Transformasi Diri Berbasis Religius: Mengembangkan Kepercayaan Diri Melalui Pembacaan Asmaul Husna pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)
DOI:
https://doi.org/10.24090/j.assertive.v3i2.12642الكلمات المفتاحية:
Self Transformation، Religious، Self Confidence، Asmaul Husna، Mental disordersالملخص
Abstract People with Mental Disorders (ODGJ) undergoing rehabilitation require attention both psychologically and spiritually. OGDJ also needs to increase their self-confidence to face the negative stigma they receive. The aim is to explore religion-based self-transformation to develop self-confidence through reading Asmaul Husna for People with Mental Disorders (ODGJ). The research approach used is a qualitative approach. This type of research uses field research. This research was carried out at the Tirto Jiwo Psychosocial Rehabilitation Home, Purworejo. Data collection used in this research was interviews with managers and 2 ODGJ, observation, and documentation. The research results show that reading Asmaul Husna regularly can help heal mental disorders and increase self-confidence, good social interactions, helping each other, and feeling calm in the heart and mind. Reading Asmaul Husna also has the effect of strengthening the spirituality of ODGJ who are willing to slowly carry out religious services such as obligatory prayers. The obstacles and challenges that exist within the orphanage itself are inadequate facilities and inadequate management. Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menjalani rehabilitasi memerlukan perhatian baik secara psikologis maupun spiritual. OGDJ juga membutuhkan peningkatan kepercayaan diri untuk menghadapi stigma negatif yang diterima. Tujuan ini untuk mengeksplorasi transformasi diri berbasis religius untuk mengembangkan kepercayaan diri melalui pembacaan asmaul husna pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif; jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di Panti Rehabilitasi Psiko Sosial Tirto Jiwo Purworejo. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada pengelola dan 2 ODGJ, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa dengan membaca Asmaul Husna secara rutin dapat membantu penyembuhan para pasien orang dengan gangguan jiwa serta meningkatnya rasa percaya diri, interaksi sosial yang baik, saling membantu, serta hati dan fikiran merasa tenang. Pembacaan Asmaul Husna juga berpengaruh untuk menguatkan spiritualitas ODGJ pelan-pelan mau menjalankan ibadah seperti sholat fardhu. Hambatan dan tantangan yang ada di dalam panti itu sendiri adalah fasilitas yang kurang dan pengurus yang juga kurang mencukupi.التنزيلات
المراجع
Al Mustaqim, D. (2023). Transformasi Diri: Membangun Keseimbangan Mental dan Spiritual Melalui Proses Islah. Jurnal Kawakib, 4(2), 120–134. https://doi.org/10.24036/kwkib.v4i2.173
Amanda, Y., Maharani, N. F., Sari, V. N., Rianti, S. A., & Siregar, A. N. (2024). Strategi Bimbingan Spritual dalam Menanggulangi Kecemasan dan Depresi bagi Pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(4), 1783–1796. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/1176
Dewi, V. K. (2020). Hubungan Sifat Khauf terhadap Transformasi Religius pada Mahasiswa Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/15339/
Dwiki Farhan. (2020). Proses Rehabilitasi Sosial Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Di Yayasan Al-Fajar Berseri Bekasi. uin syarif hidayatullah jakarta.
Errohmah, F. W., & Wahyudi, K. (2021). Upaya Melestarikan Budaya Religius Melalui Pembiasaan Berdoa dan Membaca Asmaul-Husna Bersama Sebelum Pembelajaran di MTs Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(2), 166–177. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i2.5475
Hartati, Y. S., Dewi, P. A., & Ifadah, L. (2021). Penanaman karakter asma’ul husna pada anak usia dini di PAUD ELPIST Temanggung. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 220–234. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.3608
Herman, H., & Anhusadar, L. (2022). Pendidikan Islam Anak Suku Bajo: Penelitian Lapangan pada Suku Bajo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2665–2676. https://doi.org/: 10.31004/obsesi.v6i4.2266
Hidayah, B., Hendrijanto, K., Dewi Poerwanti, S., Santoso, B., & Nugroho Puspito, A. (2023). Proses Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Pasca Pasung di Unit Pelaksanaan Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras Kediri. Multidisciplinary Journal, 6(1), 1. https://doi.org/10.19184/multijournal.v6i1.45032
Husna, A., & Mayar, F. (2021). Strategi Mengenalkan Asmaul Husna untuk Menanamkan Nilai Agama dan Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9664–9670. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2486
Kasyfillah, M. H. (2022). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ): Literatur Review. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas, 4(2), 9–20. https://doi.org/10.23969/humanitas.v4i2.4943
Khoirunnisa, L. (2017). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Ma Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 51–68. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-04
Miniharianti, M., Zaman, B., & Rabial, J. (2023). Relationship between the Fulfillment of Spiritual Needs with The Motivation of Patients Schizophrenia in the Health Center Area, Pidie District. Jurnal Ners, 7(1), 675–678. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/13526
Ms, F. N. A., Surya, I., Palullu, F. D., Imam, A. K., Azisyah, N., & M, A. R. (2021). Pemberian Keterampilan Sosial dengan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasien ODGJ RSKD Dadi Makassar. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyaraka, 1(2), 148–151. https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i2.25039
Mustakima, K. (2023). ANALISIS FAKTOR PERAWATAN KELUARGA DENGAN KLIEN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI RSUD DEPOK - JAWA BARAT TAHUN 2023. Universitas Nasional.
