TRACER STUDY TERHADAP ALUMNI PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS DAKWAH IAIN PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.969Keywords:
Tracer Study, Survey, KPIAbstract
Prodi KPI belum memiliki data yang akurat mengenai lulusan baik  yang bekerja pada sektor formal (guru, dosen, pegawai administrasi,  karyawan pada dunia usaha dan industri, dan lain-lain) maupun pada sektor informal. Padahal data mengenai profil lulusan suatu program studi/jurusan/institusi sangat diperlukan antara lain untuk mengetahui besarnya tingkat daya serap pasar terhadap lulusan, jumlah pengangguran lulusan, kesesuaian antara subject matter dengan kebutuhan lapangan, dan perlunya revisi atau pembaharuan kurikulum. Tulisan ini merupakan hasil dari penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode survey, terutama dalam menjaring responden sebagai sumber data. Analisis data dilakukan dengan analisa univariat. Analisis univariat adalah analisa yang dilakukan menganalisis tiap variabel dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil alumni KPI tahun 2013-2016 menunjukkan konfigurasi yang beragam. Keterserapan alumni di dunia kerja cukup baik meliat data yang ada. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki demi meningkatkan kualitas alumni prodi KPI.Downloads
References
Ban PT Kemendiknas, Konsep Akreditasi, diakses dari http://banpt. kemdiknas.go.id, diakses pada 1 Februari 2016
Buku panduan pelaksanaan tracer study Universitas Udayana tahun 2007, diakses pada Minggu, 31 Desember 2016 pukul 10.00 wib
Fahriany, dkk, Tracer Study Profil Sosial Intelektual Alumni Program Magister Fitk Uin Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014
Narbuko,Cholid dan Abu Achnadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Notoatmodjo, Soekijo, Metodologi Penelitian Kesehatan,Jakarta: Rineka Cipta, 2005
SEARCA. 2008. Tracer Study on SEARCA Fellows and UC Grantees. http://aau.org/studyprogram/web/scholarship. diakses pada 1 Februari
2016
Setiawan, B dan Muntaha, A. Metode Penelitian Komunikasi II, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2000
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2013
Tanzeh,Ahmad, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009
UU RI Nomor 20 Tahun 2003
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).