Peta Konsep Keilmuwan Bimbingan dan Konseling Islam

Authors

  • Azka Silma Awawina UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24090/j.assertive.v1i1.6988

Keywords:

Peta konsep, keilmuan, bimbingan dan konseling Islam

Abstract

Kemajuan keilmuan modern membawa perkembangan bimbingan dan konseling Islam, untuk mendapat manfaat dari penggabungan prinsip-prinsip konseling Islam. Berbicara tentang peta konsep ilmiah dari bimbingan dan konseling Islam yang ideal, terutama yang berkaitan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Al-Qur'an dan hadits memberikan petunjuk praktis dalam aplikasi bimbingan dan konseling Islam yang dapat dikembangkan dari aspek teologis dan empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peta Konsep Keilmuwan Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan library research dengan memakai sumber primer dari Buku Bimbingan & konseling Islami (teori dan praktik) karya Anwar Sutoyo, yang didukung dari sumber lainnya baik dari jurnal maupun penelitian, kemudian data yang didapat dilakukan analisis data. Hasil dari penelitian ini bahwa bimbingan dan konseling Islam secara keilmuan semakin berkembang mengikuti perkembangan keilmuan yang didukung banyaknya kajian-kajian ilmiah, karya ilmiah (termasuk kontribusi dari pemikiran Anwar Sutoyo) maupun dari berbagai dukungan program studi yang semakin banyak dalam bidang bimbingan dan konseling Islam tanpa meninggalkan esensi utamanya yang bersumber dari Al Qur’an dan hadits.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep Aplikasi Landasan Dan Pendekatan Religius Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260

Anwar, M. F. (2015). Filsafat Manusia dalam Bimbingan Konseling Islam. Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, VI(1), 1–18. https://doi.org/10.24235/orasi.v6i1.1407

Arsini, Y. (2017). Konsep Dasar Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Jurnal Raudhah, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.30829/raudhah.v5i1.137

Basri, A. S. H., Musyirifin, Z., Anwar, M. K., & Rahmat, H. K. (2019). Pengembangan Model Keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam melalui Jurnal Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 2(2), 136–158. https://doi.org/10.15575/alisyraq.v2i2.38

Farid, A. (2015). Model Bimbingan Konseling Islam Anwar Sutoyo dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 381–400. https://doi.org/10.21043/kr.v6i2.1035

Farozin, M. (2014). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Peminatan Peserta Didik. Proceeding Seminar Nasional FIP UNY: Pendidikan Untuk Perubahan Masyarakat Bermartabat, 1–10.

Handayani, N. (2021). Integrasi Filsafat, Agama dan Konseling (General Review Integratifitas Konseling dengan Epistimologi Islam). Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 142–149. http://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/muhafadhah/article/view/432

Husni, M., & Hasyim, M. (2021). Landasan Bimbingan dan Konseling Dalam Perspektif Islam. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 6(1). http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/126

Maba, A. P., Hernisawati, H., & Mukhlishin, A. (2017). Bimbingan dan Konseling Islam Solusi Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mental. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v3i2.1736

Miharja, S. (2020). Menegaskan Definisi Bimbingan Konseling Islam, Suatu Pandangan Ontologis. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 14–28. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.6956

Mustofa, M. R., & Nurjannah. (2022). Cognitive Behavioral Theraphy: : LITERARUR REVIEW (Sejarah, Kritik, Dan Konsep Penyempurnaan Berdasarkan Nilai Islam). CONS-IEDU: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.51192/cons.v2i1.193

Muzaki, M., & Saputra, A. (2019). Konseling Islami: Suatu Alternatif bagi Kesehatan Mental. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(2), 213–226. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i2.5809

Nawangsih, E., & Achmad, G. H. (2022). Hakikat Manusia dalam Konteks Pendidikan Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3034–3044. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2650

Rahmatullah, A. (2021). Filsafat Bimbingan dan Konseling Islam. Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 15–32. http://www.ejournal.iaidalwa.ac.id/index.php/adabuna/article/view/443

Rifa’i, A. (2015). Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah ( Metode Eklektik ) pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Kediri 1. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 13(2), 162–172. https://doi.org/10.30762/realita.v13i2.60

Saputra, A., & Muzaki, M. (2019). Pemikiran Anwar Sutoyo tentang Konseling Islam untuk Kesehatan Mental. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(1), 95–110. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i1.4753

Solihah, F. (2014). Konsep Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Menengah Atas (SMA) Dalam Memberikan Keterampilan Manajemen Diri dan Pencegahan Korupsi. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 239–262. https://doi.org/10.21043/kr.v4i2.1006

Sutoyo, A. (2013). Bimbingan & konseling Islami (teori dan praktik). Pustaka Pelajar.

Sutoyo, A., Mahmudah, U., & Bakar, A. Y. A. (2022). Understanding Human Nature from Quranic Perspective. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(1), 16–24. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.44944

Tajiri, H. (2012). Konseling Islam: Studi terhadap Posisi dan Peta Keilmuan. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 6(2), 226–248. https://doi.org/10.15575/idajhs.v6i2.363

Tarmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islami. Perdana Publishing.

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Azka Silma Awawina. (2022). Peta Konsep Keilmuwan Bimbingan dan Konseling Islam. Assertive: Islamic Counseling Journal, 1(1), 46–60. https://doi.org/10.24090/j.assertive.v1i1.6988