MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN KRIPIK SINGKONG DAN PISANG PADA HOME INDUSTRY DESA DI KABUPATEN BANJARNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.1000Keywords:
Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, dan Home Industry.Abstract
Manajemen produksi dan pemasaran memegang peran penting dalam kelangsungan usaha. Sayangnya, banyak wirausaha-wan yang hanya berorientasi untuk memperoleh keuntungan dari pada mengembangkan pasar, produk dan kepuasan konsumen. Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimana home industry kripik singkong dan pisang mampu bertahan di tengah persaingan usaha yang kian kompetitif. Dengan menggunakanmetode penelitian kualitatif-deskriptif dapat diketahui bahwa beberapa home industry kripik singkong dan pisang yang ada di Desa Kaliwungu telah melakukan pengelolaan yang baik pada bidang produksi dan pemasarannya. Dalam bidang produksi, pengelolaan dilakukan terhadap sistem perencanaan dan pengendalian. Adapun dalam bidang pemasaran, home industry yang ada mampu melakukan analisis dan target pasar, menetapkan strategi pemasaran yang sesuai dan pengendalian pemasaran yang tepat untuk mengembangkan pasar dan produk inovatif demi tercapainya tingkat kepuasan konsumen yang lebih tinggi.References
Aditya, Ramadhan. Pesaingan Bisnis, Perusahaan Ponsel Besar Saling Tikam, dalam www.okezone.com, diakses pada 13 Februari 2016.
Aditya, Ramadhan. Pesaingan Bisnis, Perusahaan Ponsel Besar Saling Tikam, dalam www.okezone.com, diakses pada 13 Februari 2016.
Ahyari, Agus. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 1999.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Asdi Mahatsa. 2002.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fauzia, Ika Yunia dan Abdul Kadir Riyadi. Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqasid Al-Syari’ah. Jakarta: Prenada Media Group. 2014.
Gobe, Marc. Emotional Branding: Paradigma untuk Menghubungkan Merek dengan Pelanggan Buku. Jakarta: Erlangga. 2005.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset. 2004.
Intanghina, Pengaruh Budaya Perusahaan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. 2008.
Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press. 2010.
Kotler, Philip dan A. B. Susanto. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. 2001.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. 2001.
Prawirosentono, Suyadi. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Bumi Akasara. 2002.
Prawirosentono, Suyadi. Manajemen Operasi Analsis dan Studi Kasus (Jakarta: Bumi Aksara. 2007.
Prihantoro, Rudy. Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Putong, Iskandar. Economics: Pengantar Ekonomi Mikro Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2013.
Putong, Iskandar. Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2003.
Sarwono. Psikologi Lingkungan. Jakarta: Gramedia. 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2009.
Suryabrata, Sumardi. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.2000.
Swastha, Basu. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.2006.
Tarigan, Robinson. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.
Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2011.
www.bps.go.id/klasifikasi-industri diakses pada 11 Juni 2016.
www.kemenperin.go.id diakses pada 11 Juni 2016
Aditya, Ramadhan. Pesaingan Bisnis, Perusahaan Ponsel Besar Saling Tikam, dalam www.okezone.com, diakses pada 13 Februari 2016.
Ahyari, Agus. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 1999.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: PT Asdi Mahatsa. 2002.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fauzia, Ika Yunia dan Abdul Kadir Riyadi. Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqasid Al-Syari’ah. Jakarta: Prenada Media Group. 2014.
Gobe, Marc. Emotional Branding: Paradigma untuk Menghubungkan Merek dengan Pelanggan Buku. Jakarta: Erlangga. 2005.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset. 2004.
Intanghina, Pengaruh Budaya Perusahaan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. 2008.
Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press. 2010.
Kotler, Philip dan A. B. Susanto. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. 2001.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga. 2001.
Prawirosentono, Suyadi. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Bumi Akasara. 2002.
Prawirosentono, Suyadi. Manajemen Operasi Analsis dan Studi Kasus (Jakarta: Bumi Aksara. 2007.
Prihantoro, Rudy. Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Putong, Iskandar. Economics: Pengantar Ekonomi Mikro Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2013.
Putong, Iskandar. Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2003.
Sarwono. Psikologi Lingkungan. Jakarta: Gramedia. 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2009.
Suryabrata, Sumardi. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.2000.
Swastha, Basu. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.2006.
Tarigan, Robinson. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.
Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2011.
www.bps.go.id/klasifikasi-industri diakses pada 11 Juni 2016.
www.kemenperin.go.id diakses pada 11 Juni 2016
Published
2017-03-29
How to Cite
Saifuloh, N. I. (2017). MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN KRIPIK SINGKONG DAN PISANG PADA HOME INDUSTRY DESA DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(2). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.1000
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).