Kontrol Diri Santri Putra dalam Menginternalisasi Peraturan Pondok Pesantren

Authors

  • Mukhamad Dafa Asadin Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/j.assertive.v2i2.9873

Keywords:

Self-control, Students, Regulations, Islamic Boarding School

Abstract

Self-control is an individual's skill in determining behavior based on certain norms and directing behavior positively. This research aims to determine Putra students' self-control in internalizing the existing regulations at the Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Islamic boarding school. This type of research is qualitative with a phenomenological approach. Data was collected using interviews, observation, and document analysis methods. There were seven subjects in this study. The research results show that the Al-Hikmah 1 Benda Sirampog Islamic boarding school regulations have been implemented, and the male students have self-control in internalizing the different regulations. Self-control plays an important role for students in carrying out Islamic boarding school regulations and achieving the Islamic boarding school's religious and academic education goals. By developing self-control, students can develop more disciplined and responsible attitudes and have the integrity to help form good character and positively impact their lives outside the Islamic boarding school. Kontrol diri merupakan keahlian individu untuk menentukan perilaku berdasarkan norma tertentu serta mengarahkan perilaku ke arah yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontrol diri yang dimiliki santri Putra dalam menginternalisasi peraturan yang ada di pondok pesantren Al- Hikmah 1 Benda Sirampog. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, serta telaah dokumen. Terdapat tujuh subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa peraturan di pondok pesantren Al- Hikmah 1 Benda Sirampog telah dilaksanakan dan kontrol diri yang dimiliki santri Putra dalam menginternalisasi peraturan berbeda- beda. Kontrol diri memainkan peran penting bagi santri dalam menjalani peraturan pondok pesantren dan mencapai tujuan pendidikan agama dan akademik yang ditetapkan oleh pondok pesantren. Pengembangan kontrol diri, santri dapat mengembangkan sikap yang lebih disiplin, bertanggung jawab, dan memiliki integritas untuk membantu membentuk karakter yang baik dan membawa dampak positif dalam kehidupan mereka di luar pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. hadi, Asrori, R. (2021). Buku Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi.

Abdurrahman, A. (2020). Sejarah Pesantren Di Indonesia: Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 4(1), 84–105. https://doi.org/10.35897/intaj.v4i1.388

Affann, F. M. (2014). ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN UNTUK PERMUKIMAN DAN INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). GEOGRAFI, Vol 2, No 1 (2014). http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/geografi/article/view/330

Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(2), 1–6.

Astuti, M. P. (2019). TINGKAT KONTROL DIRI REMAJA TERHADAP PERILAKU NEGATIF (Studi Deskriptif pada siswa kelas VIII SMP Santo Aloysius Turi Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi, 1(1).

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat education (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–135.

Fabiani, J. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Disiplin Siswa Kelas X di SMKN 1 Padang Panjang. Skripsi, 118. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=ehost-live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006

Farid, M. (2014). jurnal KD 1. 3(02), 126–129.

Fata, R. (2020). Pengaruh Dukungan Organisasi dan Kontrol Diri Terhadap Disiplin Kerja Karyawan di PT. X di Kabupaten Sleman. Jurnal Psikologi, 16(2), 28–36. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/743

Furqan, M. (2019). Surau Dan Pesantren Sebagai Lembaga Pengembang Masyarakat Islam Di Indonesia (Kajian Perspektif Historis). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(1), 1. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.5132

Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3091

Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11(1), 5–6. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1555

Hastuti, L. W. (2018). Kontrol Diri dan Agresi : Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 26(1), 42–53. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.32805

Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 175–194. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Muhakamurrohman, A. (1970). Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 109–118. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440

Ningsih, R. (2018). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Disiplin Remaja. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(2), 48. https://doi.org/10.20961/jpk.v2i2.15820

Romadhon, W. I. R. E. (2019). Kontrol Diri Latar Belakang. Jurnal Psikologi, 15(1), 27–33.

Sentana, M. A., & Kumala, I. D. (2017). Agresivitas dan Kontrol Diri pada Remaja di Banda Aceh. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 51–55. https://doi.org/10.17977/um023v6i12017p051

Sukron Na’im, M., & Ashoumi, H. (2020). Dampak Peraturan Pesantren bagi Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al Hamidiyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Journal of Education and Management Studies, 3(4), 53–56.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Asadin, M. D. (2023). Kontrol Diri Santri Putra dalam Menginternalisasi Peraturan Pondok Pesantren. Assertive: Islamic Counseling Journal, 2(2), 57–70. https://doi.org/10.24090/j.assertive.v2i2.9873