Nurfitri, A. D., Putri, A. R., Khikmawati, A., Rafli, M. A., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Perilaku Body Shaming terhadap Tingkat Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Psikologi di Universitas. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 35–41. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v6i1.17430
Palupi, D. N., Ririanty, M., & Nafikadini, I. (2019). Karakteristik Keluarga ODGJ dan Kepesertaan JKN Hubungannya dengan Tindakan Pencarian Pengobatan bagi ODGJ. Jurnal Kesehatan, 7(2), 82–92. https://doi.org/0.25047/j-kes.v7i2.81
Prasetyo, R. B. (2022). Hubungan Lama Pemakaian Orthodontik Cekat terhadap Kepercayaan Diri Pasien di Klinik Gigi Swasta. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Ririanty, M., Nafikadini, I., Ode, T. A., Luthviatin, N., & Effendi, R. (2022). HEALTH PROMOTION BASED ON ISLAMIC SPIRITUALITY: Unlocking the Healing Potential of People With Mental Disorders (ODGJ) UPT Liposos Through Community Health Empowerment. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 101–108. https://doi.org/10.55116/SPICM.V1I1.13
Sandani, A. P., & Rohmah, F. A. (2020). Relaksasi untuk Menurunkan Stres pada Family Caregiver Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 17(1), 55–60. https://doi.org/10.18860/psi.v17i1.9224
Sujarwo, S., & Equilera, Y. (2023). Strategi Pelaksanaan Komunikasi untuk Meningkatkan Interaksi Sosial terhadap ODGJ di PSR-GPODGJ Palembang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7877–7880. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19344
Syaefudin, M. (2020). Pembentukan Kontrol Diri Siswa dengan Pembiasaan Dzikir Asmaul Husna dan Sholat Berjamaah. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 3(1), 79–102. https://doi.org/10.22373/jp.v3i1.6315
Tania, M., Suryani, S., & Hernawaty, T. (2019). Pengalaman hidup kader kesehatan dalam mendukung proses recovery di Melong Kota Cimahi. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1), 100–110. https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.5050
Ulfah, M. (2022). Psikoterapi Islam Santri Bina Gangguan Jiwa di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir Berbah Sleman-Yogyakarta. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/12792/
Widodo, Y. P., Khodijah, K., Widyantoro, W., & Rakhman, A. (2020). Pelatihan Care Giver Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bagi Perawat di Dinas Kesehatan Banyumas. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.36308/jabi.v1i2.215
Yulia Dwi Cahyani, & Ahmad Ridfah. (2022). Sosialisasi Praktik Terapi Senam Terhadap Fungsi Motorik Pasien Jiwa Rawat Inap Rskd Dadi Makassar. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 444–447. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.924
Zahra, F. A., Lubis, R. P., & Wirani, Z. (2024). Experimental Research Methods“Validity in Experimental Psychology Research.” Psikologiya Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.62872/jvnrk089
Zahra, Z. (2022). Penggolongan gangguan jiwa di indonesia. In Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas (Vol. 19, Issue 1, pp. 19–32). Media Sains Indonesia.
Zulfa, N. L. (2020). Penanaman Budaya Religius Untuk Menumbuhkan Sikap Taat dan Berakhlak Mulia di MIN Sumberjati Kademangan Blitas. IAIN Tulungagung.
التنزيلات
منشور
كيفية الاقتباس
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2024 Dhian Adna Wildati, Amalia Azzahra, Nur Azizah

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution 4.0 International License.