Hubungan Pengetahuan Guru Tentang Perpustakaan dengan Kreatifitas dalam Mengelola Perpustakaan

Authors

  • Nurmalina Syafran Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sopan Sriwijayanto UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6159

Keywords:

pengetahuan, kreativitas, perpustakaan

Abstract

Kreativitas merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh individu atau seseorang untuk memecahkan masalah dengan cara yang baru dan bermanfaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena objek yang diteliti dalam penelitian kualitatif lebih bersifat interaktif atau saling mempengaruhi antar variabel (variabel X dan Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru tentang perpustakaan dan kreativitas dalam mengelola perpustakaan, serta hubungan pengetahuan tentang perpustakaan dengan kreativitas dalam mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 09 Payaraman di Desa Seri Kembang I, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan guru tentang perpustakaan sudah cukup baik, pengelolaan sudah cukup baik dan juga dengan pengetahuan yang cukup maka guru pengelola perpustakaan dapat mengeluarkan kreativitas berupa pemberian nomor klasifikasi bahan pustaka dengan cara baru dan mengeluarkan kebijakan membaca di rumah untuk meningkatkan minat baca siswa. Berdasarkan hasil yang di dapatkan terdapat hubungan interaktif antara pengetahuan guru dengan kreativitas dan krativitas guru dengan pengetahuan. (1) Pengetahuan Guru dapat menjadi kreativitas (2) Kreativitas guru dalam mengelola dapat menjadi pengetahuan baru bagi Pengelola Perpustakaan lain. Kata Kunci: pengetahuan, kreativitas, perpustakaan Abstract Creativity is an individual's ability to solve problems in new and useful ways. This study uses a qualitative descriptive approach because the object studied in qualitative research is more interactive or influences each other between variables (variables X and Y). This study aims to determine teacher knowledge about libraries and creativity in managing libraries, as well as the relationship between library knowledge and creativity in managing the 09 Payaraman State Elementary School Library in Seri Kembang I Village, Payaraman District, Ogan Ilir Regency, South Sumatra. The results of this study indicate that teacher knowledge about libraries is good enough, management is good enough and also with sufficient knowledge, library management teachers can issue creativity in the form of giving library materials classification numbers in new ways and issuing reading policies at home to increase reading interest. student. Based on the results obtained, there is an interactive relationship between teacher knowledge and creativity and teacher creativity and knowledge. (1) Teacher knowledge can become creativity (2) Teacher creativity in managing can be new knowledge for other library managers. Keywords: knowledge, creativity, library, teacher-librarian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Syafran, N., & Sriwijayanto, S. (2022). Hubungan Pengetahuan Guru Tentang Perpustakaan dengan Kreatifitas dalam Mengelola Perpustakaan. Al-Ma Mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 3(1), 44–55. https://doi.org/10.24090/jkki.v3i1.6159

Issue

Section

Articles