Urgensi Kompetensi Penilaian Dan Pengambilan Keputusan Bagi Guru
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3965Kata Kunci:
Kompetensi Penilaian, Kompetensi Pengambilan Keputusan, GuruAbstrak
Kompetensi utama guru yang diperlukan adalah kompetensi penilaian dan pengambilan keputusan (judgment and decision making) yang diartikan sebagai kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi serta kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh setiap individu termasuk guru karena keadaan di bawah tekanan atau sering disebut stres telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Stres dapat membuat seseorang yang mengalaminya berpikir dan berusaha keras dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau tantangan dalam hidup sebagai bentuk respon adaptasi untuk tetap bertahan. Tetapi juga menjadi masalah besar bagi guru karena dapat mempengaruhi kesehatan dan prestasi serta dapat memiliki efek buruk pada peserta didiknya.Unduhan
Referensi
Hamid, Abd. (2016). Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam Vol. 1, No. 1, Nopember 2016 p-ISSN: 2541-5212 | e-ISSN: 2541-5220.
Hartono, (2018). Bimbingan Karier. Jakarta: Prenamedia Group.
Imawanty & Fransiska, Andi Bakhtiar. (2019). Guru Bimbingan dan Konseling Berkualitas Di Era Revolusi 4.0 : Pembelajar, Kompeten, Dan Up To Date. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 147-153 p-ISSN 2620-9047, e-ISSN 2620-9071.
Potter & Perry. (2005). Fundamental of nursing. Jakarta : EGC.
Riadi, Akhmad. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.28 Oktober 2017.
Sharf, R.S. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling: Sixth Edition. Brooks/Cole.
Surya, Mohamad. (2015). Psikologi Guru : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Alfabeta.
Susiyati. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Terstruktur di MIN 2 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 1, Mei 2018 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794
Yusuf, S. (2009). Mental hygiene. Bandung : Maestro.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).