KURIKULUM DALAM TINJAUAN FILSAFAT REKONSTRUKSIANISME
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3078Kata Kunci:
kurikulum, pendidikan, filsafat rekonstruksianismeAbstrak
Model pengembangan kurikulum dalam tinjauan filsafat rekonstruksainisme adalah model yang biasanya digunakan dalam banyak proses pengembangan kurikulum. Dalam model ini kurikulum lebih banyak mengambil posisi pertama yaitu sebagai rencana dan kegiatan. Ide yang dikembangkan pada langkah awal lebih banyak berfokus pada kualitas apa yang harus dimiliki melalui belajar tentang disiplin ilmu, teknologi, agama, seni, dan sebagainya. HhhHakikat tujuan kurikulum pendidikan menurut rekonstruksianisme adalah: (1) merubah masyarakat sesuai dengan kebutuhan ekonomi, (2) merubah masyarakat sesuai dengan nilai-nilai tertentu. Kurikulum merupakan desain ilmu pengetahuan yang akan dicapai melalui pendidikan.Unduhan
Referensi
Hasbullah Bakry,1997). Sitematik Filsafat. Yogyakarta: Widjaya.34-60
Idris Sahara dan Lisman Jamal, 1992. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta:
Sumitro, Dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, IKIP Yogyakarta
Siti Murtiningsih, 2004. Pendidikan Alat Perlawanan: Resist Book
Ulyah Sadullah, 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Alfabet.15-23.
Imam Barnadib dan Sutari Imam Barnadib,1996. Beberapa Aspek Substansial Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: Andi.90-92.
____________,1996.Dasar-Dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.41-45.
____________,1997.Filsafat Pendidikan Sistem dan Metode.Yogyakarta: Andi.48-51
Paul Suparno,1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan.Yogyakarta :Kanisius .12-16.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).