METODE PEMBELAJARAN IPA DI MI NEGERI SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v16i1.2015.pp93-105Keywords:
method of learning IPA, MI State SikancoAbstract
Abstract: The results showed that the activity of leaming science by using more than one kind of leaming makes students feel bored. Teachers applying science teaching methods that include: the preparation phase, the implementation phase and evaluation phase. Preparation is the preparation that every day is to make lesson plans and preparation or consideration before using the method. The implementation stage is the stage of the application of science teaching methods. Evaluation through the assessment phase is to measure the extent to which students are able to absorb the material of science leaming and to assess the effectiveness of the methods used to increase the effectiveness of leaming. Teachers use the test in the fonm of written tests, the practice of direct and oral test. Keywords: method of learning IPA, MI State SikancoReferences
Arifin, Zaenal. 2013. “Evaluasi Pembelajaranâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek . Jakarta Rineka Cipta.
Djamaroh, Saeful Bahri dan Aswan Zain. 2013. “Stretegi Belajar Mengajarâ€. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi, Mastur. 2013. “Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Muridâ€. Jogjakarta: Diva Press.
Farhurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2011. “Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islamâ€.Bandung: Refika Aditama.
Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar. 2014.â€Strategi Belajar Mengajar di Kelasâ€. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hasibuan dan Mujiono. 1993. “Proses Belajar Mengajarâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kunandar. 2011. “Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan sukses dalam Sertifikasi Guruâ€.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Langgulung, Hasan. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Ma’ruf Asmani, Jamal. 2012. “Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatifâ€. Jogjakarta: Diva Press.
Majid, Abdul. 2014. “Pembelajaran Tematik Terpaduâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufarrokah, Annisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Sukses Ofset.
Mufidah, Hayatul. 2013. “Strategi Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah KELAS V Ma’arif NU Krangean Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalinggaâ€, Skripsi. Purwokerto: STAIN Purwokerto.
Nurcholis. 2011. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bantar Kecamatan Wanayasa kabupaten BanjarnegaraTahun Pelajaran 2011/2012â€, skripsi. Purokerto: STAIN Purwokerto.
Permendiknas RI no 22 th. 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar (SD/MI). t.k., Pustaka Karya.
Roqib. Moh dan Nurfuadi. 2009. Kepribadian Guru. Purwokerto: STAIN Press.
Sabri, Ahmad. 2005.â€Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teachingâ€. Ciputat: Quantum Teaching.
Sanjaya, Wina. 2010.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenata Media group.
Sholeh Hamid, Moh. 2011. “Mendesain Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu Menghibur Metode Edutainmenâ€.
Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan dalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Sunhaji. 2012. Strategi pembelajaran: Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: STAIN Press.
Tanzeh, Ahamad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Trianto.†2012. Model Pembelajaran Terpaduâ€.Jakarta: Bumi Akasara.
Wenno I.H. 2009. â€Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstualâ€. Yogyakarta: Inti Media.
Widi Wisudawati, asih dan Eka Sulistyowati. 2014. â€Metodologi Pembelajaran IPAâ€. Jakarta: Bumi Akasara.
Yamin, Martinis. 2013. “Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSPâ€. Ciputat: Referensi (GP Press Group).
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek . Jakarta Rineka Cipta.
Djamaroh, Saeful Bahri dan Aswan Zain. 2013. “Stretegi Belajar Mengajarâ€. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi, Mastur. 2013. “Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Muridâ€. Jogjakarta: Diva Press.
Farhurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2011. “Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islamâ€.Bandung: Refika Aditama.
Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar. 2014.â€Strategi Belajar Mengajar di Kelasâ€. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hasibuan dan Mujiono. 1993. “Proses Belajar Mengajarâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kunandar. 2011. “Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan sukses dalam Sertifikasi Guruâ€.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Langgulung, Hasan. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Ma’ruf Asmani, Jamal. 2012. “Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatifâ€. Jogjakarta: Diva Press.
Majid, Abdul. 2014. “Pembelajaran Tematik Terpaduâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufarrokah, Annisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Sukses Ofset.
Mufidah, Hayatul. 2013. “Strategi Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah KELAS V Ma’arif NU Krangean Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalinggaâ€, Skripsi. Purwokerto: STAIN Purwokerto.
Nurcholis. 2011. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bantar Kecamatan Wanayasa kabupaten BanjarnegaraTahun Pelajaran 2011/2012â€, skripsi. Purokerto: STAIN Purwokerto.
Permendiknas RI no 22 th. 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar (SD/MI). t.k., Pustaka Karya.
Roqib. Moh dan Nurfuadi. 2009. Kepribadian Guru. Purwokerto: STAIN Press.
Sabri, Ahmad. 2005.â€Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teachingâ€. Ciputat: Quantum Teaching.
Sanjaya, Wina. 2010.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenata Media group.
Sholeh Hamid, Moh. 2011. “Mendesain Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu Menghibur Metode Edutainmenâ€.
Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan dalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Sunhaji. 2012. Strategi pembelajaran: Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: STAIN Press.
Tanzeh, Ahamad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Trianto.†2012. Model Pembelajaran Terpaduâ€.Jakarta: Bumi Akasara.
Wenno I.H. 2009. â€Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstualâ€. Yogyakarta: Inti Media.
Widi Wisudawati, asih dan Eka Sulistyowati. 2014. â€Metodologi Pembelajaran IPAâ€. Jakarta: Bumi Akasara.
Yamin, Martinis. 2013. “Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSPâ€. Ciputat: Referensi (GP Press Group).
Downloads
Published
2015-06-30
How to Cite
Nadiroh, N. (2015). METODE PEMBELAJARAN IPA DI MI NEGERI SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Penelitian Agama, 16(1), 93–105. https://doi.org/10.24090/jpa.v16i1.2015.pp93-105
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).