STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS (KITABAH) BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i1.2712Keywords:
strategi pembelajaran, strategi pembelajaran bahasa Arab, strategi pembelajaran kitabah.Abstract
Bahasa arab selain merupakan alat komunikasi, bagi umat Islam bahasa arab sering dianggap sebagai bahasa agama, hal ini dikarenakan bahasa arab merupakan instrumen yang digunakan untuk menggali hukum- hukum Islam dari sumbernya yaitu Qur’an dan Hadits yang notabene berbahasa Arab. Olehkarena itu salah satu metode yang efektif dalam penguasaan bahasa arab adalah dengan strategi pembelajaran menulis (kitabah) yaitu kemampuan dalam mendeskripsikan atau mengungkapkan isi pikiran, mulai dari aspek sederhana seperti menulis kata-kata sampai kepada aspek yang kompleks yaitu mengarang, dimana aspek utama yang dikembangkan adalah al-qowaid (nahwu dan sharf), imla’ dan khot. Adapun unsur-unsur dalam kitabah adalah al-kalimah (satuan kata yang terkecil dari satuan kalimat atau unsur dasar pembentukan kaliamat), al- jumlah (kumpulan kata yang dapat membentuk pemahaman makna atau satu kata yang disandarkan dengan kata yang lain), al-fakroh (paragraf) dan uslub. Dengan strategi ini pembelajaran bahasa Arab dapat dilakukan dimana aspek pengetahuan yang didapat lebih banyak dan kemampuan yang dilatih lebih bervariasi.Downloads
References
Anwar Efendi, Bahasa Dan Sastra Dalam Berbagai Prespektif, (Tiara Wacana: Jogjakarta), Hlm. 327.
.0٦١ .ص ØŒ)سيرب Ùياه جناداب ( .اهسيردت بلياسأو قئارط ةيبرعلا ةغللا .0Ù¡0Ù¢ .ÙŠÙ†ÙØ±Ø§Ø¹Ù„ا نيز
Syaiful Mustofa, 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: Pt Remaja Rosdakarya), Hlm. 181.
Acep Hermawan, 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.(Bandung: Rosda Karya.), Hlm. 151.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar, 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. (Bandung: Upi& Rosda Karya). Hlm. 248.
Abdul Hamid, Dkk,2008. Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Uin Malang Press), Hlm. 49.
B. R. Hergenhahn. An Introduction To Theories Of Learning. (Prentice-Hall International, Inc). Hlm.6-7.
Mahmud Kamil An-Naqoh, 1985. Ta’lim Lughah Al-Arobiyah Lin-Naatiqin Bilugotin Ukhro. (Mekkah: Jamiah Ummul Quro,). Hlm.235.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).