PROGRAM PENGAJARAN KOKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) SISWA DI MTS TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4267Kata Kunci:
Teaching, Co-curricular, Emotional QuotientAbstrak
Emotional Quotient merupakan sebuah kemampuan yang sudah seharusnya dimiliki oleh masing-masing siswa. Karena emotional quotient di dalamnya terdapat proses menjinakkan emosi dan mengarahkannya kepada hal-hal yang positif, untuk itu diperlukan sebuah program dalam dunia pendidikan yang mampu merespon hal tersebut. Penelitian ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan program pengajaran kokurikuler dalam meningkatkan kemampuan emotional quotient siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, dan siswa. Sedangkan data sekunder yaitu buku dan jurnal penelitian yang relevan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran kokurikuler dapat meningkatkan kemampuan EQ siswa. Ini terbukti dengan siswa yang sering mengikuti program ini memiliki rasa menghargai yang tinggi, bertanggung jawab, empati, dan memiliki motivasi tinggi. Sedangkan siswa yang jarang mengikuti program kokurikuler cenderung acuh tak acuh dan motivasi rendah. Faktor pendukung pelaksanaan program kokurikuler yaitu kompetensi guru yang berkualitas, sarana dan prasarana, dan monitoring dari kepala madrasah. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu masih kurangnya tenaga pendidik, waktu pelaksanaan, dan faktor non teknis.Unduhan
Referensi
Fathorrahman. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen. Akademika: Vol. 15 No. 1, Edisi 1 Januari 2017. http://jurnal.stieimalang.ac.id/index.php/JAK/article/download/67/33
Islamuddin Haryu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jember: STAIN Jember Press.
Jihad Asep., & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mudyaharjo Redja. (2013). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan Di Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Narwanti Sri. (2016). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Nurtanto Muhammad. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8975
Setyono, Hendro Ari dkk. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Syah Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh Uzzer., & Lilis Setiawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahab dkk. (2011). Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: Robar Bersama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).