Millennials, Technology, and English Language Teaching

Penulis

  • Nurul An-Nisa Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Giarni Alfi Astika Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tono Suwartono Universitas Muhammadiyah Purwokerto https://orcid.org/0000-0002-9615-2257

DOI:

https://doi.org/10.24090/tarling.v5i1.4072

Kata Kunci:

millennials, technology, english language teaching, e-learning

Abstrak

Saat ini perkembangan teknologi semakin maju. Keadaan ini menuntut generasi milenial untuk mengaplikasikan teknologi di setiap bidang kehidupan. Hal tersebut membuat generasi milenial sangat bergantung pada teknologi. Teknologi memegang peranan penting dalam konteks pendidikan khususnya dalam pengajaran bahasa Inggris. Kehadiran teknologi memudahkan guru dan siswa untuk mendapatkan materi pembelajaran dan mengembangkan petunjuk pembelajaran. Mereka dapat menggunakan teknologi media apapun untuk menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Terdapat berbagai aplikasi media yang dapat digunakan untuk membantu proses pengajaran bahasa Inggris baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dalam penggunaan aplikasi media elektronik dalam proses pembelajaran disebut e-learning. Guru harus mampu memilih kegiatan yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut dapat membuat kegiatan mengajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Artikel ini membahas tentang hubungan milenial, teknologi, dan pengajaran bahasa Inggris untuk menciptakan guru-guru hebat di masa depan.

Biografi Penulis

Tono Suwartono, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Tono Suwartono is an Associate Professor of TESOL with English Language Teaching Department at Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Central Java Province, Indonesia. He has conducted countless researches, extensively published articles in national, international, as well as internationally reputed journals. He has traveled to many parts over the globe to present papers in conferences and publish them in proceedings. He has also productively written reference books and monographs. He has trained thousands of teachers nationwide. Besides working for the National Supervising Team in the implementation of School National Examination and Teacher Certification Program, he also sits in the editorial team and serves as a peer reviewer for several journals within Indonesia and beyond, including Arab World English Journal, Athens Journal of Philology (Greece), and Technium Social Sciences Journal (Romania). His main interests include: TEFL/TESOL and teacher training and professional development. His email address is [email protected].

Diterbitkan

2021-07-02

Terbitan

Bagian

Articles