Peran Akun Tiktok @jadipenulismuda Sebagai Sumber Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU Berbasis Literasi Digital

Authors

  • Aliza Kamal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Anang Anas Azhar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Abdi Mubarak Syam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.24090/jkki.v5i1.8503

Keywords:

literasi digital, generasi z, informasi, media sosial, tiktok

Abstract

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang paling populer dengan fitur yang disediakan berupa video dan foto yang menarik. Tiktok selain digunakan sebagai sarana hiburan juga dapat berfungsi sebagai media pendidikan literasi digital yang menjadi sumber informasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji peran akun Tiktok @jadipenulismuda sebagai sumber informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU berbasis Digital Literacy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terhadap isi akun @jadipenulismuda, serta wawancara pemilik akun @jadipenulismuda dengan dua mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa handphone. Analisis data dilakukan dengan meringkas seluruh data hasil wawancara, kemudian data tersebut dipilah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel dan pada tahap akhir dilakukan pengecekan silang antar informan. Hasil penelitian menemukan bahwa akun Tiktok @jadipenulismuda juga berperan sebagai sumber informasi publik, khususnya oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU. Hal ini terlihat dari para siswa yang telah mem-follow akun @jadipenulismuda merasakan dampak peningkatan kemampuan menulis dan rasa ingin tahu mereka terhadap buku dan informasi lainnya. Upaya yang dilakukan akun @jadipenulismuda dalam menyajikan informasi adalah teori information repackaging dimana informasi yang sudah ada dikemas kembali menjadi bentuk baru yang semakin menarik perhatian publik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv. Syakir Media Press.

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Arti, M. (2020). Tantangan Sekolah Dan Peran Guru Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bahasa Yang Efektif Di Era 4.0 Menuju Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference On Business, Social Sciences And Innovation Technology, 1(1), 565–572.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. Https://Doi.Org/10.31294/Khi.V12i1.10132

Emzir, M., & Pd, M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.

Fatmawati, E. (2009). Kemas Ulang Informasi: Suatu Tantangan Bagi Pustakawan. Media Pustakawan, 16(1&2), 23–27.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V10i2.31443

Fitriyana, F., & Husna, J. (2022). Pemanfaatan Media Audio Podcast Sebagai Sarana Kemas Ulang Informasi. Information Science And Library, 3(2), 77–78.

Gusmao, T. (2022). Analisis Video Comments To Video Likes Ratio Tiktok Pada 5 Gamer Indonesia Yang Memiliki Jutaan Pengikut Di Youtube.

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183.

Irfan, M. (2022). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Informasi Berita (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara, Kecamatan Bahorok, Langkat). Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 172–177.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 12(01).

Kusmiaji, I. G. N. K., Laksono, K., & Amri, M. (2022). Media Sosial “Tiktok” Sebagai Puisi Kreatif Berbasis Literasi Digital.

Maretti, L. (2022). Kemas Ulang Informasi Pohon Industri Berbasis Google Sites Di Pddi Lipi. Informatio: Journal Of Library And Information Science, 2(2), 103–122.

Nashihuddin, W. (2021). Strategi Kemas Ulang Informasi Untuk Peningkatan Pelayanan Perpustakaan Di Era New Normal. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 59–78.

Pardianti, M. S. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th Ed.). Alfabeta, Cv.

Rahardaya, A. K. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200–1214.

Suhardiman, A. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42–53.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Kamal, A., Azhar, A. A., & Syam, A. M. (2024). Peran Akun Tiktok @jadipenulismuda Sebagai Sumber Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU Berbasis Literasi Digital. Al-Mamun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.24090/jkki.v5i1.8503

Issue

Section

Articles