Movement of Traditional Islamic Boardingschools in Indonesia-Centric Perspective

Authors

  • Triasih Kartiko Wati Universitas Negeri Jakarta
  • Nur'aeni Martha Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v11i1.6049

Keywords:

Gerakan, Pesantren, Indonesiasentris, Perspektif

Abstract

pesantren merupakan konsep pendidikan yang tradisional sehingga mudah diterima oleh masyarakat luas. Pendirian pesantren sebagai penyeimbang dari pendidikan formal betujuan untuk mencetak manusia berkarakter agar sesuai dengan perubahan peradaban. Seiring dengan perubahan zaman, pesantren mampu menyesuaikan tanpa menghilangkan tradisi dan ajaran yang lama. Penelitian menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan termasuk dalam penelitian pustaka atau library research. Artikel ini mengelaborasikan Pesantren dalam perspektif Indonesiasentris. Dari kajian yang dilakukan dapat diketahui bahwasannya Pada masa penjajahan, pesantren dan pemerintah colonial Belanda (Barat) memiliki hubungan yang dialektis-resistensif. Di sisi lain, di era modern ini pesantren sebagai lembaga pendidikan cenderung lebih dialektis-negosiatif terhadap perkembangan ataupun sistem Pendidikan yang berasal dari Barat.

References

Basyit, A. (2017). Pembaharuan Model Pesantren: Respon terhadap Modernitas. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 293–324. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6444
Dhofier, Z. (n.d.). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. | Perpustakaan FIS. Retrieved July 16, 2022, from http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=1237
Fuady, A. S. (2020). Pembaharuan Sistem Pendidikan di Pesantren. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3819
Haedari, A. (2006). Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern. Diva Pustaka.
Hakim, L. (2018). Historiografi Modern Indonesia: dari Sejarah Lama menuju Sejarah Baru. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.75
Indianto, D., Sunhaji, Azizah, I. N., & Zaman, A. R. B. (2021). Prophetic Education at Pesantren As A Efforts To Prevent Religious Radicalism | IJORER: International Journal of Recent Educational Research. 2(5). https://journal.ia-education.com/index.php/ijorer/article/view/135
Isnaini, M. (n.d.). Kiyai dan Profesor: Mencari Titik Temu Perguruan Tinggi Islam. 9.
Jaelani, G. A. (n.d.). Nasionalisme Pengetahuan Sejarah: Meninjau Kembali Agenda Penulisan Sejarah Indonesiasentris 1945-1965. Jurnal Sejarah, 2(1), 2018.
Kartini. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Mandar Maju.
Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.337
M. Dzul, F. A. (2020). Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Raudlatussu’ada dan Perannya terhadap Perubahan Sosial Keagamaan Masyarakat Buaran Bantarkawung Brebes Jawa Tengah (1962—2019) [Skripsi, IAIN Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8989/
Mahdi, A. (2013). Sejarah dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Di Indonesia. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v2i1.29
Mahrisa, R., Aniah, S., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2020). Pesantren dan Sejarah Perkembangannya di Indonesia. 13(2), 8.
Margana, S., Sekarningrum, F., & Faisol, A. (2017). Menemukan Historiografi Indonesiasentris. Ombak.
Maulida, A. (2017). Dinamika dan Peran Pondok Pesantren dalam Pendidikan Islam Sejak Era Kolonialisme Hingga Masa Kini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 16. https://doi.org/10.30868/ei.v5i09.91
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Mubin, F., & Aziz, A. (2020). Politik Pendidikan Islam Indonesia: Perlawanan Pesantren terhadap Hegemoni Pendidikan Barat Era Kolonialisme Belanda. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1), 123–136. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.45
Muttaqien, D. (1999). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Sebuah Alternatif Mengatasi Kegagalan Sistem Pendidikan barat). El-Tarbawi, 79–87.
Prayudi, G. M., & Salindri, D. (2015). Pendidikan pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda di Surabaya Tahun 1901-1942 (Education On Dutch Government In Surabaya At 1901-1942). Publika Budaya, 3(1), 20–34.
Rasyidi, M. A. (2020). Perjalanan Sejarah Bangsa Indonesia dan Sistem Pemerintahan NKRI. Jurnal Mitra Manajemen, 11(2), Article 2. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/480
Rinardi, H. (2017). Proklamasi 17 Agustus 1945: Revolusi Politik Bangsa Indonesia. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 2(2), 143–150. https://doi.org/10.14710/jscl.v2i2.16170
Sabarudin, M. (2015). Pola dan Kebijakan Pendidikan Islam Masa Awal dan Sebelum Kemerdekaan. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 139–174.
Saifuddin Alif Nurdianto, A. (2017). K.H. imam zarkasyi: Membangun karakter umat dengan modenisasi pesantren (1926-1936) / Saifudin Alif Nurdianto. Null; Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta. http://www.digilib.ui.ac.id/null
Sayono, J. (n.d.). Perkembangan Pesantren di Jawa Timur (1900-1942). 16.
Subekti, S. (2012). Tinjauan Kritis terhadap Kecenderungan Historiografi Indonesia Masa Kini. HUMANIKA, 15(9). https://doi.org/10.14710/humanika.15.9
Sukawi, Z., & Haryanto, S. (2014). Dinamika Pertumbuhan Pesantren (Melacak Akar-Akar Historis Perkembangan Pesantren di Jawa). Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 14(1), 35–55.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Untung, S. (2013). Kebijakan Penguasa Kolonial Belanda terhadap Pendidikan Pesantren. Forum Tarbiyah, 11(1). https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/458
Wahyuddin, W. (2017). Kontribusi Pondok Pesantren terhadap NKRI. Saintifika islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(01), 21–42.
Zaman, A. R. B. (2020a). Menyoal Kritik Orientalis terhadap Qirā’at: Studi Kritis terhadap Pemikiran Arthur Jefrey Mengenai Ragam Bacaan Al-Qur’an. ILMU USHULUDDIN, 7(2), 185–194. https://doi.org/10.15408/iu.v7i2.16583
Zaman, A. R. B. (2020b). Tipologi dan Simbolisasi Resepsi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo banyumas. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/ajip.v5i2.1375

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Wati, T. K., & Martha, N. (2022). Movement of Traditional Islamic Boardingschools in Indonesia-Centric Perspective. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 11(1), 42–53. https://doi.org/10.24090/jimrf.v11i1.6049
Bookmark and Share