Struktur Kepribadian Nabi Yunus dalam Alqur'an (Pendekatan Psikoanalis Sigmund Freud)
(Pendekatan Psikoanalis Sigmund Freud)
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i1.4636Kata Kunci:
Bahasa Dan Al-Qur'anAbstrak
Al-Qur’an tidak hanya dipandang sebagai teks biasa, ia juga bisa dianggap sebagai teks sastra. Sehingga penelitian sastra dalam Al-Qur’an sudah menjadi lumrah dan sering dilakukan. Metode kisah yang ada dalam Al-Qur’an dianggap sebagai metode yang paling tepat untuk menyampaikan pesan, dan teori psikologi sastra Sigmund Freud dapat menyempurnakan metode penyampaian pesan dalam kisah. Karena teori ini bersentuhan langsung dengan jiwa para pembaca, dan bisa merepresantikan dirinya melalui tokoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur kepribadian Nabi Yunus dalam Al-Qur’an, dimana struktur kepribadian yang ditawarkan oleh Freud terdiri dari id, ego, dan superego. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalan deskriptif kualitatif, yaitu dengan mesdeskripsikan fakta apa adanya. Metode pengumpulan datanya adalah dengan teknik catat dan simak, yaitu yang dikumpulkan berdasar pada ayat Al-Qu’an sebagai objek utama dan library research sebagai objek pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa struktur kepribadian yang dimiliki oleh Nabi Yunus hanya terdiri dari id, ego dan superego, namun kepribadian yang paling dominan yang dimiliki oleh Nabi Yunus adalah Superego yaitu bagaimana sifat moralitas menyadarkan dirinya dari kesalahan yang telah ia perbuat. Hal ini tidak lepas dari campu tangan Allah, karena mengingat Nabi Yunus adalah seorang utusan Allah yang sholeh yang diutus kepada suatu kaum. selain dari struktur kepribadian, Nabi Yunus juga melakukan mekanisme pertahanan ego. Mekanisme pertahanan ego dalam penelitian ini adalah apatis dan sublimasi.Unduhan
Referensi
Cholid, Nurviyanti. 2018. “Konsep Kepribadian Al-Ghozali Untuk Mencapai Hasil Konseling Yang Maksimal.†Mawa’izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 9(1): 55–75.
Departemen Agama RI. 2008. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Youmba Biba Abadi.
Gumiandari, Septi. 2011. “KEPRIBADIAN MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (Telaah Kritis Atas Psikologi Kepribadian Modern).†Holistik 12(1). https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/94 (July 4, 2021).
Istianah, Istianah. 2014. “STILISTIK AL-QUR’AN: Pendekatan Sastra Sebagai Analisis Dalam Menginterpretasikan Al-Qur’an.†Hermeneutik: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir 8(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Hermeneutik/article/view/898 (July 4, 2021).
Kahfi, Ahmad Ashabul. 2018. “Kisah Nabi Musa Dalam Al-Qur’Än Perspektif Psiko-Sastra | Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora.†Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora 4(2). http://islamikainside.iain-jember.ac.id/index.php/islamikainside/article/view/53 (July 4, 2021).
Luxemburg, Jan Van dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Terjemahan Dick Haroko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Minderop, Albertin. 2011. Psikologi Sastra: Karya Sastra Metode, Teori, Dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Rozali, M. 2020. Metodologi Studi Islam Dalam Perspectives Multydisiplin Keilmuan. Depok: PT Rajawali Buana Pusaka.
Semium, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian Dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.
Shihab, M. Quraish. 2008. Sejarah Dan Ulum Al-Quran. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Sjarkawi. 2011. Pembentukan Karakter Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sunarjo, Jakob, and Saini. 1997. Apresiasi Kesusasteraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Supriadi, Lalu. 2013. “Kritik terhadap Pemikiran Aḥmad Khalâf Allâh tentang Kisah dalam al-Qurân.†ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 7(2): 294–317.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).