Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Pencarian Informasi Akademis Siswa SMAN 2 Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.24090/jkki.v4i2.8489Keywords:
Informasi, Informasi Akademis, Kebutuhan Informasi, Media Sosial, Perilaku Pencarian InformasiAbstract
Fokus dari penelitian ini adalah tentang maraknya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi oleh para penggunanya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengaruh dari penggunaan media sosial itu sendiri terhadap perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh siswa-siswi SMAN 2 Cimahi. Selanjutnya, dalam tulisan ini akan dibahas mengenai apa itu media sosial, kebutuhan informasi, perilaku pencarian informasi, faktor yang mendorong tindakan pencarian informasi melalui media sosial, hal-hal yang mempengaruhi perilaku pencarian informasi, serta perilaku pencarian informasi Siswa SMAN 2 Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwasannya terdapat beberapa faktor yang mendorong penggunaan media sosial sebagai sumber informasi. Selain itu, faktor psikologis dan karakteristik sumber informasi menjadi 2 faktor yang dianggap paling mempengaruhi perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh siswa. Dipaparkan juga hasil analisis mengenai perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh Siswa SMAN 2 Cimahi yang mencakup tipe perhatian pasif, pencarian pasif, pencarian aktif, dan pencarian berlanjut.Downloads
References
Ahwan, M. A. (2022). Karakteristik mahasiswa pasacasarjana dalam mencari informasi di perpustakaan perguruan tinggi. Maktabatuna, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mj.v4i1.4265
Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: Media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. JPII, 2(2). https://core.ac.uk/download/pdf/300055495.pdf
Akbar, M. F., & Wasisto, J. (2022). Perilaku pencarian informasi Kelompok Petani Muda Dieng dalam penerapan sistem pertanian modern. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(3), Article 3.
Aprapti, I. A. G., Ginting, R. T., & Premierita, N. P. A. (2017). Analisis kebutuhan informasi pengguna di perpustakaan SMK Negeri 3 Denpasar. Repository UNUD, 1(1), Article 1. https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/19158/
Bidayasari, S. (2018). Perilaku penemuan informasi berdasarkan teori Wilson di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada mahasiswa pascasarjana ilmu perpustakaan dan informasi. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.368
Cahyani, A. D., & Christiani, L. (2015). Pengaruh ketersediaan koleksi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi siswa di perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), Article 2.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79
Doni, F. R. (2017). Perilaku penggunaan media sosial pada kalangan remaja. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2). https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/236881/001.-Perilaku-Penggunaan-Media-Sosial---Jurnal-IJSE-Desember-2017.pdf
Erlianti, G. (2020). Pola Perilaku Pencarian Informasi Generasi Z Berperspektif Ellisian. Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu Dan Perpustakaan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/mkt.v5i1.3135
Erza, E. K. (2020). Analisis kebutuhan informasi generasi z dalam akses informasi di media. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.37108/shaut.v12i1.303
Fatmawati, E. (2015). Kebutuhan Informasi Pemustaka dalam Teori dan Praktek. Info Persadha, 13(1), Article 1.
Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. CV. Pena Persada.
Juhaidi, A., & Syawqi, A. (2016). Perilaku pencarian informasi (information seeking behavior) guru besar IAIN Antasari Banjarmasin. Institut Agama Islam Negeri Antasari. https://idr.uin-antasari.ac.id/7309/1/perilaku%20pencarian%20informasi%20full.pdf
Kemp, S. (n.d.). Digital in Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. Retrieved May 28, 2023, from https://datareportal.com/digital-in-indonesia
Marchamah, D. N. S., & Jayadilaga, F. R. (2022). Pengaruh social media terhadap perilaku pencarian informasi kesehatan pada remaja. JOURNAL OF BAJA HEALTH SCIENCE, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i02.2200
Marsal, A., & Hidayati, F. (2018). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap kinerja pegawai di lingkungan UIN Suska Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i1.5630
Meilinda, N., Prabujaya, S. P., & Murti, K. (2017). Pola pencarian informasi tentang reproduksi seksual pada mahasiswa Universitas Sriwijaya. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.25008/pknk.v1i1.75
Monica, V., & Rosari, R. B. (2020). Penggunaan media sosial pada mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya. Scriptura, 9(2), 71–81. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.71-81
Nihayati, N., & Laksmi, L. (2020). Perilaku pencarian informasi pekerjaan oleh sarjana fresh graduate dengan analisis Model Wilson. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/bip.v16i1.171
Nurrahmi, F., & Syam, H. M. (2020). Perilaku informasi mahasiswa dan hoaks di media sosial. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9215
Rachman, M. A. (2019). Nilai, norma dan keyakinan remaja dalam menyebarkan informasi sehari-hari di media sosial. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/jipi.v4i1.4110
Riyadiningsih, H. (2015). Faktor determinan kondisi psikologis individu dalam pengambilan keputusan. Probisnis, 8(2), Article 2. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/probisnis/article/view/362
Rohmiyati, Y. (2018a). Analisis penyebaran informasi pada sosial media. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(1), Article 1.
Rohmiyati, Y. (2018b). Model Perilaku Pencarian Informasi Generasi Milenial. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.14710/anuva.2.4.387-392
Rubiyati, R., Asrori, M., & Wicaksono, L. (2018). Pengaruh pemanfaatan media sosial instagram terhadap kreativitas belajar pada remaja kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(5), Article 5. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i5.25681
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14062/1/Buku%20-%20Metode%20Penelitian%20Pendidikan%20%282020%29.pdf
Tunggadewi, A. M. (2022). Potensi Digital Natives Dalam Representasi Literasi Informasi Multimedia Berbasis Web di Perguruan Tinggi. Jurnal Informasi dan Humas, 1(1), Article 1. https://ojs2.relawanjurnal.id/index.php/jih/article/view/113
Urrohman, A. (2018). Pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku siswa dalam mencari informasi di SMPN 2 Lohbener [BachelorThesis, Jakarta : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42401
Widada, C. K. (2018). Mengambil manfaat media sosial dalam pengembangan layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130
Widiyastuti. (2016). Perbandingan teori perilaku pencarian informasi menurut Ellis, Wilson dan Kuhlthau. Jurnal Pustaka Budaya, 3(2), Article 2.
Yang, Y., Xu, J., Fan, Z.-P., & Land, L. P. W. (2023). Exploring users’ content creation and information dissemination behavior in social media: The moderating effect of social presence. Acta Psychologica, 233, 103846. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.103846
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatih Aulia Rahman, Angga Hadiapurwa, Hafsah Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.