IMPLEMENTASI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Penulis

  • Latifatul Fauzia Pascasarjana IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199

Kata Kunci:

Keywords: Methods, learning start with a question, learning akidah akhlak

Abstrak

Kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tersebut. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru mata pelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul HudaWonorenggo Karanganyar Demak serta satu peserta didik perempuan kelas X IPA 1. Data-data tentang implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak dikumpulkan dengan teknik wawancara atau interview, observasi, dan menggunakan studi dokumentasi. Setelah peneliti terjun langsung ke lapangan dan mengumpulkan data-data secara akurat serta menganalisisnya, maka hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, metode learning start with a question merupakan sebuah metode inovasi dalam pembelajaran yang dapat menciptakan situasi dan kondisi peserta didik jauh lebih aktif dalam belajar serta dapat mengembangkan kemampuan bertanya tentang materi akidah akhlak yang diberikan. Implementasi metode learning start with a question pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak sudah diimplementasikan dengan baik. Kedua, Faktor-faktor pendukung metode tersebut yaitu: dari mediator atau pendidik, faktor peserta ddik, kelebihan dari metode learning start with a question itu sendiri dan sarana prasarana misalnya media pembelajaran yang digunakan. Adapun ketiga, faktor-faktor penghambatnya yaitu: waktu yang sangat terbatas dan faktor dari peserta didik.   Kata Kunci: Metode, learning start with a question, pembelajaran akidah akhlak  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwi, Said."Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran," Jurnal Itqan 8, no. 2 (2017)- 15 Oktober, 2019- https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65.
Amri, Reisa Farida dan Triani Ratnawuri, “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Kewirausahaansiswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016,” Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi 4, no. 1 (2016)- 15 Oktober, 2019- http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/475/42.
Anggresta, Vella, Busthari Mucthar, dan Marwan. “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang,” Jurnal Pakar Pendidikan 14, no. 1 (2016)- 17 November, 2019 - http://ejournal.stkippgrisumbar.ac.id/index.php/economica/article/download/325/1.
Ardy Novan dan Barnawi. Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016, 185.
Arifin. Upaya Menjadi Guru Profesional. Bandung: ALFABETA, 2017.
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123.
Aristin, Nevy Farista. “Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Anak Putus Sekolah Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecaatan Bondowoso,” Jurnal Pendidikan Geografi 20, no. 1 (2015)- 17 November, 2019- http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikangeografi/article/viewFile/5009/1763.
Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Daradjat, Dzakiyah. Metodik khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Djamarah, Saiful. Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Ernidalisma. “Penerapan Metode Pembelajaran Learning Start with a Question untuk Meningkatkan Hasil Blajar Matematika pada Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016,” Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora 1, no. 1 (2015)- 18 November, 2019- http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/suaraguru/article/download/2027/1381.
Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia: 2011.
Hamruni. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif- Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009). Hardivizon. “Metode Pembelajaran Rasulullah Saw (Telaah Kualitas dan Makna Hadis),” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017)- 12 Desember, 2019- http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/download/287/198.
Kadir, Abdul. Dasar-dasar Pendidikan . Jakarta: Kencana Prenadamedia Group: 2014.
Kurniawan, Indra, Agus Wahyuddin, dan Yati Nurhayati. “Implementasi Customer Relationship Management Pada Penjualan di Koperasi Mawar Garawangi,” Jurnal Teknologi Informasi 10, no. 2 (2016)- 03 Desember, 2019 https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom/article/download/996/700.
Muammar, dan Suhartina. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak,” Kuriositas: Jurnal Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan 11, no. 2 (2018)- 20 November, 2019- https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/kuriositas/article/download/728/491
Muchit, Saekhan. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Group, 2008.
Muslicha, Anisa. “Metode Pengajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata DKI Jakarta),” JurnalPendidikan 16, no. 2 (2015)- 25 November, 2019- http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/download/342/318.
Nopi dan Iin Nurbudiyani, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Start with a Question pada Perserta Didik,” Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3, no. 1 (2017) – 12 Oktober2019http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/neraca/article/download/932/849.
Pradana, Lingga Nico. “Keefektivan Metode Learning Starts with a Question pada Pembelajaran Geometri’, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2016)- 15 Oktober 2019- http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/download/2715/1763.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Qolbiyyah, Shofwatal. “Penerapan Metode LSQ (Learning Start with a Question) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Sumbula 4, no. 1 (2019)- 12 Oktober 2019 http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3656.
Rahmat, Didin. "Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Kabupaten Kuningan," Jurnal Unifikasi 04, no. 1 (2017) – 28 November, 2019- https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/unifikasi/article/download/478/396.
Riyani, Yani. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak),” Jurnal Eksos 8, no. 1 (2015)- 23 Februari, 2020- http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/354.
Rosida, Nala, dan Moh. Turmudi. “Metode Collaborative untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi al-Qur’an Hadist Kelas X IPS 2 MA Al Mahrusiyah,” el-Bidayah: Jurnal of Islamic Elementary Education 1, no. 1 (2019)- 05 Desember, 2019- https://ejournal.iaitribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/download/675/471.
Sarani, Dimas Ahmad. “Metode Pengajaran dalam Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Al-Fatih 4, no. 1 (2015)- 05 Desember, 2019- http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alfatih/article/view/1266/897.
Sari, Eka Fitri Puspa. “Pengaruh Kemempuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Metode Pembelajaran Learning Starts with a Question,” Jurnal Mosharafa 6, no. 1 (2017)- 07 November, 2019- https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/viewFile/mv6n1_3/296.
Silberman. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nusamedia, 2006.
Sudarman, Satrio Wicaksono dan Ira Vahlia, "Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa," Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2016) - 12 Oktober 2019 http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/aljabar/article/viewFile/42/36.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Suryadarma, Yoke dan Ahmad Hifdzil Haq, "Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali," Jurnal At-Ta’dib 10, no. 2 (2015)- 17 November, 2019- http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/viewFile/460/417.
Suryawati, Dewi Prasari. “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul,” Jurnal Pendidikan Madrasah 1, no. 2 (2016) - 15 oktober, 2019- http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/1218/1106.
Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Widyanto, Putri. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Saintifik di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya,” Jurnal Studi Agama 2, no. 1 (2019- 25 November 2019, https://download.atlantispress.com/article/55910636.pdf

Diterbitkan

2020-11-20

Cara Mengutip

Fauzia, L. (2020). IMPLEMENTASI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 240–269. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199

Terbitan

Bagian

Articles