PENDIDIKAN BERBASIS NILAI –NILAI PROFETIK DI MIN PURWOKERTO

Authors

  • Dwi Priyanto Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Rifqi Abdul Rosyad Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v18i2.2017.pp387-399

Keywords:

Education, values, prophetic and Islamic elementary school

Abstract

Abstract: The result of research indicates that: 1) Management of education based on prophetic values in MIN Purwokerto Banyumas Regency is implemented as follows: a) The new student recruitment system of MIN Purwokerto is conducted by non-test selection, by interview, the number of new students accepted is limited the amount is in accordance with the capacity of the provided classes are 4 classes or 128 students, because one class maximum of 32 students. b) MIN Purwokerto has Panca Prasetya learners, namely: 1) familiarize and implement the rules and regulations of madrasah, 2) respect the parents and teachers, 3) commitment to maintain the facilities and infrastructure Madrasah, 4) fostering in itself to behave with akhlakul karimah, 5) cooperate and be faithful to friends. Panca prasetya learners is a loyal oath of MIN Purwokerto students to be practiced in everyday life both in the environment of madrasah and in society Prophetic values implanted in students MIN Purwokerto namely: honest, discipline, responsibility, hard work, simple, independent, fair, brave and caring; Keywords: Education, values, prophetic and Islamic elementary school

References

Adz-Dzakiey, H. Bakran. 2005. Propethic intelligence : menumbuhkan potensi hakiki insani melalui pengembangan kesehatan nurani. Yogyakarta : Islamika
Al-Ghazali.t.th. Ihya’ Ulumuddin, Bairut: Darul Fikri.
Arief, Armai.2007. Reformasi Pendidikan Islam. Ciputat: CRSD Press
Arifin, M. 2011. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara
Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Kompas.
Burhanudin, Jajat dan Dina Afriyanti. 2006. Mencetak Muslim Modern, peta Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo
Darajat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional 2004. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi, Balitbang
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta : Departemen Agama RI
Education Center. 2008. Pendidikan karakter Kebangsaan. Yogyakarta: BEM REMA UNY
Fahmi, M. 2005. Islam Transendental; Menelusuri Jejak-jejak Pemikiran Islam Kuntowijoyo. Yogyakarta: Pilar Religia.
Fathi, Muhammad. 2007. Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar. Jakarta Timur: Pustaka Al Kausar
Fisher, Eileen. 2007. Embracing The Prophetic. USA: Destiny Image®Publishers.
Freire, Paulo. 1991. Pendidikan kaum Tertidas. Cet 2. Jakarta: LP3ES.
Fromm, Erich. 1996. Revolusi Harapan: Menuju Masyarakat yang Manusiawi, terj: Kamdani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ikmal, Moh. “Integrasi Pendidikan Profetik (Mengurai Tradisi dan Implemintasi dalam Sistem Pendidikan Indonesia)”. Dalam Jurnal Pelopor Pendidikan,Volume 4, Nomor 1, Januari 2013.
Kementerian Agama RI. 2010. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahannya. Jakarta : PT. Sygma Examedia Arkan Leema
Kuntowijoyo. 1994. Dinamika Sejarah Umat Isalm Indonesia. Yogyakarta: Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar.
________. 1996. Paradigma Islam: Interprestasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan.
________. 1999. “Paradigma Baru Ilmu-Ilmu Islam: Ilmu Sosial Profetik Sebagai Gerakan Intelektual” . Dalan Jurnal Mukaddimah, N0. 7, Tahun V.
________. 2001. Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan.
________. 2002. Periodisasi Sejarah Kesadaran Keagamaan Umat Islam: Mitos, Ideologi dan Ilmu. Dalam Jurnal INOVASI, No. 02 th XI.
________. 2007. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana.
________. 2008. Penjelasan Sejarah (Historical Explanation). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lickona, Thomas,. 1991. Educating for Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books.
Lutfiah. 2013. “Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo” . Yogyakarta: Disertasi UIN Sunan Kalijaga.
Majid, abdul dan Dian Andatani.2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Meleong, L.j. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Muhaimin. 2003. Wacana pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya : Pustaka Pelajar
________. 2008. Paradigma Pendidikan Islam : Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung : Remaja Rosda Karya
________, 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Muhajir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mujib, Abdul & Yusuf Mudzakir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
Mulkhan, A.Munir. 2002. Nalar Spiritual Pendidikan (Solusi problem filosofis Pendidikan Islam). Yogyakarta: PT Tiara Wacana

Nadhirin.2008.Landasan Profetik Pendidikan Islam.(Online).diakses di http://nadhirin.blogspot.com/2008/08/landasan-profetik-pendidikan-islam.html.pada Selasa, 06 Januari 2015
Natta, Abuddin. 2007. Manajemen Pendidikan: mengatasi kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Nata, Abuddin. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Priyo.2010. Pendidikan Islam Profetik : IntegrasiI slam dan Ilmu menuju pendidikan yang Humanis Liberatif dan Transendentif Iman Ilmu Amal.(Online).
Rahman, Abdul. 2012. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam, Tinjauan Epistemologi dan isi-materi. Jurnal Eksis. (Online). Volume.8. No.1. (http://www.karyailmiah.polnes.ac.id) (diakses pada jumat 21 Agustus 2015)
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam : Pengembangan Pendidikan Integratif di sekolah Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta : PT.LkiS
Roqib, Moh. 2011. Prophetic Education: Kontektualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press
Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Roziqin, M. Zainur. 2007. Moral Pendidikan di era Global (pergeseran pola interaksi guru-murid di era global). Malang: AVERROES Press
Roziqin, M.Khoirur.2008. Format Pendidikan Profetik di tengah transfomasi Sosial Budaya (Telaah Kritis Pemikiran Kuntowijoyo). Skripsi. Yogyakarta: UIN SUNAN KALIJAGA
Shafiq, Muhammad. 2000. Mendidik Generasi Baru Muslim : ide dasar, karya dan obsesi Al Faruqi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Shofan, Moh. 2004. Pendidikan berperadigma Profetik : upaa konstruktif membongkar dikotomi sistem pendidikan islam. Yogyakarta: IriSoD
Sholeh, Asrorun Niam. 2004. Reorientasi Pendidikan Islam : mengurai relevansi Al Ghazali dalam konteks kekinian. Jakarta : ELSAS
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA
Sutardi.2012. Pendekatan profetik dalam penerapan pendidikan karakter.(Online).diakses di http://sutardicool.wordpress.com 144
Zeeno, M. Jameel.2005. Resep menjadi pendidik sukses berdasarkan Al-Qur‟an dan teladan nabi. Jakarta: Hikmah PT.Mizan

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Priyanto, D., & Rosyad, R. A. (2017). PENDIDIKAN BERBASIS NILAI –NILAI PROFETIK DI MIN PURWOKERTO. Jurnal Penelitian Agama, 18(2), 387–399. https://doi.org/10.24090/jpa.v18i2.2017.pp387-399

Issue

Section

Articles