya. UIN Sunan Ampel.

Özdemir, V. &. (2018). Birth Of Industry 5.0: Making Sense Of Big Data With Artificial Intelligence,“The Internet Of Things” And Next-Generation Technology Policy. Omics: A Journal Of Integrative Biology 22(1) , 65-76. DOI: https://doi.org/10.1089/omi.2017.0194

Pustika, Dewi. (2019). Skripsi Pengembangan Media Layanan Informasi Karir Berbasis Google Classroom Di Sekolah Menengah Kejuruan. Pontianak. Universitas Tanjung Pura.

Rachman, N, B. (2019). Tren Pengembangan Media Dalam Bimbingan Karier SMP: Ulasan Penelitian di Indonesia Pada Tahun 2012-2018. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia. 4(1): 19-22. DOI: https://doi.org/10.26737/jbki.v4i1.872

Ramadani, Restu. (2021). Pengembangan Media Ensiklopedia Karir Bergambar Sebagai Layanan Dasar Untuk Memberikan Wawasan Karier Kepada Peserta Didik SMA Al Huda Jati Agung. Lampaung. UIN Raden Intan Lampung.

Risqiyain, H, Liya. Purwanta Edi. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Informasi Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 4(3): 88-93. DOI: https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p088

Rochani. Wibowo, Y, Bangun. Prabowo, S, Arga. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Career Profession Card Untuk Meningkatkan Wawasan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling (Untirta). 5(1):8-13.

Rokhmah, N. I. (2019). Peran Matematikawan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Teknologi Yang Relevan Menjadi Bagian Integral Dari Kurikulum. Peran Matematikawan Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Teknologi Yang Relevan Menjadi Bagian Integral Dari Kurikulum.

Sari, Kurnia. Istiqoma, A, Vella. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. Juang: Jurnal Wahana Konseling. 2(1). DOI: https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2682

Sitompull, Nelly. Wiyono, D, Bambang. (2019). Pengembangan Media Career Map Untuk Membantu Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri X Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 3(1). DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.846

Skobelev, P., & Borovik, Y. S . (2017). On The Way From Industri 4.0 To Industri 5.0: From Digital Manufactureing To Digital Society. International Scientific Research Journal «Industri4.0» , 307-311.

Sundari, Indah. (2021). Pengembangan Media Animasi Dalam Memberikan Pemahaman Karir Pada Peserta Didik. Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Suprastowo, J. (2020). Pengembangan Media Pinball Basket Tentang Perencanaan Karier Siswa SMA. Eprints-UAD.

Windra. (2021). Pembelajaran Menyambut Era Society 5.0. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Yandri, H. Sujadi, Eko. Juliawati, D. (2021). Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Konsep STIFIn untuk Menghadapi Perilaku Kapitalisme di Era Revolusi Industri 4.0. Educational Guidance and Counseling Development Journal. 4 (2): 58-65.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Nurhayati, N., & Purwoko, B. (2023). Model Pengembangan Media dalam Bimbingan Karier pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Society 5.0 (Ulasan Penelitian di Indonesia pada Tahun 2019 – 2022). Assertive: Islamic Counseling Journal, 2(2), 71–84. https://doi.org/10.24090/j.assertive.v2i2.7544