Peran Akun Tiktok @jadipenulismuda Sebagai Sumber Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU Berbasis Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.24090/jkki.v5i1.8503Keywords:
literasi digital, generasi z, informasi, media sosial, tiktokAbstract
Tiktok merupakan salah satu media sosial yang paling populer dengan fitur yang disediakan berupa video dan foto yang menarik. Tiktok selain digunakan sebagai sarana hiburan juga dapat berfungsi sebagai media pendidikan literasi digital yang menjadi sumber informasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji peran akun Tiktok @jadipenulismuda sebagai sumber informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU berbasis Digital Literacy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terhadap isi akun @jadipenulismuda, serta wawancara pemilik akun @jadipenulismuda dengan dua mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa handphone. Analisis data dilakukan dengan meringkas seluruh data hasil wawancara, kemudian data tersebut dipilah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel dan pada tahap akhir dilakukan pengecekan silang antar informan. Hasil penelitian menemukan bahwa akun Tiktok @jadipenulismuda juga berperan sebagai sumber informasi publik, khususnya oleh mahasiswa Ilmu Perpustakaan UINSU. Hal ini terlihat dari para siswa yang telah mem-follow akun @jadipenulismuda merasakan dampak peningkatan kemampuan menulis dan rasa ingin tahu mereka terhadap buku dan informasi lainnya. Upaya yang dilakukan akun @jadipenulismuda dalam menyajikan informasi adalah teori information repackaging dimana informasi yang sudah ada dikemas kembali menjadi bentuk baru yang semakin menarik perhatian publik.Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv. Syakir Media Press.
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.
Arti, M. (2020). Tantangan Sekolah Dan Peran Guru Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bahasa Yang Efektif Di Era 4.0 Menuju Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Bulele, Y. N. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference On Business, Social Sciences And Innovation Technology, 1(1), 565–572.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun Tiktok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. Https://Doi.Org/10.31294/Khi.V12i1.10132
Emzir, M., & Pd, M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.
Fatmawati, E. (2009). Kemas Ulang Informasi: Suatu Tantangan Bagi Pustakawan. Media Pustakawan, 16(1&2), 23–27.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V10i2.31443
Fitriyana, F., & Husna, J. (2022). Pemanfaatan Media Audio Podcast Sebagai Sarana Kemas Ulang Informasi. Information Science And Library, 3(2), 77–78.
Gusmao, T. (2022). Analisis Video Comments To Video Likes Ratio Tiktok Pada 5 Gamer Indonesia Yang Memiliki Jutaan Pengikut Di Youtube.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183.
Irfan, M. (2022). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Informasi Berita (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara, Kecamatan Bahorok, Langkat). Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 172–177.
Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 12(01).
Kusmiaji, I. G. N. K., Laksono, K., & Amri, M. (2022). Media Sosial “Tiktok” Sebagai Puisi Kreatif Berbasis Literasi Digital.
Maretti, L. (2022). Kemas Ulang Informasi Pohon Industri Berbasis Google Sites Di Pddi Lipi. Informatio: Journal Of Library And Information Science, 2(2), 103–122.
Nashihuddin, W. (2021). Strategi Kemas Ulang Informasi Untuk Peningkatan Pelayanan Perpustakaan Di Era New Normal. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 59–78.
Pardianti, M. S. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187–210.
Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th Ed.). Alfabeta, Cv.
Rahardaya, A. K. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200–1214.
Suhardiman, A. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42–53.
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aliza Kamal, Anang Anas Azhar, Abdi Mubarak Syam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.