TAKTIK MIMIKRI DAN MOKERY: UPAYA RESISTENSI DAN NEGOSIASI KOMUNITAS BONOKELING TERHADAP ISLAM PURITAN DESA PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Nawawi Nawawi IAIN Purwokerto
  • Lasiyo S. Fak. Filsafat UGM
  • Bayu Wahyono Fak. Pendidikan UNY

DOI:

https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.866

Keywords:

Tactics, Mimicry, Resistance, Bonokeling

Abstract

Community Bonokeling is an Islamic community that maintains traditional heritage of their ancestors. They have built a community based on the teachings from their ancestors. Bonokeling is an ascetic and rural community in Pekuncen that is surrounded by the dominance of puritan and goverment. As a subordinate society, Bonokeling community face pressure from and against domination of puritan using mimicry and mokery. They imitate what have been done by puritan with a modification of language and culture. They did it in order to maintain their existence as well as their tactics of resistance and negotiations toward the domination. Komunitas Bonokeling adalah komunitas masyarakat Islam penganut kepercayaan yang mempertahankan warisan tradisi nenek moyangnya. Mereka membangun komunitas berdasarkan pada ajaran leluhurnya. Komunitas Bonokeling di desa Pekuncen merupakan masyarakat yang asketis yang terkepung oleh dominasi agama puritan maupun negara. Sebagai masyarakat yang tersubordinasi, komunitas Bonokeling melawan tekanan dominasi agama puritan dengan melakukan mimikri dan sekaligus mokeri. Mereka meniru apa yang dilakukanoleh Islam puritan dengan permainan bahasa dan perumitan-perumitan budaya. Hal itu mereka lakukan demi untuk menjaga eksistensi mereka sekaligus sebagai taktik resistensi dan negosiasi terhadap yang dominan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, Petir. (2014). Mistik Kejawen. Yogyakarta: Palapa.

Aji, Gutomo Bayu. (2001). “Bukan Demorasi, Melainkan Dominasi dan Resistensi (Catatan Perlawanan di Kaliloro)” dalam Nick T. Wiratmoko
dkk. (ed) Yang Pusat & Yang Lokal, Antara Demokrasi, Resistensi dan Akomodasi Politik di Tingkat Lokal. Salatiga Pustaka Percik.

Barker, Chris., Cultural Studies, Theory and Practice, terj. Nurhadi.(2009). Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Barker, Chris. (2004). The Sage Dictionary of Cultural Studies, London & New Delhi: Sage Publications.

Baso, Ahmad. (2002). Plesetan Lokalitas: Politik Pribumisasi Islam. Jakarta: Desantara.

Bracher, Marck. (2005). Diskursus dan Perubahan Sosial, terj. Gunawan Admiranto. Yogyakarta: Jalasutra.

Budiman, Arief. (1993). Dimensi Sosial Ekonomi dalam Konflik Antar Agama di Indonesia dalam Dialog Kritik & Identitas Agama. Yogyakarta: Intertidei.

Cavallaro, David. (2004). Critical and Cultural Theory. terj. Laily Rahmawati. Yogyakarta: Niagara.

Dirdjosanjoto, Pradjarta. (1999). Kyai Langgar di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Doise, Willem. (1998). “Social Representations in Personal Identity”. dalam Social Identity. Ed. Stephen Worchel J. Fransisco morales. Dario Paez. Jean-Claude Deschamps, Sage Publication.

Durkheim, Emile. (1985). The Elementary Form of the Religious Life: A study In Religious Sociology. Joseph Ward Swain (Trans.).

Erikson, Erik H. (1989). Identitas Dan Siklus Hidup Manusia. terj. Agus Cremers, Jakarta: Gramedia.

Fitriyani, Nurul. (2011). Religi Jawa pada komunitas Bonokeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Thesis,
Tidak diterbitkan.

Geertz, Clifford. (1983).Santri, Abangan dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa.Jakarta: Pustaka Jaya.

Geertz, Clifford.(1993)Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Giddens, Anthony. (1991).Modernity and Self-Identity: Self and Society in the Late Modern Age. Stanford, CA: Standford University Press.

Homi K. Bhabha. (1994).The Location of Culture. Routledge. London. Hogg, Michael A. & Abrams, Dominic. (1988). Social Identification.
London and New York: Routledge.

Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. (2008). Prinsip Dasar Islam. Jakarta: Pustaka at-Taqwa.

Luthan F. Organizasional Behavior, Eight Edition,.New York: McGraw-Hill Companies, Inc. trjm. Sophiah. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Yayasan Andi.

Partokusumo, Karkono Kamajaya. (1995).Kebudayaan Jawa Perpaduannya dengan Islam, Yogyakarta: IKAPI.

Prince, Clay. (1998). Strategy and Tactics: A Primer.

Purkhardt, Carorline. (1993).Transforming Social Representations. London & Newyork.

Razzak, Nasruddin. (1993).Dienul Islam. Bandung: al Ma’arif.

Ridwan dkk. (2007). Islam Blangkon (Studi Etnografi Karakteristik Keberagamaan MasyarakatBanyumas dan Cilacap) merupakan hasil penelitian

Ricklefs., M.C. (1993). War, Culture and Economy in Java 1677-1726: Asian and European Imperialism in the Early Kartasura Period, Sydney: Asian Studies Association of Australia in Association with ALLEN & UNWIN.

Samsudin, Din. (2010).Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah,

Scott, James C. (1981). Moral Ekonomi Petani: Pergolakan dan Subsistensi di Asia Tenggara. Jakarta: LP3ES.

__________ (1990). Domination and the Arts of Resistence,Hidden Transcripts. New Haven and London: Yale Univerciity.

___________ (1993). Perlawanan Kaum Tani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

___________ (2000). Senjatanya Orang-orang Yang Kalah,Bentuk-Bentuk Perlawanan Sehari-hari Kaum Tani. Jakarta: Yayasan Obor Idonesia.
Suta Purwana, Sukari, Sujarno. (2015).Sistem Religi Komunitas Adat Bonokeling,di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang,Kabupaten
Banyumas.Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Shashangka, Damar.(2014).Induk Ilmu Kejawen Wirid Hidayat Jati. Jakarta: Dolphin.

Subagya, Tri.(2004).Etnografi Jawa Tentang Kematian. Yoyakarta: Kepel Press.

Suyono, Capt. RP.(2007). Dunia Mistik Orang Jawa. Yogyakarta: LkiS.

Wahyono, Bayu S. (2003).Kejawen dan Aliran Islam: Studi Tentang Respon Kultural dan Politik Masyarakat Kejawen Terhadap Penetrasi Gerakan Islam Puritan di Yogyakarta. Disertasi Tidak di Terbitkan.

Widiyantini, Suprapti dan Rukayah. (2012).Pengaruh Kekerabatan Terhadap Pola Pemukiman Komunitas Bonokeling. kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas: Thesis Tidak diterbitkan.

Woordward, Mark.(1999).Islam Jawa: Kesalehan Normatif Versus Kebatinan. Yogyakarta: LkiS.

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Nawawi, N., S., L., & Wahyono, B. (2017). TAKTIK MIMIKRI DAN MOKERY: UPAYA RESISTENSI DAN NEGOSIASI KOMUNITAS BONOKELING TERHADAP ISLAM PURITAN DESA PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 108–127. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.866

Issue

Section

Articles