Gerakan Beli Indonesia: Sebuah Kajian tentang Mentalitas Kaya di IIBF
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1008Keywords:
Gerakan Beli Indonesia, Poverty, Mentality, Character, and Indonesian Islamic Business ForumAbstract
The condition of Indonesia that unchanged it’s because something that we build is merk, not build on the character. It’s very dangerous for Indonesia if Indonesia just build the merk and forget about the character building. For example, when going shopping are we think about that is Indonesian product or not? The Rich Nation mentality and Entrepreneurship is primer requirement for Indonesia at this time. Moreover develop of era and economic dynamical about free market impose we as Indonesia society to doing as player, not spectator. So unemployment problem and poverty can be solving. This paper will bring on the historical of Gerakan Beli Indonesia and about the mentality to be the rich nation mentality in Indonesian Islamic Business Forum (IIBF).Downloads
References
Ebta Setiawan, KBBI offline versi 1.1 dengan mengacu data dari KBBI Daring edisi III, diambil dari http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi .
Hasil wawancara dengan Ust. Arif A Syamil pada hari minggu, 5 Januari 2014 pukul 14. 04 di kantor IIBF Dept Free sawangan purwokerto.
IIBF Pocket Book, 4 Disciplines To Success, tanpa tahun, hlm. 34. Lihat pula www.iibf-indonesia.com.
Jurnal kajian lemhannas, Peningkatan Daya Saing Industri Indonesia Guna Menghadapi ACFTA Dalam Rangka Memperkokoh Ketahanan Nasional, edisi 14 desember 2012.
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional April 2013, Buku Pegangan Perencanaan Pembangunan daerah 2014: Memantapkan Perekonomian Nasional Bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan.
Muchlas Samani & Hariyanto, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zara, M. Yuanda, 2009. Peristiwa 3 Juli 1946 Menguak Kudeta Pertama Dalam Sejarah Indonesia Yogyakarta: Azza Grafika.
RUJUKAN URL
Aswandi, Beli Indonesia Itu Gerakan Politik Kebangsaan http://beliindonesia.com/?p=1887, diakses pada hari kamis 5 juni 2014.
Avantie Fontana, Kewirausahaan Indonesia Menyambut MEA 2015 ,http://www.avantifontana.com/blog/2013/07/15/kewirausahaan-indonesiamenyambut-masyarakat-ekonomi-asean-2015/, diposting pada tanggal 15 juli 2013.
BPS, “Proyeksi Penduduk 2000-2025â€, http://www.datastatistikindonesia.com/proyeksi/index.php?option=com_proyeksi&task=show&Itemid=941, diakses pada hari kamis, 09 januari 2014 pukul 23.47.
Fujamas.net, “IIBF : Derasnya Produk Asing, Penyebab Kebangkrutan Pengusaha Lokalâ€, http://fujamas.net/index.php/berita/berita-islamsolo-raya/515-iibf--derasnya-produk-asing-penyebab-kebangkrutanpengusaha-lokal.html, diposting pada tanggal 16 juni 2013.
Jurnas.Com, 2013 Jumlah Wirausaha di Indonesia Ditargetkan 2,5 %, 2013, http://www.jurnas.com/news/92031 diposting pada hari Jum’at, 03 Mei 2013 pukul 23:48:53 WIB.
Kadir Ruslan, “Di Balik Lonjakan Jumlah Penduduk Miskin 2014†Kompasiana Online, http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2014/01/03/dilonjakan-jumlah-penduduk-miskin-621922.html diposting pada tanggal 03 January 2014 pukul 19:18 WIB.
Multalqa ahl al-hadits, http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=137028, diposting pada tanggal 13-05-08, 08:52 PM.
Rahmah Queent, Ada Asing di Setiap Dinding http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/12/02/ada-asing-di-setiap-dinding-613028.html, diposting pada 02 Desember 2013.
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, BLSM Salah Sasaran, Kepala Desa Dan Lurah Berwenang Aktif Memperbaiki, http://www.setkab.go.id/artikel-9341-.html diposting pada hari kamis, 04 Juli 2013 pukul 22:39 WIB.
Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Pemerintah Bentuk Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda http://www.setkab.go.id/berita-10696-pemerintah-bentuk-lembaga-permodalan-kewirausahaanpemuda.html diposting pada hari senin, 14 Oktober 2013 pukul 08:54 WIB. Dan di akses pada hari kamis, 28 Desember 2013 pukul 14.20.
Trenggono, Heppy, “Indonesia Perlu Membangun Karakterâ€, beliindonesia.com. http://beliindonesia.com/?p=1338 diakses pada hari kamis, 28 Desember 2013 pukul 09. 35 WIB.
Trenggono, Heppy, “OME: Kebangkitan Indonesia Sebagai Entrepreneur Nationsâ€, Beliindonesia.com. http://www.iibfindonesia.com/
index.php?option=com_content&view=article&id=208:hot-news-9&catid=47:hot-news&Itemid=79 diposting pada hari minggu, 21 Maret 2010 pukul 19:26 WIB.
Wihdan, “Hadapi MEA, Indonesia Butuh Lebih Banyak Wirausahawanâ€, Republika Online, http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/13/11/20/mwjxrm-hadapi-mea-indonesia-butuh-lebih-banyakwirausahawan, diposting pada hari rabu, 20 November 2013 pukul 14:50 WIB.
You Tube, “Video IIBF Indonesia –Jepangâ€, http://www.youtube.com/watch?v=rGMo4zqUBbk, Diupload pada 7 April 2010. Diakses pada 25 Desember 2013 pukul 10.23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).