The Implementation of Literary Works for Promoting Student Involvement in Learning English Grammar
DOI:
https://doi.org/10.24090/tarling.v5i1.4540Kata Kunci:
student involvement, grammar, literary works, action researchAbstrak
Sekarang ini, setiap proses belajar mengajar diharuskan menerapkan konsep student-centered dimana siswa adalah pusat dari proses tersebut dan mereka didorong untuk terlibat secara aktif. Oleh karena itu, semua level pendidikan telah menerapkan konsep tersebut termasuk level perguruan tinggi. Sayangnya, banyak siswa yang masih pasif selama proses pembelajaran. Fenomena ini juga terjadi di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Rendahnya partisipasi siswa hampir terjadi di semua kelas termasuk kelas tata bahasa. Berdasarkan hasil pengamatan awal pada sebuah kelas tata bahasa, nilai rata-rata partisipasi siswa hanya mencapai 58,82%. Dari tujuh kategori partisipasi siswa, ada dua indikator yang masih 0%, yaitu bertanya dan memberikan komentar membangun dan positif pada guru maupun siswa lain. Terdapat pula satu indikator yang hanya mencapai 41,18%. Selain itu, suasana juga tidak kondusif karena beberapa siswa berbicara sendiri dengan teman kelasnya dan terlihat cukup bosan selama proses pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tindakan. Setelah melakukan kajian literatur, peneliti sepakat untuk menggunakan karya sastra sebagai upaya mengatasi masalah yang ada. Penelitian ini sendiri dilaksanakan selama satu siklus yang terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi partisipasi siswa dan lembar observasi guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan perhitungan statistik sederhana seperti persentase dan rerata, kemudian hasil analisis disajikan dengan diagram dan kata-kata. Karya sastra yang digunakan berupa cerita pendek, naskah film, dan novel. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil jika persentase siswa dapat mencapai 65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peratisipasi siswa semakin membaik setelah penerapan karya sastra dalam proses belajar mengajar. Pada pertemuan pertama, rata-rata partisipasi siswa mencapai 69,29%, kemudian menjadi 75,89% di pertemuan kedua. Pada pemberian tindakan yang terakhir, partisipasi siswa mencapai 78,15%. Temuan luar biasa muncul di pertemuan ketiga. Terdapat tiga siswa yang bertanya. Indikator bertanya tidak muncul di pertemuan pertama dan kedua. Suasana belajar juga semakin kondusif semenjak karya sastra diterapkan sebagai media pembelajaran tata bahasa. Singkatnya, penelitian tindakan ini berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas tata bahasa.Unduhan
Diterbitkan
2021-07-03
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).