PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DAN PRESTASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.4205Kata Kunci:
Peran, Orang Tua, Prestasi, Siswa.Abstrak
Hubungan yang terjalin antara orang tua dengan anak sangat lah erat. Anak memiliki pertalian emosi yang erat dan kokoh dengan orang tuanya. Berbeda dengan hubungan yang terbentuk antara seorang guru dengan anak, hubungan tersebut akan berakhir setelah anak selesai menerima pendidikan. Namun, hubungan orang tua dengan anak akan terus ada bahkan hingga ia dewasa. Hubungan seperti ini akan terus terjalin dan selalu dibutuhkan oleh anak. Segala bentuk kasih sayang dan perhatian orang tua terhadap anak merupakan unsur yang sangat dibutuhkan oleh anak, terutama dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Tulisan ini membahas tentang peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak dan prestasi siswa. Dari kajian yang dilakukan dapat diketahui bahwa peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah sangatlah besar. Orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya, misalnya mereka acuh tak acuh terhadap proses belajar anaknya, tidak memperhatikan sama sekali akan kepentingan dan kebutuhan anaknya dalam belajar, tidak mengatur waktu belajarnya, tidak menyediakan atau melengkapi alat belajar, tidak mau tahu bagaimana kemajuan belajar anaknya, kesulitan-kesulitan yang dialami anaknya dalam belajar dan lain-lain dapat menyebabkan anak kurang atau bahkan tidak berhasil dalam belajarnya. Hasil yang didapatkan, nilai atau prestasi belajarnya tidak akan memuaskan bahkan mungkin gagal. Orang tua yang selalu memberikan perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan belajar mereka di rumah, membuat anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang di raih oleh siswa menjadi lebih baik.Unduhan
Referensi
Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta
Febriany, Rani, and Yusri Yusri. "Hubungan Perhatian OrangTua dengan
Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah." Konselor 2.1 (2013)
Hartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak, Bandung: Mandar Maju
R Semiawan. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak, Jakarta: PT Indeks
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara
Hero, Hermus, and Maria Ermalinda Sni. "Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang." JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1.2 (2018)
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Nurihsan Ahmad Juntika dan Mubiar Agustin, 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja Tinjauan Psikologis, Pendidikan dan Bimbingan, Bandung: Refika Aditama
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Subini, Nini. 2013. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jogjakarta: Javalitera
Syafei, Sahlan. 2006. Bagaimana Anda Mendidik Anak, Bogor: Ghalia Indonesia
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo
Umar, Munirwan. "Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak." Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 1.1 (2015
Yunus, Mahmud. 2004. Tafsir Quran karim Bahasa Indonesia, Jakarta.PT. Hidakarya Agung Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).