PERANAN MAHASISWA IAIN PURWOKERTO DALAM MEMBERDAYAKAN ANAK JALANAN MELALUI SKEMA REVOLUSI MENTAL DAN SDGs 2030 DI KAMPUNG SRI RAHAYU, KELURAHAN KARANG KLESEM, PURWOKERTO SELATAN, BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i2.2746Keywords:
Anak Jalanan, Kampung Sri Rahayu, Proses PemberdayaanAbstract
Maraknya permasalahan sosial, pendidikan dan ekonomi yang terjadi di kalangan masyarakat Indonesia tak terkecuali di Kampung Sri Rahayu, menimbulkan dampak yang negatif. Salah satunya yaitu munculnya anak jalanan yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah. Kondisi anak jalanan yang cukup memprihatinkan dengan banyak masalah yang serius, seperti, putus sekolah, rentan pergaulan bebas, dan degredasi moral.Tujuan penulisan ini yakni, mengkaji kembali problematika yang dialami anak jalanan di Kampung Sri Rahayu, Kelurahan Karang Klesem Kecamatan Purwokerto selatan kabupaten Banyumas. Konsep tulisan ini terfokus pada solusi yang ditawarkan oleh mahasiswa IAIN Purwokerto dalam memberdayakan anak jalanan di Kampung Sri Rahayu melalui skema revolusi mental dan SDGs 2030 yang telah memperlihatkan bebrapa hasil dalam pemberdayaan Psikoso-sosial, pendidikan dan kemandirian ekonomi anak jalanan. Metode penulisan ini adalah deskriptif dan analitif. Hasil pengamatan dan analisis didasarkan pada observasi yang dilakukan di Kampung Sri Rahayu, Kelurahan Karang Klesem Kecamatan Purwoerto Selatan Kabupaten Banyumas, dokumentasi, wawancara serta studi kepustakaan terhadap kondisi anak jalanan di Kampung Sri Rahayu.Downloads
References
Hartinah,Siti.2010.Pengembangan Peserta Didik.Bandung: PT Refika Aditama.
Irwanto, M. Farid dan Jeffry Anwar. 1999. Anak yang Membutuhkan Perlindungan Khusus di Indonesia. Jakarta: Kerjasama PKPM Unika Atmaja Jakarta, Departemen Sosial dan UNICEF.
Nugroho, Muh. Awal Satrio. 2006.Kewirausahaan Berbasis Spiritual. Yogyakarta: Kayon.
Sadiah, Dewi. 2015.Metode Penelitian Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).