Pengaruh Kualitas Informasi pada Website Terhadap Minat Akses Konten: Studi Kasus pada Website Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
DOI:
https://doi.org/10.24090/jkki.v4i1.7874Keywords:
content, librarian, websiteAbstract
A B S T R A C T Libraries in the present era are faced with millennial users who have a lifestyle that is very much the opposite of the previous generation so that libraries also experience a transformation in serving users. The characteristics of users are very different so that librarians must understand their habits, behavior, passions and lifestyle. With this research it is hoped that it will be known to what extent users have used the UAJY library website as an effort to support their study performance. By understanding this research, the UAJY library will know to what extent the benefits of this website service and how users perceive the services provided to be considered by the library in managing the UAJY library website. With the hypothesis that there is a positive relationship between interest in access to the quality of service information through the UAJY library website and there is a positive relationship between onsite visits to the information quality/clarity of information on the UAJY library website, this research will prove that the library website is able to answer the needs of users. From this research, the researcher can conclude that the information presented on the UAJY library website is of high quality with the characteristics of the level of community trust in the software on the website. The content of the UAJY library website is crucial and it is the commitment of the managers to always update content and interactive factors. Communication between users and librarians is crucial to get attention so that there is a guarantee that any user difficulties in information can find a way out through good communication relationships. well with the UAJY librarian. Keywords: content; librarian; website ABSTRAK Perpustakaan dalam masa kekinian dihadapkan dengan pemustaka milenial yang memiliki gaya hidup yang sangat bertolak belakang dengan generasi sebelumnya sehingga perpustakaan pun mengalami transformasi dalam melayani pemustaka. Karakteristik pemustaka menjadi sangat berbeda sehingga pustakawan harus memahami kebiasaan, perilaku, passion dan juga gaya hidup mereka Dengan penelitian ini diharapkan akan diketahui sampai sejauh mana para pemustaka telah menggunakan website perpustakaan UAJY sebagai upaya untuk mendukung kinerja studi mereka. Dengan memahami penelitian ini pihak perpustakaan UAJY akan mengetahui sampai seberapa besar manfaat dari layanan website ini serta bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan yang diberikan agar menjadi pertimbangan pihak perpustakaan dalam mengelola website perpustakaan UAJY. Dengan hipotesis bahwa ada hubungan positif antara minat akses terhadap kualitas informasi layanan melalui website perpustakaan UAJY dan ada hubungan positif antara kunjungan onsite terhadap kualitas informasi/kejelasan informasi yang ada pada website perpustakaan UAJY, maka dalam penelitian ini akan dibuktikan bahwa website perpustakaan mampu menjawab kebutuhan pemustaka. Dari penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa informasi yang disajikan pada website perpustakaan UAJY berkualitas dengan ciri-ciri tingkat kepercayaan civitas terhadap software pada website tetap mendapatkan prioritas utama sehingga pemeliharaan maintenance dan upaya-upaya pemeliharaan agar website terbebas dari hack terus menerus untuk dilakukan oleh pengelola serta konten website perpustakaan UAJY merupakan hal yang krusial dan menjadi komitmen dari para pengelola untuk selalu memperbarui konten dan faktor interaktif komunikasi antara pemustaka dan pustakawan merupakan hal yang krusial untuk mendapatkan perhatian sehingga ada jaminan bahwa setiap kesulitan pemustaka dalam informasi dapat ditemukan jalan keluar melalui hubungan komunikasi yang baik dengan pustakawan UAJY. Kata kunci: konten; pustakawan; websiteDownloads
References
Creswell, John W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DeLone, W., & McLean, E. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
Dwi Putra, K. A., Suhartika, I. P., Haryanti, N. P. P., & Pramestisari, N. A. S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Web Perpustakaan Universitas Udayana Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Webqual 4.0. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 14(2). jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/view/5032/2456
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya (1st ed.). Kencana.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana. Prenadamedia Group.
Laksmi, V. (2001). Studi Tentang Pemanfaatan Koleksi Majalah Ilmiah di Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana. Universitas Padjajaran.
Naja, N.-U. (2020). Website sebagai Sarana Promosi Perpustakaan di SMA N 1 Jogjakarta. Al-Ma’mun: Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.24090/jkki.v1i1.4048
Rizaty, Monavia Ayu. 2023. Pengguna Internet di Indonesia Sentuh 212 Juta pada 2023. Diakses pada 28 Maret 2023 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023
Rufaidah, V. W. dkk. (2021). Ke Perpustakaan Kuy! (Jilid 1). Ay Publisher.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Susiati, Anastasia Tri. (2022). Metaverse Diseminasi Dokumen dan Pewartaan Gereja. Majalah Praba Maret 1 2022 Tahun 72 No 5 .36-37.
Tapscott, Don. 2008. Grown Up Digital : How the Net Generation is Changing the World. New York : Mc Graw Hill
Downloads
Published
Versions
- 2023-05-29 (2)
- 2023-05-24 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Nugrohoadhi, Catharina Esmi Triningsih, YMV Agung Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.