Camtasia Studio: Software Multimedia dalam Pembelajaran Menyimak Arab di Era Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v5i1.4581Kata Kunci:
Menyimak Arab, Software Multimedia, Camtasia StudioAbstrak
Seorang pengajar adalah ujung tombak pendidikan, ia harus mampu merevolusi proses pengajarannya dengan baik, yaitu dengan mengubah kurikulum, strategi, materi, evaluasi, juga media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan revolusi industry 4.0. Hal itu menjadi tanggung jawab semua pengajar, termasuk pengajar bahasa Arab dalam keterampilan menyimak Arab di kelas ST. 12 Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menggunakan media software Camtasia studio dalam pembelajaran menyimak Arab. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Media ini bermanfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar mereka, merubah tingkah laku, memberikan motivasi baru dan penyegaran, memberikan pelajaran yang bermakna, memperluas pengalaman dan wawasan, serta tercapainya tujuan pembelajaran menyimak Arab, juga mempersiapkan mereka dalam menghadapi era revolusi industry 4.0. Hasil dari peneletian ini adalah pembelajaran menyimak Arab dengan media software Camtasia studio memiliki tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, yang mencakup orientasi, apersepsi, motivasi, pemberian acuan, ke-dua: tahap inti pembelajaran, yang mencakup mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi, mengkomunikasi, dan ke-tiga: tahap penutup, yang mencakup pengambilan kesimpulan, refleksi dan evaluasi, motivasi, serta penutup do’a juga salam.Unduhan
Diterbitkan
2021-07-19
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).