Layanan Bimbingan Karir: Strategi Penguatan Perencanaan Karir bagi Siswa

Authors

  • Fadillah Nuraini UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24090/j.assertive.v1i1.7021

Keywords:

Bimbingan karir, perencanaan

Abstract

Semua siswa bisa memilikii hambatan secara akademis, sosial, dan profesional. Salah satu masalahnya adalah mengetahui kemampuan dirinya sendiri sehubungan dengan pekerjaan dan orientasi masa depan. Siswa dapat menghindari masalah dalam perencanaan karir dengan belajar tentang profesi yang relevan dengan bidang pilihannya. Tujuan penelitian ini untuk membahas layanan bimbingan karir sebagai strategi penguatan perencanaan karir bagi siswa. Untuk penelitian ini, menggunakan tinjauan literatur untuk mengumpulkan data primer dari literatur yang relevan dan didukung oleh sumber sekunder untuk digunakan dalam memenuhi prosedur dalam analisis data. Hasil penelitian ini, layanan bimbingan karir menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan dalam bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa dalam menentukan pilihan terbaik, khususnya pada tahap perencanaan karir, sehingga siswa bisa mereduksi kesalahan dalam pemilihan karir dan siswa memiliki kemantapan karir untuk masa depannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agungbudiprabowo, A., Nurhudaya, N., & Budiamin, A. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14–24.

Aminurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei faktor-faktor penghambat perencanaan karir siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2).

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Psikopedagogia, 3(2), 58–68.

Azizah, N. (2017). Penggunaan Tangga Masa Depan Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK Unesa, 7(1).

Budiningsih, T. E. (2020). Perlukah Perencanaan Karier pada Siswa SMA? Studi Korelasi Konsep Diri dan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Sulang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245–252.

Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha yang dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-hambatan yang ditemui. Konselor, 2(1).

Hartono, M. S. (2018). Bimbingan karier. Prenada Media.

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan konseling. Rajawali Press.

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Priambodo, A. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Permainan Kartu Karir Terhadap Sikap Pilihan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 34–39.

Rohmah, K., & Falah, N. (2016). Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Sma Negeri 1 Depok Sleman DI Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(1), 41–58.

Saleh, A. A. (2017). Bimbingan Karir Islami Berbasis Kecerdasan Majemuk (sebuah Perspektif dan Aplikatif). KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 7(1), 49–59.

Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20–29.

Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. TABULARASA, 15(3), 316–327.

Sudirman, S., & Endriani, A. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ASERTIF DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA MTs. NW TANAK MAIK MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3335

Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83–93.

Sutrino, B. (2013). Perencanaan Karir Siswa SMK (Sebuah Model Berbasis Pengembangan Soft-Skill). Jurnal VARIDIKA, 25(1).

Telaumbanua, A. (2019). Evaluasi Program Pelaksanaan Bimbingan Karir. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 4(2), 30–39.

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Fadillah Nuraini. (2022). Layanan Bimbingan Karir: Strategi Penguatan Perencanaan Karir bagi Siswa. Assertive: Islamic Counseling Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24090/j.assertive.v1i1.7021