Upaya Promosi Perpustakaan Melalui Instagram @bacaditebet

Authors

  • Tarisa Marsela Universitas Padjadjaran
  • Sukaesih Sukaesih Universitas Padjadjaran
  • Asep Saeful Rohman Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.24090/jkki.v5i1.10841

Keywords:

Strategi Promosi, Instagram, Marketing Public Relation, Perpustakaan Baca di Tebet

Abstract

ABSTRACT Instagram is a social media platform that can be used as a medium for promotion. The same is true for the Reading Library in Tebet which uses Instagram as a medium for promoting its library. This study aims to determine the pull strategy, push strategy, and pass strategy used by the Marketing Public Relations of the Reading Library in Tebet in promoting on Instagram, as well as the reasons for using Instagram as a promotional tool. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques in this study used interviews, observations, and documentation. The results of this study found that the Reading Library in Tebet can easily promote its services because its librarians already have qualities that exceed the capacity of ordinary librarians, so that just by promoting through word of mouth, the Reading Library in Tebet can be easily and quickly recognized by the public, even before the library is opened to the public. It was also found that the Reading Library in Tebet also promotes via its Instagram by collaborating with communities, creating daily content, collaborating with influencers, reuploading content from its followers, promoting book collections, and holding discounts for becoming monthly members. Keywords:  Promotion Strategy, Instagram, Marketing Public Relation, Baca di Tebet Library.   ABSTRAK Instagram merupakan platform di media sosial yang dapat digunakan sebagai media untuk melakukan promosi. Sama halnya dengan Perpustakaan Baca di Tebet yang menggunakan Instagram sebagai media promosi perpustakaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pull strategy, push strategy, dan pass strategy yang digunakan Marketing Public Relations Perpustakaan Baca di Tebet dalam melakukan promosi di instagram, serta alasan menjadikan Instagram sebagai alat promosinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Perpustakaan Baca di Tebet dapat dengan mudah melakukan promosinya diakrenakan pustakawannya yang sudah memiliki kualitas diri melebih kapasitas pustakwan biasanya, sehingga hanya dengan melakukan promosi melalui mulut ke mulut Perpustakaan Baca di Tebet dapat dengan mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat, bahkan sebelum perpustakaannya dibuka untuk umum. Didapati pula bahwa Perpustakaan Baca di Tebet juga melakukan promosi melalui Instagramnya dengan melakukan kerjasama bersama komunitas, membuat daily content, melakukan kolaborasi dengan influencer, melakukan reupload konten dari pengikutnya, melakukan promosi koleksi buku, dan mengadakan diskon untuk menjadi anggota bulanan. Kata Kunci: Strategi Promosi, Instagram, Marketing Public Relation, Perpustakaan Baca di Tebet.

References

Adhyriza, Faizal Ahmad. (2015). Strategi Promosi Perpustakaan Khusus (Studi Pada Bank Indonesia Surabaya). Diss. Brawijaya University.

Annur Mutia, Cindy. (2023). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Diakses pada 08 Januari 2024 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-didunia.

Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Gaffar, Vanessa. (2007). MPR dan CRM Hotel. Bandung: Alfabet.

Hardiana, Nurvita. (2016). Strategi Promosi Perpustakaan Daerah Di Kabupaten Purworejo. Hanata Widya 5.5.

Kotler, Amstrong. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mauludianah. (2019). Analisis strategi pemasaran tabungan mabrur di bank syariah mandiri kcp pandaan pasuruan. Jurnal Ekonomi Islam. Universitas Yudharta Pasuruan.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktarisa, Cantika Tasti. 2023. Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research 2.02 Desember: 146-154.

Rahadian, Gallint, Rohanda Rohanda, and Rully Khairul Anwar. 2014. Peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan budaya gemar membaca. Jurnal kajian informasi & perpustakaan 2.1: 47-56.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Marsela, T., Sukaesih, S., & Rohman, A. S. (2024). Upaya Promosi Perpustakaan Melalui Instagram @bacaditebet. Al-Ma Mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.24090/jkki.v5i1.10841

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.