Urgensi Kompetensi Penilaian Dan Pengambilan Keputusan Bagi Guru

Penulis

  • SIti Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3965

Kata Kunci:

Kompetensi Penilaian, Kompetensi Pengambilan Keputusan, Guru

Abstrak

Kompetensi utama guru yang diperlukan adalah kompetensi penilaian dan pengambilan keputusan (judgment and decision making) yang diartikan sebagai kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi serta kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh setiap individu termasuk guru karena keadaan di bawah tekanan atau sering disebut stres telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Stres dapat membuat seseorang yang mengalaminya berpikir dan berusaha keras dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau tantangan dalam hidup sebagai bentuk respon adaptasi untuk tetap bertahan. Tetapi juga menjadi masalah besar bagi guru karena dapat mempengaruhi kesehatan dan prestasi serta dapat memiliki efek buruk pada peserta didiknya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amri, Khairul. (2019). Peran Perguruan Tinggi dan Skill Guru Bimbingan dan Konseling 4.0. Proceeding: Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Bandung, 27-29 April 2019.

Hamid, Abd. (2016). Implementasi Kompetensi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-ALIF Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Sosial Budaya Islam Vol. 1, No. 1, Nopember 2016 p-ISSN: 2541-5212 | e-ISSN: 2541-5220.

Hartono, (2018). Bimbingan Karier. Jakarta: Prenamedia Group.

Imawanty & Fransiska, Andi Bakhtiar. (2019). Guru Bimbingan dan Konseling Berkualitas Di Era Revolusi 4.0 : Pembelajar, Kompeten, Dan Up To Date. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 147-153 p-ISSN 2620-9047, e-ISSN 2620-9071.

Potter & Perry. (2005). Fundamental of nursing. Jakarta : EGC.

Riadi, Akhmad. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.28 Oktober 2017.

Sharf, R.S. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling: Sixth Edition. Brooks/Cole.

Surya, Mohamad. (2015). Psikologi Guru : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Alfabeta.

Susiyati. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Bimbingan Terstruktur di MIN 2 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 1, Mei 2018 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794

Yusuf, S. (2009). Mental hygiene. Bandung : Maestro.

Diterbitkan

2020-11-11

Cara Mengutip

Fatimah, S. (2020). Urgensi Kompetensi Penilaian Dan Pengambilan Keputusan Bagi Guru. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 189–198. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.3965

Terbitan

Bagian

Articles