Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi Dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204Keywords:
literasi informasi, layanan tugas akhir mahasiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana pihak perpustakaan membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir melalui layanan literasi informasi, perpustakaan mengembangkan berbagai macam layanan seperti melakukan bimbingan sumber refrensi, melakukan penulusuran informasi kompleks, melakukan bimbingan dalam bentuk literasi informasi dengan menyediakan sarana dalam menemukan informasi yang baik dan benar, melalui media online maupun offline. Literasi informasi merupakan kemampuan setiap orang untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang digunakan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa. Sehingga perpustakaan UIN Mataram menyediakan berbagai sumber informasi, baik secara printed maupun secara online yaitu dengan website yang dimilki oleh perpustakaan UIN Mataram. Penulis memakai pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan secara langsung ke informan. Upaya yang dilakukan pihak perpustakaan unuk membantu menyelesaikan tugas akhir mahasiswa ialah melalui Layanan Bookless library, melalui layanan e-jornal dan melalui layanan website perpustakaan UIN Mataram.Downloads
Download data is not yet available.
References
Afifah, Afifah. “KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PENYUSUNAN SKRIPSI: STUDI KASUS DI PRODI PAI FTK UINSA ANGKATAN 2011.” PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.
Andi, Windah, Purwanto Purwanto Putra, Oktaria Renti, and Yulistia Annisa. “Kebutuhan Literasi Informasi Dan Digital Bagi Masyarakat Di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 6, no. 2 (2020): 1–13.
Hasugian, Joner. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. USUpress, 2009.
Nugraha, Ahmad Lukman, Arie Rachmat Sunjoto, and Adib Susilo. “Signifikansi Penerapan Literasi Ekonomi Islam Di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis.” Islamic Economics Journal 5, no. 1 (2019): 143–62.
Pattah, Sitti Husaebah. “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran.” Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 2, no. 2 (2014): 108–19.
Perpustakaan Nasional, R. I. “Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya,” 2015.
Septiyantono, Tri. “Literasi Informasi,” 2014.
Andi, Windah, Purwanto Purwanto Putra, Oktaria Renti, and Yulistia Annisa. “Kebutuhan Literasi Informasi Dan Digital Bagi Masyarakat Di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 6, no. 2 (2020): 1–13.
Hasugian, Joner. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. USUpress, 2009.
Nugraha, Ahmad Lukman, Arie Rachmat Sunjoto, and Adib Susilo. “Signifikansi Penerapan Literasi Ekonomi Islam Di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis.” Islamic Economics Journal 5, no. 1 (2019): 143–62.
Pattah, Sitti Husaebah. “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran.” Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 2, no. 2 (2014): 108–19.
Perpustakaan Nasional, R. I. “Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya,” 2015.
Septiyantono, Tri. “Literasi Informasi,” 2014.
Downloads
Published
2022-01-28
How to Cite
Asnawati, A. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi Dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma’mun, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.