Proses Manajemen Strategi untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v17i1.2016.pp28-42Keywords:
Strategis, Observasi, Perencanaan, Implementasi, AssesmentAbstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto, Tujuannya adalah menemukan model dari proses manajemen strategis untuk membangun karakter Islam anak usia dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa manajemen strategis untuk membangun karakter Islam anak usia dini dilakukan melalui empat proses. Pertama, proses pengamatanlingkungan untuk membangun karakter Islam anak usia dini di TK Islam, yang terdiri dari kegiatan analisis lingkungan eksternal (ALE) dan anailis lingkunganinternal yang (ALI). Kedua, proses perencanaan strategis untuk membangun karakter Islam anak usia dini di TK Islam. Ketiga, proses perencanaan strategis untuk membangun karkter Islam anak usia dini di TK Islam. Ketiga, proses pelaksanaan untuk membangun karakter Islam anak usia dini di TK Islam.Keempat, penilaian strategis untuk membangun karakter Islam anak usia dini di TK Islam. Tujuannya adalah program penilaian kinerja guru dalam keberhasilanpembentukan karkter dan perilaku yang ditampilkan oleh anak-anak. Kata kunci: Strategis, Observasi, Perencanaan, Implementasi, Assesment.References
Akdon. 2011. Strategic Management for Educational Management: Manajemen Strategi untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Depag RI.
Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. 2011. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.
Nucci, larry P dan Darcia Narvaez. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusamedia.
Risaldy, Sabil. 2014. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Sitohang, Kasdin, dkk. 2014. Pendidikan Pancasila: Upaya Internalisasi Nilai-nilai Kebangsaan. Jakarta: Grafindo.
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Depag RI.
Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. 2011. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Ilahi, Mohammad Takdir. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.
Nucci, larry P dan Darcia Narvaez. 2014. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusamedia.
Risaldy, Sabil. 2014. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Sitohang, Kasdin, dkk. 2014. Pendidikan Pancasila: Upaya Internalisasi Nilai-nilai Kebangsaan. Jakarta: Grafindo.
Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
2016-04-01
How to Cite
Najib, M., Wiyani, N. A., & Solichin, S. (2016). Proses Manajemen Strategi untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. Jurnal Penelitian Agama, 17(1), 28–42. https://doi.org/10.24090/jpa.v17i1.2016.pp28-42
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).