PENDEKTAN ANTROPOLOGI DALAM MEMAHAMI HADIS “MENCUKUR KUMIS DAN MEMELIHARA JENGGOT” PERSPEKTIF SYUHUDI ISMAIL

Authors

  • humamurrizqi humamurrizqi humamurrizqi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Kata Kunci : Jenggot, Pendekatan Antropologi,Muhammad Syuhusi Ismail

Abstract

Artikel ini menjelaskan “Pemahaman Muhammad Syuhudi Ismail tentang Hadis “Mencukur Kumis dan Memelihara Jenggot dengan Pendektan Antropologi dalam Buku Hadis Nabi Yang Tekstual dan Kontekstualâ€. Salah satu contohnya penelitian hadisnya dengan menggunakan pendekatan antropologi adalah ketika membahas hadis tentang memelihara jenggot dan mencukur kumis. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan data primer berupa buku Hadis Nabi Yang Tekstual dan Kontekstual : Telaah Ma’ani al-Hadis Tentang Ajaran Islam Yang Universal, Temporal, dan Lokal, dan data sekunder diambil dari literatur yang berhubngan dengan topik ini. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, bahwa Muhammad Syuhudi Ismail merupakan seorang akademisi dan ahli hadis yang sangat inklusif, terbukti ketika beliau menyarankan untuk memanfaatkan berbagai teori dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi, psikologi, dan sejarah dalam memahami hadis. Kedua, Muhammad Syuhudi Ismail dalam memahami hadis memelihara jenggot dan kumis sangat kontestual, dan berpendapat bahwa hadis memelihara jenggot dan memotong kumis sebagai salah satu hadis yang bersifat lokal, yang hanya relevan untuk masyarakat Arab dan sejenisnya yang memang secara alami telah dikaruniakan kesuburan dan ketebalan jenggot dan kumis. Ketiga, hadis memelihara jenggot dan memotong kumis tidak relevan di masyarakat Muslim Indonesia, karena pada kenyataannya masyarakat Indonesia tidak dikaruniai tingkat kesuburan jenggot dan kumis seperti halnya masyarakat Arab dan sejenisnya. Kata Kunci : Jenggot, Pendekatan Antropologi, Muhammad Syuhusi Ismail

References

Ismail, Muhammad Syuhudi. 1994. Hadis Nabi Yang Tekstual dan Kontekstual : Telaah Ma’ani al-Hadis Tentang Ajaran Islam Yang Universal, Temporal, dan Lokal, Jakarta : PT Bulan Bintang.
Adibah, Ida Zahara. 2017. Pendekatan Sosiologi Dalam Studi Islam, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni.
Musbikin, Imam. 2016. Instanthiq Al-Qur’an : Pengenalan Studi Al-Qur’an Pendekatan Interdisipliner, Madiun : Jaya Star Nine.
Zuhri. 2016. Filsafat Islam : Sebuah Pengantar, Yogyakarta : FA PRESS.
Mahmudi. 2018. Pemahaman Hadis Tentang Memelihara Jenggot Dalam Konteks Kekinian, Jurnal Studi Hadis Vol. 3, No. 2.
Lihat Ensiklopedia Hadis 9 Imam
An-Naisaburi, Muslim bin Hajjaj Abu Al-Husain al-Qusyairi, Shahih Muslim,
Dahlan, Shaleh. 2017. Asbabun Nuzul : Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al-Qur’an, Diponegoro : CV Penerbit Diponegoro.
Zaki, Muhammad. 2015. Metode Pemahaman dan Pengamalan Hadis Jama’ah Tabligh, Jurnal, Vol. 8, No. 2.
Arifudin, A, Pembaharuan Pemikiran tentang Hadis-Nabi Muhammad saw. di Indonesia: Study atas Pemikiran M. Syuhudi Ismail
Ishaq bin Hj. Sulaiman dan Fithriady Ilyas. 1995 . “Muhammad Syuhudi Ismail”.
Anggoro, Taufan. 2019. Studi Hadis di Indonesia : Kajian Atas hermeneutika Hadis Muhammad Syuhudi Ismail, Tesis, Program Studi Magister Prodi Aqidah dan Filsafat Islam fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Syamsuddin, Shiron. 2010. Hermeneutika Al-Qur’an dan Hadist,,Yogyakarta : Sukses Offest.
Hidayatullah, Muhammad Syarif. 2013. Teori-Teori Masuknya Islam ke Wilayah Indonesia, Jurnal Ilmiah Non Seminar, Program Studi Bahasa Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Rifki Abror Ananda, dan Faizal Amin. 2018. Kedatangan dan Penyebaran Islam di Asia Tenggara : Tela’ah Teoritik Tentang Proses Islamisasi Nusantara, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 18, No. 2.
Budi Santoso. 2006. Bahasa dan Identitas Budaya, Jurnal Sabda, Vol. 1, No. 1.
Nurzaeni. 2011. Studi Kritis Hadis-hadis Yang mempunyai Sebab Husus Pada Buku Nabi Yang Tekstual dan Kontekstual ; Telaah Ma’anil Hadis Tentang Ajaran Islam Yang Universal, Temporal dan Lokal Karya Muhammad Syuhudi Ismail, Skripsi, Program Studi Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah.
Winarno Surakhmad. 1998. pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-05-08

How to Cite

humamurrizqi, humamurrizqi humamurrizqi. (2020). PENDEKTAN ANTROPOLOGI DALAM MEMAHAMI HADIS “MENCUKUR KUMIS DAN MEMELIHARA JENGGOT” PERSPEKTIF SYUHUDI ISMAIL. Jurnal Penelitian Agama, 21(1), 49–64. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/3493

Issue

Section

Articles