OPTIMALISASI SENSOR PANCA INDRA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN ANAK DI PAUD AL-AZKIA

Authors

  • Desi Nurkholifah IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.1001

Keywords:

Anak usia dini, sensor panca indra, kecerdasan

Abstract

Anak usia dini menyukaikegiatan bermain. Bagi anak usia dini bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Bermain memilik manfaat yang bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, dan akan menjadi sebagai pembelajran pertama untuk memperoleh pengetahuan. Jenis permainan yang didesain merangsang kecerdasan dengan mengoptimalkan sensor panca indra. Rangsangan dari luar akan diterima oleh indra-indra, rangsangan tersebut akan dicerna dan diolah menjadi informasi atau pengetahuan. Kecerdasan anak akan berkembang maksimal melalui kegiatan bermain yang mengoptimalkan sensor panca indra. Karena anak usia dini merupakan usia emas, maka perlu diberi stimulus agar masa otak dapat berkembang secara pesat. Anak yang mendapat stimulus pada sonsor panca indranya tentu akan memperoleh pengetahuan yang lebih luas dari pada anak-anak yang hanya bermain biasa tanpa mengenal rangsangan yang dapat memberi manfaat pengetahuan. Alat indra yang dimiliki oleh setiap manusia berupa indra penglihatan(mata), indra penciuman (hidung),indra peraba(kulit), indra pendengar(telinga), indra pencecapan(lidah). Indra-indra tersebut akan bekerja secara optimal apabila sering diberi rangsangan secara berulang dan terus-menerus. Melalui optimalisai sensor panca indra, informasi masuk ke otak dan akan tersimpan dalam memori sebagai pengetahuan. oleh karena itu, anak perlu mendapat pengetahuan sedini mungkin melalui bermain yang mengoptilamkan sensor panca indra anak seperti kegiatan bermain di PAUD Al-Azkia.

References

Alwi, Muhammad. Anak Cerdas Dengan Pendidikan Positif. Jakarta: PT.Mizan. 2014.

Amstrong, Thomas. Kecerdasan Mulitipel di dalam kelas. Jakarta Barat:Indeks. 2012.

Anggraeni, Astika Putri. Modifikasi Pembelajaran Berbasis Pengoptimalan Panca Indra untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Siswa di PAUD Al-Hidayah Kandangan Kediri. (Skripsi[Malang: UIN Malang, 2014])

Freeman, Joan dan Utami Munandar.Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2001

Martuti, A. Mengelola PAUD Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: KencanaWacana. 2012.

Masnipal. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2013

Montessori, Maria. Metode Montessori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Montessori, Maria. Rahasia Masa Kanak-kanak.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2012.

Nur Azhar, Tauhid. Misteri DNA Anak Saleh-Anak Cerdas. Solo: Tinta Medina. 2011.

Palenewen, Evie. Pengembangan Model Pembelajaran Sains Melalui Bermain di RA Jakarta. (Disertasi[Jakarta: PPS UNJ, 2013]).

Pitamic, Maja. Teach Me To Do It Myself. Jakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

P.J Pinel, John. Biopsikologi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2009

Suyadi. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Pt. Rosda Karya. 2009.

Yamin, Marinis dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media GP. 2010.

Wiyani, Novan Ardy. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia. 2000

http://www.gurukita.com/2012/10/alat-indra-manusia-peraba-kulit. html pada 7 Agustus 2016 pukul 18.50 WIB.

http://sekolah123.com/articles/view/id/200/page/manfaat_bermain_play_dough, pada tanggal 8 Agustus 2016 pukul 19.07 WIB.

Published

2017-03-29

How to Cite

Nurkholifah, D. (2017). OPTIMALISASI SENSOR PANCA INDRA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN ANAK DI PAUD AL-AZKIA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(2). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i2.1001

Issue

Section

Articles
Bookmark and Share