URGENSI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN AKTIVITAS DAKWAH

Authors

  • Wahyu Budiantoro Pascasarjana Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.949

Keywords:

Management, Strategy, Da’wah

Abstract

Da’wah in practical terms, always in touch with the community. Therefore requires a specific set of supporters in achieving its objectives, namely the setting or the good management and direction. In missionary activity there will be a very complex problem, if no good management, systematic, and purposeful. Implementation of propaganda will work effectively and efficiently when it first be able to identify the problems faced by the community. Then, on the basis of control of the situation and conditions for propaganda, formulate an appropriate plan. The dynamics of the problem requires people with a variety of actors preaching able to devise a proper plan-as the basis of a movement dakwah-, and arrange and organize the subject of preaching in a certain propaganda units. To realize and ground the teachings of Islam in public life, the propaganda must be properly managed, to meet the needs of society. Dakwah dalam tataran praktis, selalu berhubungan dengan masyarakat. Oleh karenanya membutuhkan seperangkap pendukung dalam mencapai tujuan, yaitu pengaturan atau manajemen yang baik dan terarah. Dalam aktivitas dakwah akan timbul masalah yang sangat kompleks, apabila tidak dilakukan manajemen yang baik, sistematis, dan terarah. Penyelenggaraan dakwah akan berjalan dengan efektif dan efisien apabila terlebih dahulu dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat. Kemudian, atas dasar pengendalian situasi dan kondisi tempat untuk dakwah, disusunlah suatu rencana yang tepat. Dinamika masyarakat dengan berbagai problemnya mengharuskan para pelaku dakwah mampu menyusun rencana yang tepat –sebagai dasar dari sebuah gerakan dakwah, dan mengatur dan mengorganisir subjek dakwah ke dalam kesatuankesatuan dakwah tertentu. Untuk mewujukan dan membumikan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan masyarakat, maka dakwah harus dikelola dengan baik, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Masyhur (ed.). 1994. Moralitas Pembangunan: Perspektif Agamaagama di Indonesia. Yogyakarta: LKPSM.

Amin, Samsul Munir. 2008. Rekonsruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Sinar Grafika.

Arif, Saeful Nur dan Iskandar Zulakarnaen. 2008. “Dasar-dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi”, dalam Jurnal Saintikom, Volume 5, No. 2 Agustus, 2008.

Basit, Abdul. 2011. Dakwah Remaja: Kajian Remaja dan Institusi Dakwah Remaja. Purwokerto: STAIN Press.

Basit, Abdul. “Epistimologi Dakwah Fardiyah dalam Perspekti Komunikasi Antarpribadi” dalam Jurnal Komunika Vol. 1. No. 1 Januari-Juni 2007.

Basit, Abdul. 2006. Wacana Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chakim, Sulkhan. “Dakwah Pembangunan (Model Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan)”, dalam Jurnal Ibda’ Vol.2 No1 Jan-Jun 2004.

Effendy, Mochtar. 1986. Manajemen: Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Karya Aksara.

Munir dan Wahyu Ilaihi. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Pertiwi, Puspita Rani. “Manajemen Dakwah Berbasis Mesjid”, dalam Jurnal MD, Volume 1, No. 1 Juli-Desember 2008.

Puspitasari, Dara. “Manajemen Mesjdi Jami’ Nurul Khil’ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih Keagamaan Pada Remaja di Pangkalan Jati Baru”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Raharjo, Dawam (ed.). 1997. Model Pembangunan Qaryah Thayyibah. Jakarta: Intermasa.

Ridla,Muhammad Rasyid. “Perencanaan dalam Dakwah Islam”, dalam Jurnal Dakwah Volume IX, No. 2. Juli-Desember 2008.

Saepul, Asep dan Agus Ahmad. 2003. Metode Penenlitian Dakwah. Bandung: Pustaka Setia.

Suhaimi. 2012. “Dakwah and Communication Programmes in Tertiary Higher Education in Indonesia: A Brief Survey”. dalam Jurnal Islamiyyat 34 2012.

Downloads

How to Cite

Budiantoro, W. (2017). URGENSI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN AKTIVITAS DAKWAH. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 278–291. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.949

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)