Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi Dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa

Authors

  • Asnawati Asnawati UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204

Keywords:

literasi informasi, layanan tugas akhir mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana pihak perpustakaan membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir melalui layanan literasi informasi, perpustakaan mengembangkan berbagai macam layanan seperti melakukan  bimbingan sumber refrensi, melakukan penulusuran informasi kompleks, melakukan bimbingan dalam bentuk literasi informasi dengan menyediakan sarana dalam menemukan informasi yang baik dan benar, melalui media online maupun offline.  Literasi informasi merupakan kemampuan setiap orang untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang digunakan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa. Sehingga perpustakaan UIN Mataram menyediakan berbagai sumber informasi, baik secara printed maupun secara online yaitu dengan website yang dimilki oleh perpustakaan UIN Mataram. Penulis memakai pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan secara langsung ke informan. Upaya yang dilakukan pihak perpustakaan unuk membantu menyelesaikan tugas akhir mahasiswa ialah  melalui  Layanan Bookless library, melalui layanan e-jornal dan melalui layanan website perpustakaan UIN Mataram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Afifah. “KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PENYUSUNAN SKRIPSI: STUDI KASUS DI PRODI PAI FTK UINSA ANGKATAN 2011.” PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.
Andi, Windah, Purwanto Purwanto Putra, Oktaria Renti, and Yulistia Annisa. “Kebutuhan Literasi Informasi Dan Digital Bagi Masyarakat Di Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu Provinsi Lampung.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 6, no. 2 (2020): 1–13.
Hasugian, Joner. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. USUpress, 2009.
Nugraha, Ahmad Lukman, Arie Rachmat Sunjoto, and Adib Susilo. “Signifikansi Penerapan Literasi Ekonomi Islam Di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis.” Islamic Economics Journal 5, no. 1 (2019): 143–62.
Pattah, Sitti Husaebah. “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran.” Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 2, no. 2 (2014): 108–19.
Perpustakaan Nasional, R. I. “Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya,” 2015.
Septiyantono, Tri. “Literasi Informasi,” 2014.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Asnawati, A. (2022). Literasi Informasi Membantu Meningkatkan Kemampuan Informasi Dalam Proses Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa. Al-Ma Mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6204

Issue

Section

Articles