PROGRAM PENGAJARAN KOKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) SISWA DI MTS TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS

Penulis

  • Yogik Delta Hermawan Pascarsarjana IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4267

Kata Kunci:

Teaching, Co-curricular, Emotional Quotient

Abstrak

Emotional Quotient merupakan sebuah kemampuan yang sudah seharusnya dimiliki oleh masing-masing siswa. Karena emotional quotient di dalamnya terdapat proses menjinakkan emosi dan mengarahkannya kepada hal-hal yang positif, untuk itu diperlukan sebuah program dalam dunia pendidikan yang mampu merespon hal tersebut. Penelitian ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan program pengajaran kokurikuler dalam meningkatkan kemampuan emotional quotient siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, dan siswa. Sedangkan data sekunder yaitu buku dan jurnal penelitian yang relevan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran kokurikuler dapat meningkatkan kemampuan EQ siswa. Ini terbukti dengan siswa yang sering mengikuti program ini memiliki rasa menghargai yang tinggi, bertanggung jawab, empati, dan memiliki motivasi tinggi. Sedangkan siswa yang jarang mengikuti program kokurikuler cenderung acuh tak acuh dan motivasi rendah. Faktor pendukung pelaksanaan program kokurikuler yaitu kompetensi guru yang berkualitas, sarana dan prasarana, dan monitoring dari kepala madrasah. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu masih kurangnya tenaga pendidik, waktu pelaksanaan, dan faktor non teknis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aka Hawari. (2012). Guru Yang Berkarakter Kuat. Jakarta: Laksana.

Fathorrahman. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen. Akademika: Vol. 15 No. 1, Edisi 1 Januari 2017. http://jurnal.stieimalang.ac.id/index.php/JAK/article/download/67/33

Islamuddin Haryu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press.

Jihad Asep., & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mudyaharjo Redja. (2013). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan Di Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Narwanti Sri. (2016). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Nurtanto Muhammad. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8975

Setyono, Hendro Ari dkk. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Syah Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh Uzzer., & Lilis Setiawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahab dkk. (2011). Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama.

Diterbitkan

2020-11-24

Cara Mengutip

Hermawan, Y. D. (2020). PROGRAM PENGAJARAN KOKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) SISWA DI MTS TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 270–283. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4267

Terbitan

Bagian

Articles