PENDIDIKAN ISLAM BERKEMAJUAN DALAM PEMIKIRAN HAEDAR NASHIR
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4194Kata Kunci:
Pendidikan Islam Berkemajuan, Haedar NashirAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Konsep Pendidikan Islam Berkemajuan Dalam Pandangan Haedar Nashir. Fokus Penelitian yang dikaji yaitu Bagaimana Pandangan Haedar Nashir terkait konsep Pendidika Islam Berkemajuan. Jenis penelitian ini adalah library research yaitu suatu penelitian kepustakaan murni. Dengan demikian pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi yang mencari data mengenai hal-hal atau variabel-variabel yang berupa catatan seperti buku-buku, majalah, dokumen, artikel, perkataan-perkataan, notulen harian, catatan rapat dan sebagainya.Unduhan
Referensi
Amirrachman, Alpha. Dkk. 2015. Islam Berkemajuan Untuk Peradaban Dunia, Refleksi dan Agenda Muhammadiyah Ke Depan. Bandung: Mizan.
Arifin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanipudin, Sarno. 2019. Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke masa. Dalam Jurnal Matan Vol 1 (No.1) 2019. Error! Hyperlink reference not valid.
Hanipudin, Sarno. 2009. Konsepsi Guru Modern Dalam Pendidikan Islam. Dalam Jurnal Al-Munqidz: Jurnal Kajian dan Keislaman. Vol 8 (No.3) 2020. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/view/265
Ibnu, Abidin. 1998. Pemikiran Al Ghazali tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Megawangi, Ratna. 2005. Pendidikan Holistik, Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.
Muhammad, Ali. 2017. Paradigma Pendidikan Berkemajuan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Muhammad Nur, Fatonin. Profil Haedar Nashir. Http://pwmu.co.id diunduh tanggal, 22 Agustus 2020.
Muliawan. 2015. Ilmu Pendidikan Islam :Studi Kasuster hadap Struktur Ilmu, Kurikulum, Metodologi, dan Kelembagaan Pendidikann, Jakarta: Jasa Ungguh.
Muzaki, Akh., dan Kholilah. 2020. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Kopertais IV Press.
Nashir, Haedar. Kehadiran Islam Berkemajuan di Indonesia. Error! Hyperlink reference not valid., diunduh tanggal 12 Agustus 2020.
Nashir, Haedar. 2010. Muhammadiyah Gerakan Pembaharuan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Nashir, Haedar. 2020. Pandangan Islam Berkemajuan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Nasution, S. 1996. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abidin. 2016. Pendidikan dalam perspektif Al-Qut’an. Jakarta: Kencana.
Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rahmat, Hidayat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
https://republika.co.id.muhammadiyah-usung-pendidikan-islam-berkemajuan. diunduh tanggal, 12 Agustus 2020.
Sedarmayanti, Syaifudin Hidayatin. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Penerbit Bandar Maju.
Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).