Analisis Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pelajaran Matematika di Purwokerto

Authors

  • Maria Ulpah STAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp152-162

Keywords:

kompetensi, profesional, guru, matematika

Abstract

Abstract: Teachers’ professional competence is interesting to study. The datasaid that Indonesian teachers’ professional competence is still low, it’s supportedby score of teachers’ competence test. This study aims to describe elementaryschool teachers’ professional competence in Purwokerto. The professionalcompetence is supported by four indicators. The result of this study shows that theteachers have a high score for mastering mathematics material, a middle score formaking problem relating to daily life, and low score for solving problem with morethan one way and giving reason for steps of solving problem.Keywords: Competence, professional, teacher, mathematics. Abstrak: kompetensi profesional guru menarik untuk dikaji. Data mengatakanbahwa kompetensi profesional guru di Indonesia masih rendah, itu didukung olehskor guru uji kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkankompetensi profesional guru sekolah dasar di Purwokerto. Kompetensi profesionaldidukung oleh empat indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gurumemiliki skor tinggi untuk menguasai materi matematika, nilai tengah untukmembuat masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, dan skor rendahuntuk memecahkan masalah dengan lebih dari satu cara dan memberikan alasanuntuk langkah-langkah pemecahan masalah.Kata kunci: Kompetensi, profesional, guru, matematika.

References

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Kemdikbud. 2012. Uji Kompetensi Guru Online. (Online), (http://3.bp.blogspot.
com/-W1mXljjpV-Q/UCkS8nKVjZI/AAAAAAAAD-o/gd7RVc02iv4/
s1600/grafik%2Bnilai%2Bgabungan.png; diakses 6 Februari 2014)
———————. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. (Online), (http:/
/www.kbbi.web.id/kompetensi; diakses 10 Februari 2014)
Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru. Jakarta: Depdikbud.
Puspendik. 2012. e-Reporting Ujian Nasional. (Online), (http://118.98.234.22/
sekretariat/hasilun/index.php/hasilun; diakses 6 Februari 2014)
Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada media Grup.
Sahertian, P. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam
Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.
Usman, U. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2014-06-20

How to Cite

Ulpah, M. (2014). Analisis Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pelajaran Matematika di Purwokerto. Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 152–162. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp152-162

Issue

Section

Articles