Teori Pembelajaran Kognivistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam

Penulis

  • Khoirotul Ni'amah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hafidzulloh S M Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4947

Kata Kunci:

Kognitif, Pembelajaran, Pendidikan Islam, Bruner, Ausubel, Gagne

Abstrak

Teori pembelajaran akan memudahkan bagi pendidik dalam menjalankan bentuk pembelajaran yang akan dilaksanakan. Artikel ini akan mengulas tentang teori pembelajaran kognitivistik dan akan memberikan pemahaman serta penjelasan secara utuh sehingga dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian kepustakaan (library research). Penulis berusaha dan berupaya untuk  mengumpulkan data-data kepustakaan yang berkaitan dengan teori kognitif J. Bruner, Ausubel, maupun Robert M. Gagne dan aktualisasinya dalam pembelajaran PAI yang diperkaya dari beberapa sumber akademik baik dari buku, artikel ilmiah, kajian terdahulu maupun tulisan ilmiah lain yang berkaitan dengan topik artikel ini. Hasil penelitian ini adalah pertama, teori kognitif yang dikembangkan oleh J.Bruner menyebutkan proses kognitif adalah enaktif, ikonik, dan simbolik; Ausubel mengatakan bahwa proses kognitif adalah advanced organizer (pengaturan awal), progressive differentiation, reconcilasi reconciliation (integrative reconciliation), konsolidasi; Robert M. Gagne menyebutkan bahwa proses kognitif adalah melalui reseptor, sensory register, short-term memory, long-term memory, dan respose generator. Dalam pembelajaran PAI, kognitif dilaksankan melalui tahap-tahap asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi, yaitu dalam proses pembelajarannya lebih diarahkan dan disesuaikan pada usia peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Khoirotul Ni'amah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pendidikan Agama Islam

Hafidzulloh S M, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Ilmu Sastra

Referensi

Ausubel, D P. (1963). The Psychology of Meaningful V erbal Learning. 1963. New York: Grune and Stratton.
Ausubel, David P. (1966). Meaningful reception learning and the acquisition of concepts. In Analyses of concept learning (pp. 157–175). Elsevier.
Baharuddin. (2015). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Ar Ruzz Media.
Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction (Vol. 59). Harvard University Press.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewey, J. (1986). Experience and education. The Educational Forum, 50(3), 241–252.
Fahyuni, E. F. (2011). Efektivitas Media Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Skripsi. Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Surabaya.
Given, B. K. (2002). Teaching to the brain’s natural learning systems. ASCD.
Gredler, M. E. (1991). Belajar dan membelajarkan. Rajawali Pers, Jakarta.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02).
Hariyanto, M. S. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar.
Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 250–270.
Mitsui, T., Wakayama, Y., Onodera, T., Takaya, Y., & Oikawa, H. (2008). Light propagation within colloidal crystal wire fabricated by a dewetting process. Nano Letters, 8(3), 853–858.
Niamah, K. (2021). Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 59–71.
Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 281–304.
Nurhadi, N. (2020). Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. EDISI, 2(1), 77–95.
Pahliwandari, R. (2017). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 154–164.
Rowland, T., & McGuire, C. (1968). The development of intelligent behavior IV: Jerome S. Bruner. Psychology in the Schools, 5(4), 317–329.
Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran.
Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wibowo, E. N. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Multikultural dalam Menghadapi Ujaran Kebencian (Studi Prodi PAI Pascasarjana IAIN Surakarta). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(2), 89–97.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-26

Cara Mengutip

Ni'amah, K., & M, H. S. (2021). Teori Pembelajaran Kognivistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 204–217. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4947

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.